window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kapan Fitur Konektivitas Vespa MIA Bakal Hadir Di Vespa Sprint Dan Primavera 2022?

Ilham · 23 Des, 2021 13:30

Kapan Fitur Konektivitas Vespa MIA Bakal Hadir Di Vespa Sprint Dan Primavera 2022? 01

Koneksi Vespa Mia di smartphone
  • Vespa MIA Permudah Pantau Kondisi Motor Lewat Smartphone
  • Punya Tampilan Navigasi Yang Unik

Saat ini, fitur konektivitas nirkabel antara motor dan smartphone makin marak digunakan di Indonesia. Di Vespa, teknologi tersebut berjuluk Vespa MIA. Lalu apakah fitur ini juga akan tersemat di varian Vespa lain yang beredar di Indonesia kelak?

Melalui fitur tersebut, pengguna Vespa dapat mengetahui kondisi kendaraannya secara realtime tanpa perlu membongkar motor dan mesinnya. Karena salah satu fungsi konektivitas tersebut adalah memberikan ragam informasi mengenai motor melalui smartphone, sehingga dapat memudahkan penggunanya.

Saat ini, fitur Vespa MIA baru hadir di beberapa model saja di Indonesia. Seperti Vespa GTS 300 Super Tech serta Vespa Primavera Edisi 75 Tahun. Lalu akankah fitur konektivitas tanpa kabel itu akan hadir di lebih banyak model tahun depan?

Kapan Fitur Konektivitas Vespa MIA Bakal Hadir Di Vespa Sprint Dan Primavera 2022? 02

Spidometer PT Piaggio Indonesia 10th Anniversary sudah digital tapi belum ada Vespa MIA

Public Relations & Communication Officer PT Piaggio Indonesia, Yolanda Goretty menyebutkan hingga sampai saat ini, fitur tersebut masih sebatas kelengkapan pada model Vespa GTS 300 Super Tech serta Vespa Primavera Edisi 75 Tahun. "Untuk varian lain, belum ada," katanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lebih jauh, fitur Vespa MIA juga tidak disebutkan hadir pada Vespa Sprint 150 i get versi PT Piaggio Indonesia 10th Anniversary yang dijual terbatas.

Padahal, model terbatas itu sudah dilengkapi dengan layar spidometer TFT digital 4,3 inci yang komplet dengan logo konektivitasnya. Namun ternyata belum bisa digunakan melalui aplikasi Vespa MIA.

Baca Juga: Selisih Rp 8,5 Juta, Mending Piaggio Indonesia 10th Anniversary Atau Vespa Sprint S i-Get ABS 2022?

Fungsi Fitur Vespa MIA

Sama seperti teknologi konektivitas di merek-merek lain, seperti Y-Connect di Yamaha, Kawasaki Ride-O-Logy dan Kymco Noodoe, fitur Vespa MIA bisa menghubungkan motor dengan smartphone pengguna juga interkom helm.

Beragam fungsi ditawarkan. Diantaranya fitur navigasi yang selain dapat menunjukan arah tujuan, juga bisa mencari jaringan bengkel Vespa terdekat dari lokasi.

Kapan Fitur Konektivitas Vespa MIA Bakal Hadir Di Vespa Sprint Dan Primavera 2022? 01

Tampilan navigasi Vespa MIA

Kemudian, pengguna fitur ini juga bisa menerima telepon, mendengar musik, juga mendapat notifikasi pesan/email masuk dan melakukan perintah suara.

Selain itu, waktu servis, catatan perjalanan, jarak yang sudah ditempuh, konsumsi bahan bakar, daya aki dan kecepatan rata-rata bisa dipantau juga. Semua informasi tersebut juga akan terekam pada smartphone.

Baca Juga: Intip Fitur MIA Vespa Primavera Edisi 75 Tahun, Lebih Canggih dari Yamaha NMax

Cara Penggunaan Vespa MIA

Untuk mengaktifkan dan mengetahui fitur-fitur yang ada di MIA Vespa, pengguna wajib mengunduh terlebih dahulu aplikasi Vespa di Playstore. Kemudian hubungkan smartphone dengan motor melalui sambungan Bluetooth.

Langkah berikutnya, lakukan pairing device melalui panel meter yang diatur menggunakan joystick. Selanjutnya pilih menu seting, kemudian pilih configuration. Lalu pilih pairing configuration dan pairing request.

Kapan Fitur Konektivitas Vespa MIA Bakal Hadir Di Vespa Sprint Dan Primavera 2022? 02

Tanda jika terhubung

Jika terhubung, pada layar spidometer TFT tersebut nantinya akan muncul gambar handphone dan logo Vespa MIA. Kemudian aplikasi Vespa akan muncul logo Vespa MIA berwarna biru bulat di kanan bawah.

Jika fungsi tersebut sudah bisa terhubung, maka sederet fitur di atas sudah dapat dinikmati penggunanya. Termasuk fitur navigasi kerennya yang berbentuk arah atau piktogram yang terlihat di panel spidometer full digitalnya.

Wuih, harusnya bisa lebih banyak nih model Vespa yang pakai.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });