window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Asal, Begini Aturan Touring Berkelompok

Ary · 12 Sep, 2022 13:30

Tips Touring Komunitas

Komunitas melakukan touring
  • Berbagai persiapan harus dilakukan sebelum touring.
  • Ada aturan khusus untuk touring berkelompok.

Touring selalu menjadi agenda yang dinantikan komunitas sepeda motor. Bagaimana tidak, aktivitas berkendara ini tentu lebih menyenangkan saat dilakoni secara bersama-sama. 

Meski begitu, kegiatan touring utamanya yang melibatkan banyak orang tidak boleh sembarangan. Tak dapat dipungkiri, touring secara berkelompok dapat saja mengganggu hak pengguna jalan lain bahkan menimbulkan kecelakaan. 

Maka dari itu, penting bagi para biker untuk memahami tata cara berkendara yang aman dan benar saat berkelompok. Seperti dipaparkan oleh divisi Yamaha Rading Academy (YRA) dari Yamaha Indonesia berikut ini: 

1. Perhatikan Kondisi Fisik dan Kendaraan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sebelum melakukan touring terutama dengan jarak tempuh jauh, pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima. Salah satu cara agar badan tetap bugar adalah menjaga pola tidur dan makan. Hindari juga mengkonsumsi makanan serta minuman yang dapat mengurangi tingkat kesadaran atau konsentrasi ketika berkendara.
 
Selain itu, perhatikan juga kondisi sepeda motor yang akan digunakan pada saat touring. Jika memungkinkan, bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh guna memastikan motor dalam keadaan baik dan semua komponen berfungsi dengan normal.
 
2. Menggunakan Safety Gear Lengkap

Hal lain yang perlu dipersiapkan sebelum touring adalah kelengkapan safety gear seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang, sepatu tertutup dan protector. Karena dengan mengenakan safety gear yang lengkap dan berkualitas sesuai standard, setidaknya dapat meminimalisir cedera apabila pengendara mengalami kecelakaan.

Tips Touring

Tetap jaga jarak dan kecepatan dengan pengendara di depan.

Baca juga: Kumpul-Kumpul Pengguna Maxi Yamaha Kembali Digelar, Sasar 10 Kota di Indonesia

3. Briefing Sebelum Touring

Sebelum touring berkelompok dilakukan, sangat penting untuk melakukan briefing terlebih dahulu terhadap seluruh anggota peserta untuk menginformasikan segala hal terkait perjalanan. Informasi yang dapat disampaikan meliputi titik kumpul keberangkatan, informasi jalur dan kondisi medannya, lokasi istirahat, hingga penentuan formasi touring termasuk siapa yang ditugaskan untuk menjadi leader dan juga sweeper selama touring.
 
4. Pengelompokan Peserta (Grouping)

Kondisi yang sering timbul pada saat melakukan touring secara berkelompok adalah mengularnya rombongan sepanjang perjalanan. Hal ini tentu sangat mengganggu para pengguna jalan lain dan riskan menimbulkan kemacetan. Oleh karena itu, cara mengatasinya bisa dengan melakukan pembagian grup terhadap peserta touring dengan jumlah peserta maksimal 5 – 10 orang. Selain memecah kepadatan rombongan, cara ini juga memudahkan leader dan sweeper dalam mengkontrol peserta.

5. Jaga Jarak dan Kecepatan

Poin penting lain dari sisi cara berkendara yang benar ketika melakukan touring secara berkelompok adalah menjaga jarak aman. Beri ruang leluasa bagi pengendara di depan untuk berakselerasi dan melakukan pengereman. Selain itu, pastikan formasi setiap pengendara yang ada di belakang sedikit melebar ke kanan ataupun ke kiri guna mendapatkan pandangan jalan lebih luas (tidak terhalang peserta touring di depan).

Touringh Komunitas

Selalu perhatikan instruksi leader touring.

Baca juga: Perbandingan Isi Bensin Oktan 92 di Honda Vario 160 2023 dan Yamaha Aerox 155 2023, Tembus Rp 100 Ribu?

Tidak hanya itu, tingkat kecepatan saat touring juga perlu diperhatikan. Selain mempertimbangkan resiko kecelakaan, jika terlalu cepat maka rombongan yang mengikuti dibelakang sangat mungkin tertinggal. Pada poin ini, leader selaku pemimpin rombongan memainkan peran penting dalam menentukan ritme kecepatan para peserta touring.
 
6. Dilarang Saling Mendahului

Saling mendahului diantara para peserta touring sangat tidak dianjurkan. Selain berbahaya juga dapat menyebabkan rombongan menjadi terpecah. Tetap ikuti formasi touring yang sudah ditentukan pada saat briefing. Upayakan mengikuti ritme kecepatan leader dan jangan melepaskan diri dari rombongan. 
 
7. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Terakhir, selalu patuhi setiap aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Jangan sampai menerobos lampu merah hanya karena takut terputus dari rombongan touring dan kemudian mempertaruhkan keselamatan diri sendiri serta pengguna jalan lain. Biarkan peserta touring yang ada di depan menepi sejenak dan menunggu peserta yang tertinggal dibelakang menyusul. Selain itu, hindari juga menyalakan lampu hazard selama perjalanan kecuali dalam kondisi darurat.      

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });