Kenalan Sama Motor Listrik Katalis Spacebar Evo, Mirip Honda Motocompo Harga Rp 68 Juta

Ilham · 21 Nov, 2021 13:00

Di tahun 80-an, ada skuter matic imut berjuluk Honda Motocompo yang saat itu dijual sebagai bagian paket mobil Honda City. Tampilannya unik dengan kesan ringkas dan berdimensi mungil. Maklum saja, saat itu Honda Motocompo dirancang untuk bisa masuk ke bagasi Honda City. Dan kesan yang sama kini terlihat pada motor listrik lokal Katalis Spacebar Evo yang meluncur pekan ini di Jakarta.

Kenalan Sama Motor Listrik Katalis Spacebar Evo, Mirip Honda Motocompo Harga Rp 68 Juta 01

Katalis Spacebar Evo punya beragam warna

Katalis Spacebar Evo dirilis berangkat dari cita-cita brand lokal Katalis untuk menjadi salah satu pemain Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) di Indonesia. Hal ini sekaligus mendukung program percepatan KLBB yang diusung pemerintah Indonesia.  

“Peluncuran ini adalah bukti keseriusan kita untuk ikut terus berperan serta dalam membangun dan meramaikan industri kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Gunanjar selaku Chief Executive Officer Katalis.

Baca Juga: Kulik Spesifikasi SM Sport E-Classic 2022, Motor Listrik Unik Bergaya Honda Super Cub

Bergaya Ala Motor Cyberpunk

Dunia cyberpunk kerap dibayangkan dengan banyaknya kendaraan canggih dan tampilan unik. Contoh paling mudah ditemui di film-film seperti Alita Battle Angel atau anime Akira. Nah, kesan ala kendaraan masa depan ini terwakili dari desain grafis livery pada Katalis Spacebar Evo.

Kenalan Sama Motor Listrik Katalis Spacebar Evo, Mirip Honda Motocompo Harga Rp 68 Juta 01

Bodinya berbahan almunium

“Pada dasarnya setiap pengguna khususnya gen-z memiliki karakter dan persona masing-masing yang unik. Nah, untuk mendukung itu kita juga menyiapkan pilihan warna selain hitam pada Spacebar Evo, seperti merah, biru dan putih,” tutur Chief Marketing Officer Katalis, Imam Santoso.

Baca Juga: Catat! Mulai 2040, Indonesia hanya Jual Motor Listrik!

Dimensi Ringkas Dan Mungil

Mirip seperti Motocompo, secara dimensi, Katalis Spacebar Evo memiliki ukuran yang kompak. Di mana ukuran panjang x lebar x tinggi hanya 1.420 x 470 x 1.100 mm. Lebar setangnya 490 mm dengan wheelbase hanya 1.000 mm. Ground clearance Katalis Spacebar Evo 185 mm dan daya angkutnya 120 kg.

Kenalan Sama Motor Listrik Katalis Spacebar Evo, Mirip Honda Motocompo Harga Rp 68 Juta 02

Rem cakram mengawal kedua roda

Sedangkan secara keseluruhan, sosoknya ringkas dengan bentuk bodi kaku ditunjang dengan ban mungil. Posisi handle post hingga setang terlihat telanjang. Sementara panel spidometer dan saklar juga terbuka tanpa cover.

Beralih ke samping, bodi berbahan almunium alloy-nya rata tanpa lekukan, serta terdapat footstep di bawah. Sedangkan joknya hanya cukup untuk satu orang dengan bentuk kotak sederhana. Menariknya, ada keranjang serbaguna yang terletak di belakang jok tersebut.

Sumber Penggerak Listrik

Secara basis skuter berbahan aluminium ini masih mengusung platform dan dapur pacu penggerak yang sama dari model sebelumnya yaitu motor 1.200 watt yang terdapat di tromol roda belakang.

Sebagai pelengkap, ada penggunaan baterai LiFePo berkapasitas 48 volt 32 Ah. Performanya diklaim sanggup meraih top speed hingga 50 km/jam dengan jarak jelajah 60 km.

Baca Juga: Berkenalan Dengan Spacebar Quatro-P, Motor Listrik Lokal Nan Unik Seharga Rp 65 Juta

Perbedaan Dari Versi Sebelumnya

Meski berbasis sama dengan seri Katalis Spacebar, namun ada beberapa perubahan di Katalis Spacebar Evo yang membedakan dari edisi sebelumnya. Bisa dilihat dari eksterior ada beberapa perubahan pada tampilan Spacebar Evo.

Kenalan Sama Motor Listrik Katalis Spacebar Evo, Mirip Honda Motocompo Harga Rp 68 Juta 03

Terdapat rak serba guna di depan dan belakang

Semisal ground clearance yang lebih tinggi, pemilihan ban menggunakan tipe aspal, lampu sein serta penggunaan suspensi teleskopik.  Ubahan berlanjut dengan penambahan layar instrumen panel yang diposisikan sejajar dengan setang. “Perubahan-perubahan pada Spacebar Evo adalah untuk kenyamanan pengguna saat berkendara," kata Imam.

Pun demikian soal harga yang turut berubah. Jika sebelumnya bandrol Spacebar hanya Rp 65 juta, kini sudah menyentuh Rp 68 juta. Pembeliannya dapat dilakukan secara online di Katalis.co.

Komentar