window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman!

Harry · 7 Mei, 2021 10:00

Handling sepeda motor yang sempurna tentu akan mendukung kenyamanan berkendara. Bagian yang mempengaruhi handling motor sendiri ada banyak, salah satunya adalah komstir yang mendukung kelancaran gerak pada bagian setang kemudi.

"Tapi umur pemakaian, sering melalui jalan rusak hingga kerap menerobos polisi tidur bisa mempengaruhi usia pakai komstir," buka Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw's Speed.

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman! 01

Kerusakan komstir biasanya terpengaruh usia pakai dan kondisi jalan.

Biasanya kerusakan pada komstir seperti bola-bola besi yang pecah, jalur bola komstir tergerus hingga rumah komstir goyang. Sayangnya banyak pengendara motor yang belum paham seperti apa ciri-ciri komstir yang mulai rusak.

Baca juga : Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Pengguna Yamaha Nmax 155 2021 dan pengendara motor lainnya seperti Honda PCX 160 2021 hingga Yamaha Vixion 2021 juga wajib mengetahuinya. Ya meski usia motor relatif muda, setidaknya jika ada tanda-tanda komstir bermasalah, Anda bisa mengantisipasinya dengan cepat.

Nah, seperti apa ciri-ciri komstir motor yang telah rusak?

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman! 01

Bola-bola besi pada komstir.

1. Setang Berat

Dalam kondisi tertentu, komstir yang sudah rusak bisa membuat gerak setang kemudi menjadi berat. Tentunya handling motor akan jadi terasa kaku dan membuat pengendara jadi tak nyaman.

Beratnya setang kemudi juga terkadang tak terasa pada seluruh gerak sudut kemudi. Terkadang setang terasa berat ketika dibelokkan sampai hampir mentok kiri atau kanan.

Baca juga : Perlukah Honda ADV 150 Hingga Yamaha Aerox 155 Connected Pakai Oli Spesifikasi Khusus?

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman! 02

Pergerakan setang bisa jadi lebih berat atau lebih ringan jika komstir rusak.

Terkadang benturan keras seperti tabrakan juga bisa mengakibatkan komstir rusak. Biasanya bola-bola besi pada komstir banyak yang pecah karena benturan, tentu mau tak mau harus ganti dengan yang baru.

2. Setang Jadi Ringan

Ini kebalikannya dari kondisi pertama tadi. Bisa juga komstir tidak rusak, namun mur pengikat komstir terlalu kendur. Pengendara akan merasakan setang menjadi terlalu ringan dan setang jadi tak stabil saat dipakai melaju dalam kecepatan tinggi.

Baca juga : Menakar Biaya Servis Suzuki GSX-R150 2021 di Bengkel Resmi, Setahun Hanya Rp 450 Ribuan Saja

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman! 03

Jalan rusak ikut mempersingkat umur pakai komstir motor.

Biasanya terjadi setelah mengganti komstir motor, namun saat pemasangan kurang sempurna. Solusinya tinggal kencangkan kembali mur komstir sampai gerak setang terasa lebih solid.

3. Timbul Suara Berisik

Komstir yang aus juga akan menimbulkan suara berisik. "Biasanya pas lewat jalan rusak, ada suara klak-klak-klak di area setang," ujar Heri yang menerima perbaikan semua merek motor.

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman! 04

Pemasangan komstir baiknya serahkan pada bengkel terpercaya.

4. Setang Oblak

Akibat adanya keausan pada bola-bola besi di komstir, akan timbul gejala longgar, terlebih bola besi tadi sudah banyak yang  hancur. Gejala setang oblak ini akan terasa ketika melakukan pengereman, dan timbul suara dak cukup kencang.

Baca juga : Jurus Ampuh Atasi Gredek di Honda ADV 150, Coba Tahapan Modifikasi Ini

Kesimpulan

Asyiknya di Indonesia, pilihan merek suku cadang yang tersedia sangat beragam. Selain merek komponen asli pabrikan motor, tersedia juga merek aftermarket dengan kualitas yang beragam.

Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman! 05

Harga komstir beragam tergantung merek dan untuk jenis motor apa.

Tentunya semua berbeda-beda soal harga. Hanya saja harga komstir ini cukup terjangkau, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu saja, tergantung jenis motornya.

Baca juga : Begini Cara Mudah Pakai Smart Key System di Honda Scoopy 2021

Jika Anda mendeteksi komstir motor sudah rusak, sebaiknya lakukan penggantian di bengkel terpercaya. Meski terlihat sepele, pemasangan komstir sangat tricky, supaya bisa terpasang dengan sempurna.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });