Kelebihan dan Kekurangan All New Honda Beat

Sadam · 10 Jul, 2020 13:00

Sejak pertama kali dirilis pada 2008, Honda Beat langsung mencuri perhatian. Tak butuh waktu lama, ia langsung menjadi skutik paling laris di Indonesia. Tak heran jika masyarakat menjulukinya raja skutik. Secara penjualan nasional hingga awal 2020, Honda Beat series dikabarkan telah terjual lebih dari 17 juta unit. Honda Beat memang didesain untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Di awal 2020, generasi kelima Honda Beat muncul, dan kini dirinya berstatus All New. Namun bagi Anda yang hendak meminang motor tersebut, kalian harus tahu apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangannya. Berikut kami berikan ulasannya, dan semoga bisa menjadi referensi dan bahan pertimbangan.

Kelebihan dan Kekurangan All New Honda Beat 01

Kelebihan

1. Mesin generasi baru

Walau dimensinya lebih kecil dibanding motor Honda lainnya, ia memiliki akselerasi yang cepat. Apalagi model yang sekarang menggunakan mesin 110 cc SOHC generasi terbaru. Pembaruannya meliputi ukuran diameter piston dan panjang langkah yang berbeda dari pendahulunya. Sekarang pakai 47 mm x 63,1 mm yang diklaim lebih responsif. Kompresinya juga meningkat menjadi 10:1. Mesin overstroke ini sengaja dibuat untuk mengurangi konsumsi bahan bakar serta meningkatkan performa.
Hasilnya, ia mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi sebesar 9 Nm di putaran 6.500 rpm. Teknologi mesinnya masih menggunakan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power).

2. Irit

Pabrikan mengklaim All New Honda Beat lebih irit dan ramah lingkungan karena sudah lulus uji Euro 3. Berkat penggunaan fitur ISS, satu liter bahan bakar mampu membawanya hingga 60,6 km. Kapasitas bensinya sekarang menjadi 4,2 liter, jadi ia mampu menempuh jarak 254,52 km dalam sekali pengisian full bahan bakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915521138-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915521138-0'); });

3. Lincah dan gesit

Sejak dulu memang Honda Beat dikenal sebagai kendaraan yang lincah dan gesit. Itu karena ia memiliki bodi yang kecil dan ramping. Apalagi model terbaru sudah menggunakan sasis yang disebut enhandced Smart Arcitecture Frame (eSAF). Teknologi rangka ini diklaim lebih ringan 8 persen dibanding model pipa besi. Jadi pengendara makin mudah bermanuver kala berada di tengah kemacetan.

4. Bodi makin sporty

Dari awal muncul ia memiliki bodi dan desain yang mengikuti tren. Mengusung model yang compact, stylish, fun dan sporty. Maka itu, ia sangat diminati oleh semua kalangan, muda maupun tua, pria ataupun wanita. Terlebih generasi baru, tampilannya makin sporty dengan konsep bodi yang banyak lekukan tegas nan tajam.

Kelebihan dan Kekurangan All New Honda Beat 01

Tampang depannya mengingatkan kita dengan Vario Series. Bentuk lampu utama seperti huruf ‘V’. Sekujur tubuhnya banyak lekukan tajam. Dibanding skutik sekelas, ia lebih sporty. Dimensinya 1.877 x 669 x 1.074 mm (P x L x T). Lebih besar sedikit dari yang lawas (1,856 x 666 x 1,068 mm).

5. Fitur makin canggih

Lampu utamanya kini sudah berteknologi LED. Membantu saat berkendara malam hari, lebih terang dan fokus serta lebih hemat energi. Meski masih kombinasi digital dan analog, panel meternya punya tampilan lebih mewah. Tak lupa juga indikator ECO pada instrumen clusternya. Sebagai panduan berkendara yang efisien dalam konsumsi bahan bakar.
Menjawab kebutuhan konsumen, dirinya punya sektor keamanan yang mumpuni. Sekarang kunci kontak disematkan fitur secure key shutter dan sudah terintegrasi dengan pembuka jok. Beda dari versi sebelumnya yang hanya memakai pengaman kunci magnetik. Tak lupa juga dengan power charger 12 W (12V 1A) yang letaknya berada di bawah kunci kontak, tepatnya di inner rack bagian kanan. Cukup berguna kala pengendara kehabisan daya baterai gawai. Sayangnya, fitur ini hanya terdapat untuk Beat tipe CBS-ISS dan Deluxe.
Combi Brake System (CBS), Side Stand Switch, serta Parking Brake Lock menjadi fitur standar yang wajib ada di semua lini skutik Honda, termasuk Honda Beat generasi terbaru. Tentunya yang menjadi unggulan ada Idling Stop System (ISS). Fitur yang dapat mati-nyalakan mesin ketika berhenti lebih dari 3 detik. Dikombinasikan dengan teknologi ACG Starter yang bikin suara mesin menjadi lebih halus ketika di starter. Fitur ini tidak ada di varian terbawah.

6. Macam Varian

Total ada 3 tipe yang ditawarkan dengan 9 pilihan warna. Tipe CBS ada Dance White, Techno Blue White, Hard Rock Black, dan Funk Red Black. Untuk tipe CBS-ISS hadir dengan 3 pilihan warna; Garage Black, Electro Blue Black dan Fusion Magenta Black. Sementara tipe Deluxe (CBS-ISS) punya warna mewah yakni Deluxe Black dan Deluxe Silver. Keduanya memiliki emblem 3D di tiap sisi bodi.

7.       Harga terjangkau

Beat merupakan salah satu motor skutik Honda yang paling terjangkau. Memiliki kualitas yang bagus, performa cukup mumpuni, fitur canggih dan model kekinian. Saat ini ia dijual Rp 16,4 juta untuk varian terendah, Rp 17,1 juta buat tipe CBS-ISS dan Rp 17,2 juta untuk varian tertinggi. Ketiga harganya sudah berstatus OTR Jakarta.

Kekurangan

1. Dimensi terlalu kecil

Karena dimensinya terlalu kecil, tidak semua orang bisa nyaman mengendarainya. Apalagi orang berbadan tinggi besar, tentu akan kesulitan menggunakan Honda Beat. Dirinya lebih cocok oleh kaum perempuan dengan berat badan normal, sehingga terlihat lebih luwes jika digunakan. Mungkin alasan perusahaan membuat kendaraan dengan body kecil karena dikhususukan untuk perempuan. Namun tidak ada salahnya jika laki-laki juga menggunakan Beat.

2. Ruang pijak sempit

Selaras dengan bodinya yang mungil, maka ruang pijak juga tidak terlalu besar. Kaki pengendara tidak leluasa untuk bergerak, jadi mudah lelah ketika dibawa perjalanan jarak jauh.

Kelebihan dan Kekurangan All New Honda Beat 02

3. Bagasi tidak besar

Kapasitas bagasi Honda Beat generasi terbaru memang meningkat, namun belum cukup memadai. Pengendara bakal merasa kesulitan jika membawa barang bawaan banyak. Ruang penyimpanan di bawah joknya sekarang 12 liter. Hanya cukup untuk meletakkan barang berdimensi kecil, macam jas hujan, buku, sarung tangan, kacamata, ataupun botol minum 600ml. Jangan berharap untuk menjejali helm, karena itu tidak mungkin.
Itulah ulasan mengenai kelebihan serta kekurangan yang dimiliki motor All New Honda Beat. Sejatinya semua kendaraan memiliki kelebihan serta kekurangan. Tujuan kami mengulas ini hanya sebagai informasi, pengetahuan bagi kalian tentang motor Beat terutama yang masih bimbang untuk meminangnya. Semoga bermanfaat! 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915591388-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915591388-0'); });

Sadam

Dia menghabiskan waktu yang sangat banyak di YouTube untuk browsing video apapun yang berkaitan dengan mobil, mulai dari vlogger hingga penjelasan teknis dan tutorial berkendara menggunakan tumit dan jari kaki. Meskipun dalam kesehariannya dia mengendarai mobil matic

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Motor Terbaru