Jajal Yamaha R15M 2022 di Sirkuit, Quick Shifter-nya Asyik!

Ary · 20 Des, 2021 17:00

Pasca meluncur via daring, Yamaha Indonesia langsung memboyong Yamaha YZF-R15 Connected 2022 ke Sirkuit Sentul, Bogor-Jawa Barat (16/12). Bukan sekadar mejeng, tim Autofun.co.id bahkan berkesempatan menjajal generasi terbaru motor sport 155 cc ini di lokasi yang proper tersebut. 

  • Quick shifter Yamaha R15M 2022 halus, cocok buat penggiat track day.
  • Top speed Yamaha R15M 2022 kalah dari varian standar.

Yamaha R15M 2022 Test Ride

Usai meluncur, Yamaha R15 dan Yamaha R15M 2022 menjalani pengujian di Sirkuit Sentul.

Baca juga: Daftar Perbedaan Yamaha R15 Connected 2022 dan Versi Lawas, Selisih Hampir Rp 1,5 Juta Lho!

Sebagaimana diketahui, salah satu varian yaitu Yamaha R15 Connected-ABS 2022 sudah dilengkapi fitur quick shifter dan traction control system. Artinya, sangat relevan bilamana pengujiannya dilakukan di lintasan balap. Dalam kondisi sirkuit tertutup, kami dapat leluasa mengetahui impresi mengendarai Yamaha R15 terbaru ini.

Wajah Baru Yamaha R15 2022

Namun sebelum itu, sorotan tentu saja mengarah kepada tampilannya. Yamaha R15 2022 hadir dengan wajah yang berbeda dari generasi pendahulu. Yap, apalagi kalau bukan lampu utama LED projector yang terselip di area intake duct. Lantas, turut dihadirkan pula daytime running light (DRL) sebagai pelengkap bagian fasad. 

Desain Yamaha R15 2022

Desain Yamaha R15 2022 senada dengan Yamaha R7.

Baca juga: Cek Daftar Perubahan Yamaha R15 2022, Makin Berteknologi Tak Cuma Ganti Bodi

Tak semata berkesan garang dan agresif, sematan sistem penerangan tersebut jua turut mengubah bentuk wajah Yamaha R15 2022. Demikian halnya fairing hingga buritan. Secara keseluruhan, Yamaha Indonesia berhasil menciptakan diferensiasi dengan Yamaha R15 lama. 

Perbedaan Kokpit Yamaha R15M 2022

Pun saat memandangi bagian kokpit. Kebetulan sekali pada tahap awal test ride, kami diplot mengendarai Yamaha R15M 2022. Pada varian tertinggi Yamaha R15 2022 ini pula muncul perbedaan-perbedaan. Misalnya saja pada bagian setang sebelah kanan. Terdapat engine switch layaknya sebuah big bike. Tombol yang saling terintegrasi itu memiliki fungsi sebagai engine cut off/on sekaligus starter. 

Tampilan panel meter Yamaha R15 Connected-ABS 2022 jauh lebih kecil dibanding Yamaha R15 2022 standar. Meski begitu, panel meter ala Yamaha YZF-R1 punya visibilitas optimal dalam memantau segala informasi meski di bawah teriknya sinar matahari. Font indikator seperti speedometer, putaran mesin (rpm), hingga posisi transmisi, terbaca dengan jelas. 

Panel Meter Yamaha R15M 2022

Panel meter Yamaha R15M mirip kepunyaan Yamaha R1.

Baca juga: Asal-Usul Istilah V4 di Yamaha R15 2022, Ternyata Begini Awalnya

Uniknya lagi, panel meter Yamaha R15 Connected-ABS 2022 menyediakan dua display yaitu Track Mode dan Street Mode. Teruntuk opsi Track, cocok untuk Anda yang gemar latihan di sirkuit. Pasalnya, mode tampilan itu menampilkan pula informasi jumlah lap dan fastest lap. 

Beralih ke posisi berkendara, sekilas tampak tak ada perbedaan. Toh bilapun dibandingkan, Yamaha R15 Connected-ABS 2022 dengan dimensi 1.990 x 725 x 1.135 mm (P x L x T), jarak sumbu roda 1.325 mm bahkan tinggi jok (815 mm), masih sama dengan Yamaha R15 lama.

Impresinya menjadi tak sama ketika paha coba mengempit tangki bensin. Bagian ini tampak lebih besar karena memang secara desain berubah dibanding versi terdahulu. Paling mencolok, ground clearance Yamaha R15M 2022 ternyata lebih tinggi (170 mm) dari R15 lama yang punya jarak kolong 155 mm saja.    

Test Ride Yamaha R15M 2022

Yamaha R15M 2022 memiliki ground clearance 170 mm, lebih tinggi dari generasi pendahulu.

Baca juga: Adu Fitur Tipe Tertinggi Yamaha R15M Connected-ABS 2022 VS Honda CBR150R 2022, Lengkap Mana?

Beranjak ke impresi berkendara, satu putaran kami lewati sebagai tahap pengenalan. Setelah itu, leader dari pihak Yamaha memberi kesempatan untuk memacu Yamaha R15 Connected-ABS 2022 secara maksimal.

Quick Shifter Yamaha R15M Connected-ABS 2022

Perpindahan transmisi Yamaha R15 Connected-ABS 2022 menyenangkan. Dengan adanya quick shifter, peningkatan ke gigi lebih besar tak perlu lagi menekan tuas kopling. Prosesnya pun berlangsung sangat halus, tanpa harus menutup tuas gas. Asyik!

Jelang keluar tikungan terakhir Sirkuit Sentul adalah momen yang tepat untuk mendapatkan kecepatan maksimal. Dari situ, Yamaha R15M sudah kami bejek habis seiring pergantian gigi. Alhasil, catatan top speed Yamaha R15M yang kami dapat adalah 140 km/jam.  

Baca juga: Spesifikasi Menggoda Yamaha R15 2022, Bikin Honda CBR150R 2022 Merinding!

Anda yang sudah memutuskan membeli, tentu saja bisa lebih baik. Hanya saja jangan lupa bahwa quick shifter Yamaha R15 Connected-ABS 2022 itu hanya berfungsi satu arah, upshift saja. Dengan kata lain, proses menurunkan gigi tetap harus menekan tuas kopling. 

Cara itupun harus sigap dilakukan, utamanya menjelang S kecil. Di sini, motor mestinya sudah berada di gigi 3. Jika sebelumnya memacu Yamaha R15M hingga gigi 6, maka Anda harus menurunkan tiga gigi (5-4 lalu 3) dalam waktu singkat.

Namun, proses ini tetap bisa berlangsung smooth karena assist and slipper clutch masih tertanam di girbok Yamaha R15 Connected-ABS 2022. Bukan saja mereduksi gejala roda belakang terkunci, perangkat itu juga membuat tuas kopling lebih ringan ketika dioperasikan.      

Sesuai pula dengan ketersediaan di awal, Yamaha R15 Connected-ABS 2022 juga dilengkapi traction control system. Keberadaannya juga mengoptimalkan keselamatan pengendara. Insiden roda belakang tergelincir akibat kehilangan traksi dapat dikoreksi oleh fitur yang cuma ada di Yamaha R15M ini. 

Yamaha R15 Connected 2022

Yamaha R15 Connected punya bobot lebih ringan dari versi R15M.

Baca juga: Yamaha R15M Connected-ABS 2022 Lebih Mahal Rp 4 Jutaan Dari Tipe Connected, Dapat Apa?

Satu lagi, varian tertinggi R15 Connected 2022 juga sudah berpelengkap rem ABS. Sensor itu terdapat di kedua roda (depan-belakang). Tugasnya sama-sama mengawal roda agar tidak terkunci ketika Anda melakukan pengereman keras (hard braking). 

Yamaha R15 2022 Varian Standar Cetak Top Speed Lebih Baik

Kendati paling lengkap, Yamaha R15 Connected-ABS 2022 tak lebih baik dalam urusan top speed. Setelah kami coba berganti dengan Yamaha R15 2022 standar, kecepatan maksimalnya ternyata mencapai 144 km/jam. 

Alasan paling logis menurut kami adalah karena perbedaan bobot. Untuk diketahui, Yamaha R15 Connected-ABS 2022 dengan segala kelengkapannya memiliki berat total 140 kg. Timbangannya tersebut terpaut 3 kg dari Yamaha R15 Connected 2022 (standar) yang memiliki berat tubuh 137 kg.     

Kesimpulan

Selain menyajikan tampang beraurakan Yamaha R7 dan Yamaha R1, Yamaha R15 Connected-ABS 2022 juga membawa penyegaran terhadap segmen motor sport di Tanah Air. Untuk saat ini, dialah satu-satunya motor sport kelas 150 cc yang mendapatkan perbekalan quick shifter dan traction control system.

Varian Tertinggi Yamaha R15 Connected-ABS 2022

Ini dia varian tertinggi Yamaha R15 Connected-ABS 2022.

Baca juga: India Banget, 2 Fitur Yamaha R15 V4 2022 dan R15M 2022 Ini Dijamin Gak Masuk Indonesia!

Anda yang ingin merasakan sensasi lebih, bisa mengarahkan pembelian terhadap Yamaha R15M. Tentu dengan konsekuensi di mana harga Yamaha R15 Connected-ABS 2022 dipatok Rp43,5 juta (on the road Jakarta) dan Rp44,1 juta pada varian 60th Anniversary Yamaha World GP. 

Banderol tersebut lebih mahal daripada Yamaha R15 Connected 2022 standar yang dilego Rp38,9 juta. Varian ini mungkin bisa jadi opsi bijak Anda. Selain harga, varian ini bisa mencatatkan top speed lebih baik ketimbang R15M. Dan yang tak kalah penting, Yamaha R15 Connected 2022 standar sudah punya konektivitas gawai selayaknya Yamaha R15 Connected-ABS 2022. 

Spesifikasi Yamaha R15 Connected 2022
Dimensi
PxLxT 1.990 x 725 x 1.135 mm
Sumbu Roda 1.325 mm
Tinggi Jok 815 mm
Jarak Terendah 170 mm
Tangki 11 liter
Berat Isi 137 kg (R15 Connected), 140 kg (R15M Connected-ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan, VVA
Kapasitas 155,09 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Transmisi Manual 6 speed
Tenaga Maksimal 19,3 PS @ 10.000 rpm
Torsi Maksimal 14,7 Nm @ 8.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Detlabox
Suspensi Depan Upside down
Suspensi Belakang Monosok
Roda Depan 100/80-17
Roda Belakang 140/70-17
Rem Depan Cakram, ABS (R15M Connected-ABS)
Rem Belakang Cakram, ABS (R15M Connected-ABS)

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

Komentar