window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini

Adit · 30 Agu, 2021 20:00

Yamaha Nmax 2022membawa sejumlah pembaruan meliputi penyematan sistem kunci keyless (Smart Key System). Anak kunci digantikan dengan remote keyless. Fitur ini dapat ditemukan pada varian tengah dan atas yang sudah dilengkapi rem ABS (Anti-lock Braking System). 

Dengan teknologi tersebut, operasional motor saat menyalakan atau menghidupkan motor jadi lebih mudah. Saat remote keyless dekat di motor atau diletakkan di kantong, cukup putar tuas kontak, dan starter motor bisa dihidupkan. Sebaliknya untuk mematikan tinggal putar kontak ke off. 

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini 01

Remote keyless Yamaha Nmax.

Baca Juga: Rem ABS Yamaha Nmax Lama Bermasalah? Duh Siap-Siap Kantong Jebol Nih

Ini karena remote keyless Yamaha Nmax sudah dilengkapi immobilizer. Teknologinya pakai transponder yang bisa memancarkan sinyal ke otak motor yakni Engine Control Unit (ECU). Bila kode sinyalnya sama, sistem kelistrikan maupun mesin bisa difungsikan. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kalau Remote Keyless Hilang?

Misalnya remote keyless tanpa sadar hilang atau tidak terbawa bepergian, maka motor tak bisa dihidupkan lagi nantinya. Untuk mengatasi itu tak perlu panik, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa dilakukan pemiliknya. 

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini 01

Remote keyless Yamaha Aerox, serupa kepunyaan Yamaha Nmax terbaru.

1. Aktifkan Mode Darurat 

Pertama bisa terapkan mode darurat. Tapi untuk melakukan ini pemilik Yamaha Nmax wajib tahu ID remote keyless motornya. Kode ini didapatkan di awal saat penyerahan motor ke konsumen berupa 6 digit angka. 

  • Simpan dan ingat baik-baik kode ini. Bila ingat, maka mode darurat bisa dijalankan. Caranya: 
  • Tekan tuas kontak sampai indikator kunci pada panel instrumen berkedip sekali
  • Lakukan sampai 3 kali hingga indikatornya menyala terus lalu mati
  • Kemudian masukkan kode digit angka ID remote. Misalnya 123456
  • Tekan lagi tuas kontak tadi sampai indikator berkedip satu kali untuk memasukkan kode digit pertama yakni angka 1, lalu lepas
  • Lalu tekan lagi dan tahan sampai kedipannya 2 kali sebagai tanda digit angka kedua telah dimasukkan, lakukan seterusnya sampai digit ke-6
  • Setelah sudah tampilan speedometer akan aktif, tuas kontak bisa diputar untuk menyalakan mesin.

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini 02

ID remote keyless Yamaha Nmax yang didapatkan dalam paket pembelian.

2. Pakai Remote Baru

Kalau remote keyless Yamaha Nmax benar-benar hilang, selain pakai mode darurat juga bisa pakai yang baru. Asalkan pemilik motor hafal ID remote-nya. Caranya bisa langsung bertandang ke bengkel Yamaha terdekat untuk membelinya.

Tapi perlu ingat, pembeliannya tak bisa sembarang. Pemilik harus bisa menunjukkan bukti kepemilikan seperti STNK dan KTP sehingga petugas di bengkel bisa memastikan keabsahan pemilik aslinya. 

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini 03

Operasional motor Yamaha Nmax yang sudah keyless lebih mudah.

Baca Juga: Yamaha Nmax 155 Lama Masih Dijual, Tipe ABS Lebih Mahal Dari Nmax 155 Terbaru!

Setelah itu, proses penerbitan remote keyless Yamaha Nmax baru bisa dilakukan dengan menyamakan atau mem-pairing sesuai kode ID yang diingat, lalu dihubungkan ke motor. Harganya remotenya Rp 518 ribu, dan remote bisa dipakai sebagaimana mestinya. 

3. Tak Ingat Kode ID, Wajib Beli Kontak Baru

Celakanya jika keyless remote beserta kode ID Yamaha Nmax ikutan hilang, maka tak ada solusi selain penggantian satu set remote keyless dan control unit yang ada di motor. Harganya lebih mahal lagi mencapai Rp 1,360 juta berdasarkan katalog suku cadang Yamaha. Itu pun belum termasuk komponen lain. 

Jangan Panik Saat Remote Keyless Yamaha Nmax Hilang, Segera Lakukan Hal Ini 04

Teknisi sedang memperbaiki Yamaha Nmax generasi kedua.

Proses ini akan lebih aman karena menggunakan komponen dengan ID baru. Jadi remote keyless yang tadinya hilang atau ternyata dicuri, maka tak bisa digunakan untuk menghidupkan mesin karena kode keyless-nya sudah berbeda. 

Oleh karena itu sebelum terlambat, ada baiknya selalu ingat kode ID remote keyless Yamaha Nmax kalian ya. Kemudian simpan kertas berisikan kode saat awal pembelian di rumah. Sehingga misalnya lupa, orang di rumah bisa membantu memberitahukan kodenya. 

Baca Juga: Master Rem Yamaha NMax Terlihat Simpel, Ternyata Ada Banyak Komponen Loh!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });