window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Asal Keren, Memilih Handgrip Motor Juga Ada Kriterianya Loh!

Harry · 30 Sep, 2021 09:30

Handgrip pada sepeda motor merupakan komponen yang bisa dikatakan ikut mempengaruhi kenyamanan dan pengendalian. Tanpa handgrip, tangan akan terasa licin ketika memegang setang.

Handgrip ini pun kerap menjadi salah satu komponen yang diganti-ganti oleh pemilik motor. Tapi jangan asal comot, memilih handgrip untuk sepeda motor pun juga ada kriterianya loh.

Jangan Asal Keren, Memilih Handgrip Motor Juga Ada Kriterianya Loh! 01

Handgrip empuk cenderung lebih disukai bikers.

Misalnya dari bahan. Handgrip yang terbuat dari karet ini ternyata ada pilihan komponnya, ada yang empuk dan juga ada yang kaku. Ya semacam ban balap, kalau komponnya empuk, pasti buat nikung lebih nyaman.

"Ketika memilih handgrip, pasti orang akan merasakan bahannya. Hampir semua orang pasti ingin handgrip yang empuk," buka Pramondiaz Utomo Bako selaku GM Marketing dari Hayaidesu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Cara Keren Lindungi Bodi Yamaha MT-15, Bisa Pakai Pelindung Karet Dari Hayaidesu

Alasannya karena handgrip yang empuk, relatif nyaman dipakai berkendara dan tak menimbulkan rasa sakit pada telapak tangan. "Kadang ada yang karetnya kaku, itu dipakai sebentar masih oke, tapi untuk jarak jauh pasti ga nyaman," sambungnya.

Jangan Asal Keren, Memilih Handgrip Motor Juga Ada Kriterianya Loh! 01

Handgrip sebelah kanan lazimnya punya diameter lebih besar.

Perhatikan Ukuran

Yup, kalian gak salah baca, handgrip ternyata punya ukuran yang berbeda meski banyak yang meyakini handgrip itu universal untuk semua motor. Pertama diameter handgrip pastikan lebih besar yang kanan daripada yang kiri.

"Karena untuk sebelah kanan ada selongsong gas, itu kenapa diameter handgrip kanan lebih besar. Kalau yang kiri harus lebih kecil karena langsung menempel setang," ujar Pramondiaz.

Baca juga : Untung-Rugi Belanja Online Spare Part Motor, Awas Dapat Barang Aspal!

Hal ini juga wajib diperhatian, jangan sampai diameter handgrip terlalu kecil sehingga sulit masuk selongsong gas. Begitu juga handgrip kiri yang kalau diameternya terlalu besar, akan terasa licin nantinya.

Jangan Asal Keren, Memilih Handgrip Motor Juga Ada Kriterianya Loh! 02

Panjang handgrip juga beda-beda loh.

Selain itu, ada panjang handgrip pun ternyata berbeda-beda. "Umumnya motor sport handgrip-nya lebih panjang. Itulah kenapa Hayaidesu merilis handgrip pun bertahap, menyesuaikan motor yang beredar," tandasnya.

O iya, handgrip ini tak ada masa pakainya karena tergantung penggunaan. Kecenderunganya justru pemilik motor merasa bosan dan ingin model handgrip baru, itulah kenapa banyak yang suka bongkar pasang handgrip.

Baca juga : Kepingin Tahu Kendaraan Anda Kena Tilang Elektronik atau Tidak? Cek Di Sini

Gandeng Katros Garage & Shitlicious

Nah, kalau sudah nemu handgrip yang bagus dan cocok, baru berikutnya memilih desain yang disukai. Karena komponen ini gampang dibongkar-pasang, pilihannya pun beragam di pasaran.

Jangan Asal Keren, Memilih Handgrip Motor Juga Ada Kriterianya Loh! 03

Handgrip Hayaidiesu X Katros Garage.

Contohnya handgrip terbaru Hayaidesu yang berkolaborasi dengan Andi Akbar alias Atenx dari Katros Garage dan Alit Susanto yang biasa dikenal dengan Shitlicious. Handgrip yang ditawarkan punya 2 konsep berbeda.

Baca juga : Jangan Ngaku Bikers Keren, Kalau Saat Berkendara Masih Lakukan 5 Kesalahan Ini

Untuk handgrip Atenk Katros berkonsepkan tentang handgrip yang dikhususkan untuk penikmat modifikasi motor. Sementara handgrip untuk Shitlicious berkonsepkan sebuah perjalanan.

"Kedua handgrip hasil kolaborasi ini memberikan para penikmat roda dua sebuah pilihan apakah menyukai modifikasi atau menikmati setiap momen yang ada pada saat berkendara," ungkap Pramondiaz.

Jangan Asal Keren, Memilih Handgrip Motor Juga Ada Kriterianya Loh! 04

Handgrip Hayaidesu x Katros Garage buat penyuka modifikasi.

Baca juga : Sadar Tingginya Bahaya Naik Motor, FORWOT Kembali Adakan Pelatihan Safety Riding

Tak ada beda material yang digunakan, keduanya menggunakan bahan karet yang empuk dan nyaman ketika digunakan. Untuk harganya Rp 295.000 ribu namun saat grand launching di Tokopedia 1-5 Oktober mendatang, harganya menjadi Rp 147.500 saja.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });