Kawasaki Ninja 250 2021 Lebih Responsif Hanya Ganti Busi, Kok Bisa?
Harry · 29 Apr, 2021 13:00
0
0
Berbicara motor sport 250 cc favorit di Indonesia, maka tak bisa lepas dari sosok Kawasaki Ninja 250 2021. Motor sport tersebut punya nama yang sudah tertanam kuat dibenak para penggemar sepeda motor di Indonesia.
Banyak pengguna Kawasaki Ninja 250 yang mengincar performa mesin yang ditawarkan. Bahkan tak heran sampai melakukan upgrade performa supaya bisa mendapatkan kinerja mesin yang lebih baik dari standarnya.
Salah satu cara paling mudah untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengganti busi bawaan motor dengan busi aftermarket. Pembakaran yang jadi lebih sempurna, akan berdampak pada respon mesin lebih sigap dan juga efisiensidalam penggunaan bahan bakar.
Inilah yang ditawarkan PT NGK Busi Indonesia, dengan menghadirkan busi tipe terbaru yang disebut NGK MotoDX. Busi yang dikenalkan Rabu kemarin (28/4/2021) ini menggunakan material baru, yakni perpaduan iridium dengan ruthenium.
Ardhieta Wicaksana, Marketing Manager NGK menyatakan jika benang merah pada produk ini adalah performa. Namun performa busi barunya itu bisa diterapkan untuk penggunaan harian.
"Kami melihat ada keinginan dari para penggemar sepeda motor yang mendambakan parts terbaik bagi motornya agar dapat memperoleh performa yang luar biasa," ujarnya dalam rilis yang diterima redaksi.
Perpaduan material iridium dan ruthenium pada elektrodanya, memberikan efek maksimal pada ketahanan elektroda pusat busi NGK MotoDX, dari siksaan ruang bakar sebuah mesin.
"Evolusi mesin dan market demand, mendorong inovasi teknologi pengembangan busi, untuk menggunakan material yang lebih baik" sambungnya.
Dico Octaviano, Technical Support NGK menambahkan jika material yang digunakan merupakan perpaduan logam mulia yang saling mengisi dan menutupi kelemahan. Sehingga bisa menggapai kekerasan maksimal dan titik lebur lebih tinggi.
Untuk membuktikannya, pihak NGK melakukan serangkaian uji coba statis pada motor bermesin dua silinder. Hasilnya ada peningkatan akselerasi sekitar 0,2 detik berdasarkan pengetesan menggunakan mesin dyno test.
"Untuk menggapai 80 km/jam dari posisi diam, motor jadi lebih cepat 0,2 detik, ini kalau dalam balap sangat berpengaruh. Artinya akselerasi motor menjadi lebih baik," ujar Dico.
Pencapaian tersebut tak lepas dari fitur utama pada busi NGK MotoDX, yakni ground elektroda yang tipis, hanya 0,6 mm. Ukuran yang tipis ini membuat kebutuhan arus listrik yang digunakan lebih rendah.
Kemudian desain D-Shape pada elektroda membuat aliran pencampuran udara dan bahan bakar lebih lancar menuju gap busi, sebagai pusat pembakaran. Desain D-Shape ini juga ampuh untuk mengurangi efek quenching, dimana inti api tidak cepat padam pada saat proses pengapian.
Tak ketinggalan juga busi ini bisa mencegah terjadinya penumpukan deposit karbon, berkat ruang yang lebih lebar antara dinding bagian dalam isolator dan titik inti elektroda.
Selain peningkatan performa, efisiensi mesin juga membaik karena api yang lebih besar. "Dari hasil foto menggunakan high-speed camera, titik api lebih cepat terjadi dan lebih besar dibandingkan dengan busi berbahan nickel," papar Dico.
Profil api yang lebih besar akan membakar semua campuran udara dengan bahan bakar dengan sempurna. "Hasilnya efisiensi bahan bakar naik 2,3% saat diuji dalam posisi idle," ungkap Dico lagi.
Tak Hanya Untuk Kawasaki Ninja 250 2021
Busi NGK MotoDX sendiri diposisikan lebih tinggi dari NGK Iridium IX, dan ditawarkan dengan rentang harga Rp 200 sampai Rp 300 ribu per buahnya, dan telah tersedia dipasaran pada bulan April 2021 ini.
Asyiknya tak hanya untuk pengguna Kawasaki Ninja 250 saja, pengguna motor lain yang ingin mencoba busi NGK MotoDX ini juga bisa, karena NGK menyiapkannya untuk beragam jenis sepeda motor, mulai dari skutik, bebek hingga motor sport.
Berikut daftar beberapa motor yang bisa menggunakan busi NGK MotoDX ini. Jika motor Anda tak ada pada tabel, Anda bisa melihat pada gambar di bawah tabel.
Busi merupakan komponen berukuran kecil, namun memiliki peran yang sangat vital. Letaknya yang berada di dalam ruang pembakaran, membuatnya bekerja sangat berat dalam suhu tinggi. Tapi disatu sisi juga harus memiliki daya tahan.
Dalam penggunaan harian, busi akan berdampak signifikan pada akselerasi stop & go dan juga efisiensi bahan bakar. Pembakaran yang sempurna akan memberikan kinerja mesin lebih efisien, dengan hasil gas buang yang lebih ramah lingkungan.
Inovasi yang dilakukan NGK pada busi MotoDX semakin menyempurnakan kedua hal vital tersebut. Mampu memberikan performa mesin lebih baik dengan peningkatan akselerasi, juga efisiensi bahan bakar yang membaik.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil