window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman

Ilham · 3 Jan, 2023 11:30

motor bebek jerman

DKW Hummel buatan Jerman
  • Kedua pabrikan sudah tak lagi aktif.
  • Sama-sama bermesin 2-tak 49 cc.

Motor bebek biasanya buatan brand Jepang, tapi ada juga motor bebek Jerman lho. Ya, saat ini motor-motor bebek sudah cukup tergusur eksistensinya oleh skuter matic. Padahal, jenis motor moped atau underbone ini sempat menjadi raja.

Bukan hanya dari merek-merek Jepang yang merangsek Indonesia di tahun 70an, tapi juga dari brand motor Eropa. Beberapa diantaranya adalah Zundapp Combinette dan DKW (Dampf Kraft Wagen) Hummel buatan Jerman. 

Keduanya menjadi bagian koleksi Museum Transportasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Dari keterangannya, motor tersebut hadir lebih lama dari motor-motor Jepang. Tepatnya di dekade 50-60an.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 01

Punya engkol sepeda

Saat dilihat lebih detail, ada sejumlah persamaan dan ciri yang terlihat dari kedua motor bebek Jerman tersebut. Seperti adanya engkol gowesan seperti sepeda kayuh. Serta tangki di frame underbone.

Baca Juga: Lebih Dekat Dengan Koleksi Motor Museum Transportasi Lewat Foto, Sayang Kurang Terawat!

DKW Hummel

Motor bebek asal Jerman yang jadi koleksi Museum Transportasi yakni DKW Hummel. Motor berkelir merah ini dirancang sejak tahun 1951 dan diproduksi di bawah bendera Zweirad Union memiliki desain mewah dan jok yang rata.

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 02

Bentuknya unik.

Tangkinya tampak ramping karena terintegrasi dengan frame. Sehingga tak menampilkan bentuk seperti punuk yang terpisah. Suspensi depannya tipe springer dengan double sok di belakang. Sedangkan remnya berjenis tromol di kedua roda.

Mesin DKW Hummel ini bertipe 2-tak berpendingin udara dengan volume 49 cc. Tenaganya imut, hanya 1,35 PS di putaran 4.400-4.500 rpm dan disalurkan lewat transmisi manual 3-speed.

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 03

Tangkinya slim

Untuk menyalakan mesinnya, pengguna perlu mengayuh engkol di kaki seperti menggowes sepeda. Nantinya mesin akan menyala. Jika kehabisan bensin pun, Anda masih bisa mengayuhnya seperti sepeda biasa.

Sayangnya, bukan cuma motor tersebut yang discontiune, pabriknya pun tutup di tahun 1966. Untungnya, DKW kini berubah jadi produsen mobil pasca bergabung dengan beberapa pabrikan otomotif lain sebagai bagian Audi AG di 1985.

Baca Juga: Modal Rp 5 Ribu Bisa Ajak Anak Kenali Motor Antik, Mampir Nih ke Museum Transportasi TMII

Zundapp Combinette

Selain DKW Hummel, bebek Jerman lain yang ada di Museum Transportasi adalah Zundapp Combinette. Motor buatan 1961 ini memiliki desain klasik dengan penggunaan tangki di bagian underbone yang terekspos.

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 04

Zundapp Combinette

Detail lainnya adalah penggunaan suspensi depan springer serta jok model rata. Menariknya di bagian belakang, model ini mengusung empat buah sokbreker yang menjanjikan kemampuan angkut beban berat.

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 05

Soal spek mesin, Zundapp Combinette juga mirip dengan DKW Hummel. Volumenya 49 cc 2-tak dengan pendingin udara. Tenaganya lebih baik, yakni 2,6 PS di 4.600 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi 3-speed dengan tambahan starter engkol kayuh.  

Meski brand Zundapp sempat beredar di Indonesia, namun sejak 1984 pabrikan tersebut dinyatakan bangkrut. Nasibnya tak lebih beruntung dari DKW yang diambil oleh Audi.

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 06

Motor bebek gagah pada masanya.

Kenalan Sama Zundapp Combinette dan DKW Hummel, Motor Bebek Asal Jerman 07

Kuat angkut beban.

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });