IRC Bikin Ban Harian Rasa Balap, Soft Compound yang Cocok Untuk Sunmori dan Track Day!


- Ditujukan untuk ban harian namun menggunakan soft compound.
- Tersedia untuk motor sport 150-250 cc dan matic 150-155 cc.
Dalam pagelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, PT Gajah Tunggal Tbk sebagai produsen ban sepeda motor berlabel IRC dan Zeneos hadir dengan membuka booth yang cukup besar.
IRC sendiri meluncurkan ban baru dengan nama IRC MBR-110, ini jadi pertama kalinya bagi IRC membuat sebuah ban harian namun rasa balap. Pasalnya ban ini ditunjukan untuk ban sehari-hari namun menggunakan bahan soft compound.
“Ini pertama kali kami membuat ban harian rasa balap demi menjawab tuntutan dan masukan dari para bikers,” sebut Dodiyanto sebagai senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk.
Trend Ban Balap Harian
Ban yang dikhususkan untuk balap, nyatanya marak digunakan untuk harian. Ini seiring berkembangnya culture dari para penikmat sepeda motor, seperti Sunday morning ride dan trackday di sirkuit.
Hal tersebut juga dirasakan oleh PT Gajah Tunggal, di mana penjualan ban balap mereka naik pesat. Bahkan kenaikan penjualan tersebut juga terjadi saat pandemi sedang marak.
Baca juga: Ramaikan IMOS 2022, Shad Bawa Beragam Produk Box dan Tas Untuk Bikers

“Secara aktual, saat ini banyak ban balap dipakai harian. Terutama di ban kami, IRC Fasti 2 dan Fasti Pro yang masih memiliki pola pattern, sehingga masih cocok digunakan untuk sehari-hari.”
“Fenomena ini tertangkap saat Covid kemarin. Di mana event balap gak berjalan, tapi penjualan ban soft compound terus meningkat dan membuat manajemen bingung,” sambung pria ramah ini.
IRC MBR-110 tersedia dalam 11 ukuran yakni 100/80-14 T/L, 110/80-14 T/L, 120/70-14 T/L, 140/70-14 T/L, 90/80-17 T/L, 100/80-17 T/L, 110/70-17 T/L, 120/70-17 T/L, 130/70-17 T/L, 150/60-17 T/L, dan 160/60-17 T/L.
Ada Di Level Tengah
Walaupun menggunakan karet lunak alias soft compound, namun bukan berarti IRC MBR-110 layak digunakan untuk ajang balap. Karena ditujukan sebagai ban harian, maka ban ini memiliki level di tengah-tengah.
Baca juga: Jadi Solusi Beli Sepeda Motor Baru di IMOS 2022, FIFGroup Tawarkan Banyak Program Menarik

Dari segi grip, harga, dan durability berada di tengah-tengah antara ban yang khusus untuk harian dan ban yang khusus untuk balap. Bisa dikatakan kalau ban ini memiliki kekurangan dan kelebihan yang pas.
Seperti grip yang lebih baik dari ban standar, harga yang lebih terjangkau dari ban khusus balap, dan durability yang lebih baik dibanding ban khusus balap namun tidak seawet ban yang dikhususkan untuk harian.

Merek Motor Terkenal di Indonesia
Berita Terkini
Ada Fitur Ini Nyetir Mitsubishi XForce Ultimate with Diamond Sense Tak Cepat Pegal
Ban Mobil Pecah di Jalan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Honda Luncurkan Tiga Mobil Hybrid Baru di 2025, Termasuk yang Diproduksi Lokal
2.000 Unit Chery J6 Resmi Sudah Diserahkan ke Konsumen, Kini Ada Warna Baru!
Mudik Nyaman, Astra Siapkan Layanan 24 Jam dan SPKLU
Motor Rekomendasi
- Populer
- Terbaru
- Honda ADV...
Rp 36,00 Juta - Rp 39,25 Juta
- Honda Beat
Rp 18,43 Juta - Rp 19,30 Juta
- Honda PCX
Rp 29,84 Juta - Rp 43,29 Juta
- Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
- Yamaha YZF...
Rp 36,08 Juta
- Aprilia Tuareg...
Rp 65,60 Juta
- Yamaha Nmax
Rp 32,18 Juta - Rp 36,30 Juta
- CFMoto 250...
Belum Tersedia
- Segway E200P
Belum Tersedia
- Alva One
Rp 3,50 Juta