window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor!

Raka · 11 Jun, 2021 09:00

Sosok Gofar Hilman yang kini sedang ramai jadi perbincangan di media sosial membuat tim Autofun semakin penasaran. Bukan karena persoalan yang kini sedang melilitnya, melainkan koleksi kendaraan yang dimiliki mantan penyiar radio Hard Rock FM Jakarta itu.

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor! 01

Gofar Hilman saat melihat motor SM Cub Classic usai di modifikasi.

Yup, dunia otomotif memang menjadi salah satu hobi yang masih digeluti Gofar hingga kini, untuk koleksi mobil terbilang mewah. Ya untuk koleksi mobilnya, pria satu ini memang dikenal jor-joran dan mobil koleksinya berharga mahal, langka, mewah dan berasal dari merek Eropa.

Baca juga : Video Baru MotoFun Menjajal Vespa Terkencang dan Canggih, Spesifikasinya Istimewa

Sementara untuk koleksi motor yang berjajar di garasi terbilang receh, receh yang dimaksud adalah harga motor koleksinya yang jauh lebih murah dari harga mobil yang dimiliki Gofar. Tapi meski receh, motor yang dimilikinya juga unik dan termasuk motor yang sedang dicari kolektor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Terhitung saat ini Gofar masih memiliki enam motor yang terparkir di garasi dan beberapa masih dalam proses perbaikan di bengkel. Jadi ada apa saja motor koleksi Gofar Hilman ini?

Honda Astrea Grand Bulus

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor! 01

Honda Astrea Grand Bulus dalam kondisi standar.

Motor Honda Grand Bulus, jika kita flashback di medio 1990'an Astrea Grand pertama kali di produksi tahun 1991 sebagai penerus Astrea Prima. Menggendong mesin C100 berkapasitas 97 cc dipadu 4 percepatan motor ini mampu melesat hingga 55 km/jam dengan konsumsi bahan bakar 60 km/liter.

Baca juga : Simak 5 Hal Menarik Dari Benelli Panarea 125 2021, Penantang Vespa LX 125 Seharga Rp 24 Jutaan

Motor Honda Grand Bulus ini menjadi satu motor kesayangan Gofar dan tidak akan dijual. Saat ini Honda Grand Bulus sudah tidak lagi diproduksi, namun untuk harga bekas nya terbilang tinggi higga belasan juta rupiah.

Desainnya sendiri terbilang timeless dan menjadi primadona kala itu, hingga banyak dijiplak pabrikan asal Cina. Kini Honda Grand Bulus yang asli banyak dicari untuk dikoleksi.

Honda DAX

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor! 02

Honda Dax yang sudah dimodifikasi pada bagian jok dan mesin menggunakan Honda Legenda.

Belum pernah mendengar nama motor ini? Ya motor satu ini memang langka, dan masuk kategori motor mini. Honda DAX sudah menjajaki pasar otomotif sejak 1968 di pasar Amerika dan Eropa dengan tipe ST50, ST70, ST90.

Sementara untuk Honda DAX milik Gofar sudah dimodifikasi. Seperti halnya pada bagian mesin yang sudah menggunakan Honda Grand agar tenaganya lebih baik. Jok tebal dibalut dengan bahan jok mobil VW Golf Tartan yang diboyong langsung dari Jerman terpasang rapi di atas rangka besi.

Baca juga : Ini Biaya dan Syarat Untuk Pengajuan SIM C I dan SIM C II, Ternyata Tak Terlalu Mahal Loh!

Selain bentuknya yang mini, identitas lain dari motor ini adalah stang kemudi yang lebar dan tinggi. Ada yang punya motor seperti ini juga?

Yamaha RX-125 Twin

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor! 03

Yamaha RX-125 Twin miliki Gofar Hilman yang belum lama ini selesai di bangun dengan menggunakan jubah milik Yamaha RX-K.

Yamaha RX-125 Twin menjadi salah satu motor dua silinder pertama yang dijual Yamaha di Indonesia, dan hadir di tahun 1979. Diatas kertas motor ini mengusung mesin 125 cc, 2-tak, 2 silinder yang mampu menghasilkan 16,2 PS pada 8.500rpm.

Berbeda dengan koleksi motor lainnya yang dirawat dan dimodifikasi, koleksi yang satu ini sempat tak terawat. Hingga akhirnya motor ini dibangun kembali berbalut bodi milik Yamaha RX-K.

Baca juga : Cocok Untuk Nostalgia, Simak 4 Motor Bebek Bergaya Klasik Yang Dijual di Indonesia

Suzuki A100

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor! 04

Suzuki A100 milik Gofar yang sudah berubah bentuk jadi motor bergaya cafe racer.

Diberi nama 'Ningsih' Suzuki A100 milik Gofar sudah berubah wujud. Motor yang dulunya dikenal sebagai kendaraan dinas Pos Indonesia itu, sudah dirombak menjadi motor bergaya cafe racer oleh Lawless Garage.

Baca juga : Murah, Biaya Servis Tahun Pertama Honda PCX 160 2021 Tak Sampai Rp 150 Ribu!

Suzuki A100 menjadi motor laki (sport) pertama yang masuk Indonesia pada tahun 1973. Diatas kertas motor Suzuki A100 mengusung mesin 98 cc, 2 tak dan mampu memberikan tenaga 9,4 PS pada 7.500rpm. 

SM Cub Classic

Intip Koleksi Motor Receh Gofar Hilman, Banyak Yang Jadi Buruan Kolektor! 05

SM Cub Classic yang sudah dimodifikasi.

Honda Super Cub bukanlah motor incaran Gofar untuk parkir di garasi. Gofar lebih memilih SM Cub Classic, motor buatan Taiwan ini juga memiliki tampilan bak motor bebek tahun 1970'an. Terlihat juga dari panel instrument yang masih analog, pelek jari - jari 17 inci dengan jari - jari model rapat.

Baca juga : Penasaran Kenapa Spion Motor Bawaan Pabrikan Lebar? Ini Jawabannya

Motor ini jadi motor satu satunya Gofar yag masih dijual dengan status baru di pasar Indonesia seharga Rp 18 juta saja. Dengan kapasitas mesin 109 cc, DOHC, 1 silinder, SM Cub Classic menghasilkan tenaga 8,11 PS pada 7.500rpm.

Selain enam motor diatas sebenarnya masih ada dua motor lain yang kini tidak diketahui keberadaan dan statusnya. Vespa S dan Lambretta V200 dikabarkan pernah menjadi motor dari Gofar, Lambretta V200 tahun 2019 sempat membuat Gofar lelah menunggu surat - surat yang tidak kunjung selesai, hingga akhirnya motor ini dijual.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });