Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

Ary · 16 Okt, 2021 20:00

Sejak 2012 silam, Honda Beat tidak lagi menggunakan karburator. Mulai dari generasi keduanya tersebut, skutik murah Honda sudah menggunakan sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Melalui teknologi PGM-FI inilah konsumsi BBM Honda Beat diklaim meningkat dari versi lawas. 

Berkat keberadaannya pula lah pemilik dapat mengetahui jika ada kerusakan pada Beat kesayangan. Meskipun, pada kenyataannya masih banyak jua konsumen yang tidak memerhatikan. Padahal, indikasi itu bisa dilihat langsung melalui panel meter yang merupakan kode injeksi Honda, termasuk Honda Beat Anda. Lokasinya berada di area kokpit, tepatnya indikator engine check yang terdapat di atas spidometer. 

Baca juga : Komparasi Honda BeAT 2022 VS Yamaha Gear 125 2022, Pemain Lama dan Pendatang Baru

Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check 01

Indikator engine check Honda Beat ada di atas spidometer.

Indikator ini pasti menyala sesaat setelah Anda mengontaknya ke posisi On. Lantas lampu berwarna kuning itu akan mati setelah kurang lebih 3 detik. Namun, Anda harus waspada apabila lampu MIL (Malfunction Indicator Light) itu urung padam atau malah berkedip-kedip. Pada kondisi seperti ini, besar kemungkinan masalah terjadi pada Honda Beat Anda.

Walau begitu, butuh pengetahuan lebih untuk mengenal jenis kerusakan seperti apa yang dialami si skutik. Sebelum itu, harus Anda pahami dulu bahwa ada dua cara untuk membaca kode MIL Honda Beat ini. Pertama adalah kedipan pendek. Jika terjadi sebanyak delapan kali (terus-menerus), maka jumlah MIL-nya adalah delapan. Artinya, MIL membaca ada kerusakan pada sensor Throttle Position Honda Beat. 

Baca juga: Konsumsi BBM Tembus 60,6 Km/Liter, Ini Rahasia Honda Beat

Kode MIL Honda yang kedua yaitu kedipan panjang. Umumnya hal ini terjadi secara berulang. Misal, terdapat kedipan panjang sebanyak dua kali. Lalu setelah 3-5 detik, diikuti lagi dengan kedipan pendek sebanyak satu kali. Itu berarti nilai MIL pada Honda Beat Anda sebanyak 21 (2+1 kedipan). Berdasarkan panduan kode kerusakan pada motor injeksi Honda, problem ada pada bagian sensor O2 (oxigen sensor). 

Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check 01

Harga sensor O2 Honda Beat dibanderol cukup mahal. 

Tentu saja tidak cuma itu. Faktanya pihak PT Astra Honda Motor (AHM) sudah menginformasikan, ada 10 kode MIL Honda berdasarkan jumlah kedipan serta kerusakan apa yang teridentifikasi jika engine check berkedip. 

1. Kedipan 1: sensor MAP (manifold Absolute Pressure)

Terjadi kerusakan pada sensor MAP, tingkat kevakuman pada intake manifold menjadi tidak stabil. Dampaknya akselerasi kurang optimal walau kinerja mesin normal. Pasalnya, tenaga di putaran atas berkurang. 

2. Kedipan 7: sensor EOT/ECT (Engine Oil/Coolant Temperature)

Masalah muncul karena sensor ECT tidak berfungsi. Bisa jadi juga karena terjadi putus sambung (intermitten failure) antara soket sensor ECT dan EOT. Hal ini menyebabkan motor menjadi sulit dinyalakan pada suhu rendah. Mesin pun lebih cepat panas.

3. Kedipan 8: sensor TP (Throttle Position)

Konektor unit sensor yang longgar bisa menyebabkan kode MIL Honda ini muncul. Efeknya, akselerasi Honda Beat kurang baik, tapi boros bahan bakar. Selain itu, mesin juga sering mati tiba-tiba.

Baca juga : Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022 Adu Akselerasi, Siapa Paling Gesit?

4. Kedipan 9: sensor IAT (Intake Air Temperature)

Sama seperti sensor TP, konektor pada IAT juga bisa kendur. Akibatnya motor terasa 'lemot dan keluaran daya lemah di putaran menengah. 

Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check 02

Injektor Honda Beat.

5. Kedipan 12: sensor Injektor

Apabila muncul kode MIL Honda dengan kedipan panjang satu kali dan dua kali kedipan pendek, maka ada kerusakan pada sensor injektor. Di sini mesin tidak dapat menyala. Otomatis injektor, pompa bahan bakar maupun coil pengapian ikut mati. 

6. Kedipan 21: sensor O2 – Oxigen sensor

Kerusakan sensor O2 membuat mesin sulit menyala. Pendeteksian paling mudah adalah adanya letupan dari bagian knalpot Honda Beat.

7. Kedipan 29: sensor IACV (Intake Air Cut Valve)

Bukan cuma susah dinyalakan, putaran stasionernya pun terasa kasar dan boros bahan bakar ketika motor diajak berkendara.

Baca juga: Mengungkap Kelebihan dan kekurangan Honda Beat

8. Kedipan 33: ECM (Engine Control Module)

Pada kode ini kerusakan motor cukup fatal karena ECM tidak berfungsi. Akibatnya mesin tidak dapat dihidupkan. Sekalipun bisa nyala, bakal sering mati. 

9. Kedipan 52: sensor CKP (Crankshaft Position)

Kejadian serupa juga bisa dialami saat Anda menemukan kode 52. Andaikata bisa hidup, stasioner mesin kasar dan akselerasi turun di setiap putaran mesin (bawah, tengah maupun atas).

10. Kedipan 54: sensor BAS (Bank Angle Sensor)

Sensor BAS menyala saat motor terjatuh. Lalu sensor akan mengirimkan informasi ke ECU untuk kerja fuel pump, injektor dan ignition oil dan membuat mesin mati.

Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check 03

Sensor BAS membuat mesin motor mati ketika terjatuh.

Cara mengatasi 10 kedipan Honda Beat FI tadi tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk itu, Anda harus mendatangi langsung bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Misalnya saja muncul kode MIL Honda dengan kedipan satu kali. Ini menandakan ada masalah pada MAP. 

"Masalah itu bisa jadi karena kotor atau sambungan kabelnya lepas (kendur). Di sini motor masih bisa jalan, tapi indikator itu masih muncul. Umpama sambungan kabelnya oke, bisa jadi sensornya yang bermasalah. Hal ini bisa dicek dengan menggunakan alat SCS (Service Check Short) connector yang ada di bengkel resmi," kata Endro Sutarno, Technical Service Division dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Baca juga: Yuk, Hitung Biaya Servis Honda Beat setelah Setahun Pemakaian

Menurutnya, konsumen belum tentu paham dari mana sumber masalah itu berada. Yang runyam adalah ketika Honda Beat tidak bisa menyala. "Motor itu tidak bisa jalan kalau sudah ada tanda 33 (ECM) atau 52 (CKP). Tapi perlu diketahui juga mereset dengan SCS itu bisa dilakukan setelah ada perbaikan terhadap komponen yang bermasalah," lanjut Endro kepada Autofun.co.id

Kenali 10 Kode Kerusakan pada MIL Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check 04

Tikus bisa menjadi penyebab putusnya kabel sensor Honda Beat.

Reset ECU sendiri sebenarnya bisa dilakukan tanpa harus ke bengkel. "Misalkan motor masih menyala, tapi terasa 'brebet' ketika gas dipuntir. Cukup mengontak ON dan Off sebanyak tiga kali. Kemudian pada kontak ON keempat lampu itu akan mati. Dengan catatan bukan trouble di sistem injeksinya. Tapi, cara ini belum bisa dilakukan oleh Honda Beat atau Honda Scoopy. Untuk saat ini baru ada di Honda Vario 150, Honda PCX, Honda ADV 150 dan Honda CBR150 atau CBR250RR," pungkasnya. 

Baca juga : Klakson Honda BeAT gak Bunyi, Periksa Komponen Ini

Kesimpulan

Meski skutik injeksi seperti Honda Beat menawarkan kemudahan, Anda juga mesti belajar memahami indikasi masalah yang terjadi padanya. Salah satu contoh paling mudah adalah mengenal kode MIL Honda berupa 10 kode kerusakan indikator engine check di atas. Memang butuh ketelitian karena terdapat dua model kedipan (panjang dan pendek). 

Syukur jika Anda bisa memperbaiki sendiri masalah tersebut. Sebagai contoh menemukan salah satu kabel sensor yang terkelupas akibat gigitan tikus. Bisa Anda sambung ulang agar tidak ada lagi indikasi malfungsi. Sebalinya kalau sudah sampai mati total, segera angkut motor ke bengkel resmi. Ingat, kedipan pada indikator engine check tak wajar itu bukan semata Honda Beat Anda genit!

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

Komentar