window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Intip Harga Honda PCX 160 Bekas, Ada yang Jual Rp27 Jutaan nih!

Ary · 22 Jul, 2021 12:30

Honda PCX 160 bekas jadi pilihan menarik lantaran punya mesin baru. Berkat bekalan mesin eSP+ 160 cc, dirinya kini mampu mengungguli Yamaha NMax 2021.

Kendati begitu, ada saja pemilik Honda PCX 160 yang rela melepasnya ke pasar motor bekas. 

Memang ketersediaan unitnya masih sangat terbatas. Namun, harga Honda PCX 160 bekas yang notabene masih seumur jagung itu, nyatanya cukup mengejutkan. Saat kami tilik di situs jual-beli motor bekas, ada pemilik menawarkan Honda PCX 160 kepunyaannya dengan harga Rp27,999 juta. 

Harga Honda PCX 160 2021 Bekas

Walau masih baru, Honda PCX 160 bekas sudah tersedia di pasaran.

Baca juga: Pakai Rangka Baru, Dimensi Honda PCX 160 2021 Tak Berubah Banyak Dari Honda PCX 150 2020

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ketika dilihat lebih detail, Honda PCX CBS berwarna hitam tersebut merupakan unit produksi 2021. Pemilik Honda PCX 160 juga menerangkan, odometernya pun masih terbilang cukup rendah yaitu sekitar 1.000 km. Malahan, tertulis pula jika BPKB (buku pemilik kendaraan bermotor) Honda PCX 160 miliknya itu belum jadi. 

Honda PCX 160 Bekas Turun Rp2,8 Jutaan

Dilihat dari penetapan harga, artinya terdapat penurunan sekitar Rp2,8 jutaan dibanding harga unit baru yang dipatok Rp30,845 juta (rekomendasi harga PT Astra Honda Motor). Sayang, unit itu menjadi satu-satunya Honda PCX 160 yang dibanderol paling rendah. Pasalnya, unit lain dengan tipe dan akte kelahiran serupa masih dilego Rp29 jutaan. 

Bukan cuma unit CBS, Honda PCX 160 ABS 2021 bekas pun terpajang di etalase. Harga termurah dari versi tertinggi Honda PCX 160 ini adalah Rp31,5 juta. Jikapun dibandingkan dengan harga Honda PCX 160 ABS baru (Rp34,445 juta), maka selisihnya mencapai Rp2,9 jutaan.    

Pasaran Harga Honda PCX 160 2021 Bekas

Ada pemilik yang berani menjual Honda PCX 160 2021 dengan harga Rp27 jutaan.

Baca juga: Butuh Performa dan Akomodasi, Honda PCX 160 Bisa Jadi Opsi Ideal

Akan tetapi, cuma itu saja penawaran terendah pada Honda PCX 160 bekas saat ini. Toh, sebagian besar pedagang, masih mematoknya di angka Rp33 jutaan. Bahkan, ada pula yang berani menjualnya di atas harga baru Honda PCX 160. 

Selisik punya selisik, motor yang dijual Rp35,555 juta itu baru dipakai jalan 16 km saja. Sang penjual mengklaim motornya ini dalam kondisi istimewa lantaran sudah mendapatkan nano coating dan paint correction. 

Performa Honda PCX 160 2021

Dengan mesin baru, performa Honda PCX 160 2021 lebih baik dari Yamaha NMax.

Performa lebih Baik dari Yamaha NMax 2021

Terlepas harga, hal yang membuat Honda PCX 160 2021 menarik untuk dibeli tentu berkaitan dengan performa. Di atas kertas, mesin 160 cc yang sudah empat katup miliknya mampu menorehkan daya 16,2 PS @8500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm @6500 rpm. 

Catatan itu nyatanya memang unggul ketimbang sang rival. Mesin 155 cc milik Yamaha NMax 2021 hanya punya output 15,3 PS di putaran 8.000 rpm dan 13,9 Nm @6.500 rpm. Jika dibandingkan maka ada keterpautan 0,9 PS dan 1,1 Nm antara Honda PCX 160 dengan Yamaha NMax.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Performa Honda PCX e:HEV dan Honda PCX 160 2021

Honda PCX 160 Bekas Irit Bahan Bakar

Mesin baru Honda PCX itu pun nyatanya berdampak positif peningkatan efisiensi bahan bakar. Walau terdapat peningkatan kapasitas, mesin baru Honda PCX tetap irit dengan konsumsi BBM 45 km/liter. Pengetesan dilakukan dengan metode EURO 3 dan Idling Stop System (ISS) menyala. 

Faktor Penyebab Irit

Honda PCX 160 2021 tetap irit, salah satunya adalah berkat pengaplikasian tensioner hidrolik.

Baca juga: Kapasitas Mesin Bertambah Honda PCX 160 tetap Irit, Kok Bisa?

Memang lebih rendah dari konsumsi BBM Honda PCX 150 yang dituliskan 50,7 km/liter. Tapi, perlu diingat pula bahwa kubikasi mesin Honda PCX 150 dan Honda PCX 160 berbeda. 

Bagasi makin Besar

Honda PCX dikenal sebagai skutik dengan bagasi besar. Bahkan semenjak generasi Honda PCX 150 yang kala itu memiliki muatan 28,8 liter. Faktanya, status tetap dipertahankannya pada Honda PCX 160 2021. Justru ruang di bawah joknya ini meningkat menjadi 30 liter. Kapasitas yang cukup jauh dibanding Yamaha NMax dengan daya angkut barang 24 liter. 

Selain bagasi, tangki bensin Honda PCX 160 2021 juga mengalami penambahan. Sebelumnya (Honda PCX 150), tampungan bahan bakar adalah 8 liter. Sementara pada Honda PCX generasi terbaru ini bertambah jadi 8,1 liter. Hanya sedikit, tapi tetap lebih banyak dari Yamaha NMax yang bermuatan 7,1 liter. 

Fitur HSTC Honda

Fitur kontrol traksi otomatis tersedia pada Honda PCX 160 ABS.

Baca juga: Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax

Kontrol Traksi Otomatis

Anda yang membeli Honda PCX 160 ABS tadi pun diuntungkan. Bukan semata perlengkapan berupa sensor pengereman ABS (Antilock Brakign System) di roda depan saja. Dengan memilihnya, Anda juga mendapatkan unit berpelengkap kontrol traksi otomatis. 

Fitur bernama Honda Selectable Torque Control (HSTC) menjadi penting lantaran peningkatan performanya tadi. Dan, hal ini pula lah yang membuatnya setara dengan All New Yamaha NMax.

Spesifikasi Honda PCX 160 2021

Tipe Mesin

eSP + 4-stroke single overhead camshaft empat katup

Kapasitas Mesin

156.93 cc

Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Bore x Stroke

60.0 x 55.5 mm

Rasio Kompresi

12.0: 1

Tenaga maksimal

16,2 Ps @8.500 rpm

Torsi Maksimal

15 Nm @6.500 rpm

Transmisi

V-Matic

Sistem Pendingin

Cairan

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

8.1 liter

Tipe Rangka

Duplex steel cradle

Suspensi Depan

Telescopic

Suspensi Belakang

Swing unit

Ban Depan

110 / 70-14M / C 50P Tubeless

Ban Belakang

130 / 70-13M / C 63P Tubeless

Rem Depan

Disc brakes (ABS)

Rem Belakang

Drum brake

Panjang X Lebar x Tinggi

1.935 x 742 x 1.108 mm

Jarak Sumbu Roda

1313 mm

Tinggi Tempat Duduk

134 mm

Jarak Terendah ke Tanah

764 mm

Bobot

129 kg

Kapasitas Bagasi

30 liter

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });