Jangan Langsung Berangkat Touring, Perhatikan Persiapan Ini Sebelum Berkendara

Ilham · 26 Nov, 2021 09:00

Touring atau berkendara jauh keluar kota menjadi agenda menyenangkan bagi penggemar sepeda motor. Tak jarang, para bikers tersebut merencanakan perjalanannya sejak jauh-jauh hari untuk berkendara sendiri, atau bersama rekan-rekan komunitasnya.

Jangan Langsung Berangkat Touring, Perhatikan Persiapan Ini Sebelum Berkendara 01

Touring merupakan kegiatan yang menyenangkan

Semakin menarik, rute-rute yang dipilih pun kerap menyajikan pemandangan yang indah dan kondisi jalan yang beragam seperti perbukitan, pantai atau danau. Tak jarang, banyak juga rute yang melalui jalan rusak atau menembus kemacetan.

Untuk itu, sebelum melakukan touring, khususnya yang menempuh jarak jauh ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Baik itu terkait kondisi pengendara maupun sepeda motor. Tujuan pengecekan tersebut terkait kelancaran dan keselamatan di perjalanan. So, jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

Kondisi Tubuh Wajib Sehat

Hal pertama yang dicek sebelum melakukan perjalanan adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Akan menjadi percuma jika touring saat badan kurang fit. Meski pun motor sehat, waktu dan uang mendukung, semuanya akan terasa sia-sia.

Jangan Langsung Berangkat Touring, Perhatikan Persiapan Ini Sebelum Berkendara 01

Istirahat jika tubuh sudah lelah

Karena itu, menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik Anda sebaik mungkin. Mulai dari tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara.

Sementara untuk menjaga tubuh saat touring, jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah di perjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

Baca Juga: Jangan Dilawan, Naik Motor Saat Angin Kencang Perlu Perhitungan Matang

Mengecek Kondisi Kendaraan

Jika kondisi badan prima, baru pastikan kondisi motor pun sehat. Karena perjalanan jarak jauh akan membuat kondisi berkendara akan berbeda dari pemakaian harian. Lakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik.

Jangan Langsung Berangkat Touring, Perhatikan Persiapan Ini Sebelum Berkendara 02

Pastikan kondisi motor prima

Di beberapa tipe motor, seperti Yamaha All New Nmax 155 Connected dan All New Aerox 155 Connected, bisa dicek dengan praktis lewat fitur Y-Connect. Diantaranya pemeriksaan kondisi oli dan aki sebelum memulai perjalanan melalui smartphone.

“Kita bisa cek kondisi motor seperti oli dan aki melalui aplikasi Y-Connect. Dan kita juga bisa mendapatkan notifikasi, apabila terjadi malfungsi pada motor, juga mengetahui bengkel Yamaha terdekat lewat My Yamaha Motor,” terang Nanda, member YNCI (Yamaha NMax Club Indonesia) chapter Bangka.

Mengenali Rute Perjalanan

Seperti diketahui, Indonesia memiliki bermacam kondisi jalan. Dan memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan.

Pasalnya, dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Selain itu, dengan mengetahui kondisi jalan, kita bisa mempersiapkan setelan suspensi motor agar siap berkendara di segala kondisi jalan.

Baca Juga: Jangan Asal, Motor Matic Lepas Filter Udara Bikin Tarikan Enteng Tapi Resikonya Tinggi!

Mematuhi Rambu Lalu Lintas Dan Marka Jalan

Saat di perjalanan, pastikan Anda selalu patuh pada rambu lalu lintas dan marka jalan. Seperti diketahui, salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di jalan adalah karena minimnya kesadaran pengendara untuk mematuhi rambu lalu lintas dan marka jalan.

Jangan Langsung Berangkat Touring, Perhatikan Persiapan Ini Sebelum Berkendara 03

Jangan arogan di jalan

Padahal, dengan mengikuti rambu dan marka yang ada, kita dapat berkendara secara lebih teratur dan terkontrol serta menghormati sesama pengguna jalan. Sehingga tidak membawa nama jelek bagi Anda atau komunitas.

Memakai Riding Gear

Bukan soal gaya atau harga, namun penggunaan riding gear adalah salah satu aturan yang perlu diperhatikan sebelum touring. Tak perlu mahal, asalkan layak dan cukup melindungi. Seperti helm, jaket, celana, sarung tangan dan sepatu. Termasuk jas hujan (musim hujan), khususnya saat touring di musim hujan saat ini.

Jangan Langsung Berangkat Touring, Perhatikan Persiapan Ini Sebelum Berkendara 04

Tak jarang saat touring kita bertemu teman baru

“Di saat musim penghujan seperti ini perlu kita ketahui bersama persiapan touring tentunya cukup banyak selain surat kendaraan, dan hal ini tidak bisa dianggap sepele demi menunjang keselamatan dan kenyamanan di sepanjang perjalanan,” ungkap Oriansah, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Area Bangka.

Komentar