window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Asal Libas, Lewat Jalan Berlubang Ternyata Ada Tekniknya Loh

Harry · 14 Okt, 2021 12:00

Naik motor itu butuh kemampuan teknik dasar berkendara yang baik dan benar, ini berkaitan dengan keselamatan kalian juga. Terlebih kondisi jalan di Indonesia yang bervariasi termasuk jalanan rusak dan berlubang.

Tentunya ketika melintasi jalan berlubang jangan asal libas, karena salah-salah kalian bisa terjungkal! Teknik paling dasar melewati kondisi jalan tersebut adalah dengan mengurangi kecepatan laju motor.

Jangan Asal Libas, Lewat Jalan Berlubang Ternyata Ada Tekniknya Loh 01

Jalan berlubang/rusak bisa jadi potensi membahayakan.

Ludhy Kusuma Robby, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM) main dealer motor Honda Jawa Barat menjelaskan, jika melewati jalan berlubang dan rusak tak cukup dengan mengurangi laju kecepatan saja.

Baca juga : Tips Riding Bergaya Kalcer Ala Skuteris Dari Scooter VIP, Gaya Tapi Jangan Membahayakan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan, tujuannya untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan pengendara. Jika guncangan terlalu besar, peluang kecelakaan pun besar," katanya.

Langkah berikutnya adalah fokus pandangan mata pada arah tujuan kalian. Jangan sampai justru mata melihat jarak dekat di depan motor karena bisa mengganggu keseimbangan juga.

Jangan Asal Libas, Lewat Jalan Berlubang Ternyata Ada Tekniknya Loh 01

Simulasi melewati jalan rusak dan berlubang.

"Kemudian pegang setang dengan kuat namun tangan tetap rileks, agar motor bisa dikendalikan dengan baik. Jangan sampai lepas kendali karena akan jadi lebih sulit mengontrol dan guncangan jadi terasa lebih kuat," sambung Ludhy.

Baca juga : Kerap Dilakukan Bikers Indonesia, Ini Bahayanya Bonceng Anak di Depan

Teknik berikutnya adalah pengereman, dengan melaju perlahan jangan sekali-kali menggunakan rem depan. Ini untuk menghindari roda depan tergelincir dan motor akan sulit dikendalikan.

"Baiknya gunakan rem belakang. Penggunaan rem belakang ini akan mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir," jelasnya lagi.

Jangan Asal Libas, Lewat Jalan Berlubang Ternyata Ada Tekniknya Loh 02

Jalan rusak bisa bikin celaka.

Gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat spidometer untuk menjaga kecepatan kendaraan kalian agar tetap dalam batas kecepatan wajar.

Baca juga : Jangan Norak, Bikers Wajib Tahu Kapan Lampu Hazard Motor Boleh Dinyalakan

"Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cidera ketika mengalami kecelakaan, sebelum kita berkendara, pastikan bahwa kita menggunakan selalu helm, jaket dan masker saat berkendara," pungkas Ludhy.

 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });