window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan

Fariz · 16 Des, 2022 16:30

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 01

Memarkir motor yang benar saat ditinggal lama.
  • Pastikan tangki bensin penuh untuk mencegah penguapan.
  • Posisi kan sepeda motor menggunakan standar tengah.
  • Gunakan alas pada ban.

Akhir tahun bisa menjadi jadwal bagi beberapa orang untuk melakukan liburan. Pasalnya di akhir tahun ada libur Natal dan tahun baru yang membuat banyak orang ingin melakukan liburan dengan jangka waktu lama.

Bagi yang sudah berencana melakukan liburan dalam waktu lama dan meninggalkan sepeda motor di rumah, ada baiknya mempersiapkan beberapa hal sebelum berangkat berlibur.

Tujuannya tentu saja agar sepeda motor yang ditinggal cukup lama bisa digunakan kembali dalam kondisi yang fit. Oleh karena itu berikut beberapa tips saat meninggalkan sepeda motor saat liburan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Isi Bensin Penuh

Hal pertama ketika ingin meninggalkan motor selama liburan adalah dengan mengisi penuh tangkin bensin, ini untuk meminimalisir ruang kosong yang ada di dalam tangki bensin.

Baca juga: Ragam Motor Honda yang Rilis Tahun 2022, Suka yang Mana?

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 01

Isi bensin penuh untuk mencegah penguapan yang mengakibatkan karat

Tujuan dari mengisi penuh bensin adalah untuk mengurangi ruang penguapan bahan bakar. Pasalnya ketika bensin menguap maka uapnya akan menempel pada ruang kosong dan dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan karat, prosesnya biasa dikenal dengan kondensasi.

Tingkat penguapan sendiri bergantung pada kondisi dari tutup tangki bensin. Jika kondisi tutup bensin sudah tidak bagus dan udara bisa masuk ke ruang tangki bensin, maka bisa membuat penguapan lebih cepat.

“Sebisa mungkin tangki bensin sebelum ditinggal diisi sampai penuh atau paling tidak di atas setengah sedikit. Kalau ada ruang bisa berpotensi menguap dan mengakibatkan tangki berkarat karena tercampur air penguapan,” sebut Slamet Kasianom selaku Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Cuci Bersih

Sebelum ditinggal dalam jangka waktu lama, pastikan motor sudah dicuci bersih terlebih dulu. Tujuannya untuk menghidari karat serta kusam pada komponen sepeda motor akibat dari kotoran yang menumpuk.

Baca juga: Ogah Inden Honda Vario 160, Coba Incar Unit Bekasnya

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 02

Komponen chrome jadi rusak dan kusam jika motor dibiarkan kotor berlama-lama.

Umumnya bisa terjadi pada motor yang masih menggunakan rantai, tumpukan kotoran membuat karat dan menimbulkan suara berisik saat dikendarai akibat dari rantai yang mulai kaki.

Komponen lain yang juga bisa kusam hingga karat adalah pada komponen dengan lapisan chrome. Jika dibiarkan lama maka bisa membuat kusam, bercak jamur, yang terparah mengakibatkan karat.

Motor yang sudah bersih juga harus diparkir di tempat yang juga teduh, tidak terkena paparan matahari langsung. Kalaupun parkir di tempat terbuka, bisa menutup motor menggunakan cover.

Standar Tengah

Motor yang ditinggal lama saat liburan sebaiknya diposisikan pada standar tengah. Ini berlaku bagi semua sepeda motor yang memang dilengkapi dengan standar tengah, untuk motor sport bisa menggunakan standar paddock. 

Baca juga: Deretan Motor Baru Yamaha Sepanjang 2022, Dari Fazzio Hingga FreeGo

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 03

Posisikan motor pada standar tengah terutama untuk motor matic

Tujuan dari memposisikan sepeda motor pada standar tengah adalah untuk mengurangi beban ban juga suspensi dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya bisa menyebabkan ban lebih cepat kempis dan di beberapa kasus bisa membuat sil suspensi depan sisi kiri bocor.

Hal ini juga penting untuk motor tipe matic, jika diparkir terlalu lama dengan posisi standar samping bisa merusak karet engine mounting dan karet suspensi belakang. Efeknya bisa membuat posisi mesin dan rangka tidak sejajar.

Alas Ban

Setelah motor berada di posisi standar tengah, langkah berikutnya adalah memberi alas pada roda depan yang menapak. Tujuannya agar ban tidak langsung menempel pada permukaan lantai dalam waktu lama, terutama kalau permukaannya ubin atau lantai.

Ini karena ban yang menapak dalam waktu yang lama bisa membuat tekanan angin berkurang. Selain itu juga bisa membuat compound yang menapak lantai itu lebih cepat mengeras.

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 04

Ban yang langsung kontak dengan ubin bisa bikin ban lebih cepat kempis

Baca juga: Wow, Insentif Motor Listrik Disebut Bakal Sentuh Rp 8 Juta!

Kalau sudah keras tentu saja membuat cengkraman ban kurang maksimal, lalu karet compound yang keras juga lebih cepat retak.

Cabut aki

Aki menjadi sumber daya listrik utama pada sepeda motor, motor-motor di era modern saat ini juga sudah jarang yang dilengkapi dengan kick starter, karenanya kondisi dari aki jadi satu hal yang penting.

Saat ingin meninggalkan sepeda motor dalam jangka waktu lama, ada baiknya melepas aki. Letak aki umumnya masih bisa dijangkau dengan mudah, ada yang di bawah jok, di cover bodi depan, dan di bawah pijakan kaki pengendara.

Pasalnya walau motor tidak dihidupkan, tapi tetap akan ada arus listrik yang mengalir ke berbagai komponen motor. Maka dari itu dikhawatirkan aki drop dan motor sulit dihidupkan usai ditinggal lama.

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 05

Lepas aki jika ditinggal dalam waktu lama

Baca juga: Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan

Kunci Ganda

Yang terakhir dan juga gak kalah penting adalah menggunakan kunci ganda saat motor ditinggal lama. Untuk kunci kontak konvensional, bisa dimulai dengan menutup cover magnet untuk memberi pengamanan ganda.

Untuk motor yang sudah smart key, bisa memanfaatkan fitur anti-theft alarm atau menonaktifkan remote selama motor ditinggal. Langkah selanjutnya agar lebih aman bisa dengan memberi pengunci tambahan seperti gembok cakram atau pengunci handle rem.

Jangan Cuma Diparkirin, Lakukan Hal Ini ke Motor Sebelum Ditinggal Pergi Liburan 06

Gunakan pengunci ganda agar motor aman dari pencurian

Selamat berlibur!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });