Jangan Anggap Enteng, Akselerasi dan Top Speed Suzuki Gixxer SF 250 2022 Tembus Segini!
Harry · 24 Jan, 2022 15:30
0
0
Akselerasi cukup impresif, 0-100 km/jam cuma 8,97 detik.
Top speed capai 154 km/jam.
Limiter mesin dibatasi 10.000 rpm saja.
Saat kemunculannya bulan November 2021 lalu, Suzuki Gixxer SF 250 2022 mendapat cibiran soal dapur pacu yang dipakainya. Apalagi kalau bukan perkara mesin 250 cc silinder tunggal SOHC 4 katup miliknya.
Terlebih pendinginan mesin masih menggunakan oli, meski Suzuki mengemasnya dengan teknologi unik bernama SOCS (Suzuki Oil Cooling System). Ya image motor sport 250 cc 2 silinder memang sudah melekat dikepala banyak orang.
Terlebih image motor sport identik dengan performa, yang mana jantung mekanisnya mengusung spesifikasi khusus demi mengail output maksimal. Perkara mau buat dipakai balap atau tidak, performa mesin memang jadi hal yang dipertimbangkan saat membeli motor sport.
Namun performa mesin Suzuki Gixxer SF 250 ini tak bisa dianggap enteng. Akselerasinya kami rasanya sangat kuat pada putaran tengah sampai atas, namun putaran bawahnya cenderung smooth, pas untuk melintasi kemacetan jalan yang padat.
0-100 Km/jam Tembus 8,97 detik!
Pembuktian itu tentu bukan asal berdasarkan feeling namun berbasis data. Kami melakukan pengukuran menggunakan Racebox yang berbasis satelit, untuk bisa melacak akselerasi motor yang dilepas Rp 49,3 juta on the road Jakarta ini.
Untuk mencapai 60 km/jam dari diam, motor ini hanya butuh waktu 3, 37 detik. Kemudian 0-80 km/jam mencatatkan waktu 5,54 detik saja. Lantas 0-100 km/jam hanya butuh 8,97 detik! Sebuah pencapaian yang cukup impresif.
Top speed yang bisa diraih pun terhitung cukup untuk sebuah motor sport touring. Dari data Racebox, motor ini bisa digeber sampai 141,4 km/jam. Namun angka pada spidometer menunjukkan 154 km/jam. Memang ada deviasi antara Racebox dan spidometer namun itu hal yang wajar.
Mesin pun sejatinya masih bisa dipacu lebih cepat lagi, namun terbentur limiter mesin yang hanya mentok 10.000 rpm saja. Limiter mesinnya ini memang terlalu rendah, terlebih mesin over bore mudah sekali berkitir cepat di atasnya.
Andai limiter dibuat lebih tinggi hingga 13.000 rpm atau mengganti ukuran final gear yang lebih berat, top speed yang bisa digapai pastinya akan semakin tinggi lagi. Tapi untuk ukuran standar, capaiannya ini sudah lebih dari cukup.
Data Akselerasi Suzuki Gixxer SF 250 2022
0-60 km/jam
3,37 detik
0-80 km/jam
5,54 detik
0-100 km/jam
8,97 detik
0-100 meter
6,54 detik
0-200 meter
10,24 detik
0-402 meter
16,46 detik
Top Speed Racebox
141,4 km/jam
Top Speed Spidometer
154 km/jam
Konsumsi BBM
34,7 km/liter
Suzuki Gixxer SF 250 2022 menggendong mesin 4-tak, SOHC 4 katup pendingin oli, dengan suplai bahan bakar injeksi. Kapasitas murni mesinnya 249 cc berkat penggunaan piston ukuran 76 mm dengan langkah piston 54,9 mm.
Transmisi manual 6 percepatan menyalurkan tenaga sebesar 26,5 PS di 9.300 rpm dan torsi maksimal hingga 22,2 Nm di 7.300 rpm menuju roda belakang. Sayangnya tak ada fitur canggih macam Assist & Slipper Clutch atau Quick Shifter pada motor ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil