window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenali Arti Warna dan Penyebab Asap Knalpot di Motor 4-tak

Ilham · 15 Sep, 2023 17:00

Ilustrasi motor berasap

Ilustrasi motor berasap
  • Ada asap hitam dan putih.
  • Masing-masing warna asap berbeda arti.

Berbeda dari mesin 2-tak, motor-motor baru dengan teknologi 4-tak saat ini sudah tak lagi mengeluarkan asap dari knalpotnya.

Karena didesain untuk lebih ramah lingkungan dengan menghilangkan asap pembuangan mesin. Namun tak jarang motor 4-tak pun mengeluarkan asap.

Asap dari motor 4-tak pun terbilang berbahaya bagi kesehatan karena kandungan gas dan zatnya.

Selain itu, asap tersebut juga menjadi penyumbang polusi udara yang beberapa waktu ini menjadi isu hangat di masyarakat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tim Senior Training Analyst Wahana Honda, Wahyu Budhi menjelaskan jika secara umum, asap knalpot terlihat ada dua warna yaitu putih dan hitam. Apa perbedaannya?

Baca Juga: Konsumsi Bensin Honda Vario 125 2023, Iritnya Setara BeAT?

Arti Asap Putih  

Jika mesin motor 4-tak Anda mengeluarkan asap putih, kemungkinan ada beberapa komponen dalam mesin yang bermasalah. Wahyu menyebut ada beberapa penyebab munculnya asap putih.

Seperti silinder comp atau liner mesin yang sudah aus akibat pergerakan piston yang bergesekan terus menerus pada saat motor hidup. Efeknya oli mesin masuk ke ruang bakar.

Kenali Arti Warna dan Penyebab Asap Knalpot di Motor 4-tak 01

Oli mesin terbakar bisa jadi sumber asap putih

Kemudian dari kebocoran seal (sil) katup. Kebocoran ini sering terjadi jika seal katup mulai renggang, sehingga oli dapat masuk ke dalam ruang bakar.

"Kemungkinan terakhir jauh dari masalah teknis mesin, yakni penggunaan jenis knalpot khususnya racing.

Agar dapat bertahan dari suhu panas, biasanya akan disemprotkan oli sehingga hasilkan pembakaran dalam knalpot. Sehingga timbul asap putih tersebut," ucapnya.

Baca Juga: Deretan Motor Mahal Ini Laris Dalam Tiga Hari di BCA Expo 2023

Arti Asap Hitam  

Asap hitam awalnya sering muncul dari banyaknya timbunan kerak karbon di ruang bakar. Jangan Khawatir solusinya cukup mudah dengan membersihkan kerak yang menempel di head cylinder.

Kotoran juga bisa jadi satu penyebab munculnya asap hitam. Apalagi kotoran yang menumpuk pada filter udara.

Kenali Arti Warna dan Penyebab Asap Knalpot di Motor 4-tak 02

Timbunan kerak bisa jadi biang asap hitam

Di sisi lain, asap warna hitam juga menjadi adanya kebocoran pada klep in, sehingga bensin lebih banyak masuk ke ruang bakar dan solusinya dibutuhkan skir klep. 

Masih dari rangkaian pembakaran, asap hitam juga bisa disebabkan lubang main jet atau slow jet (spuyer) aus. Hal ini membuat bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak.
 
Busi juga mendukung faktor terjadinya asap hitam, karena busi yang tidak baik akan membuat pembakaran ruang bakar mesin tidak bekerja maksimal.

Nah, coba cek knalpot motor kalian ngebut gak?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });