window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu

Harry · 5 Mar, 2021 16:00

Teknologi rem ABS (Anti-lock Braking System) pada motor, sekarang ini sudah banyak diterapkan untuk motor bermesin 150-160 cc, seperti pada Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160. Piranti keselamatan aktif ini relatif bebas perawatan, namun bukan berarti tak akan bermasalah.

Ya untuk beberapa orang memang rem ABS dirasa belum terlalu penting. Padahal fitur ini bisa mencegah terjadinya kecelakaan, akibat roda terkunci kala melakukan pengereman mendadak dengan sangat kuat.

Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu 01

Teknologi rem ABS sudah banyak digunakan untuk motor kecil.

Jika roda tak sampai terkunci, pengendara masih bisa mengendalikan motor untuk bisa melakukan manuver menghindar. Lain cerita, jika roda terkunci, motor justru akan langsung tergelincir dan terjadi kecelakaan.

Baca juga : Pentingnya Aki untuk Honda Beat, Begini Cara Merawatnya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Saya merasakan betul manfaat ABS ini, pengereman lebih efektif dan beberapa kali berhasil menghindari tabrakan seperti ada orang nyeberang tiba-tiba," tukas Julianto, seorang pengguna Yamaha Nmax ABS.

Gejala ABS Bermasalah

Sejatinya rem ABS pada motor relatif bebas perawatan. Untuk memastikan komponen ABS dalam kondisi baik, bisa lihat pada indikator ABS di panel meter.

"Jika setelah motor berjalan indikator tersebut mati, itu normal. Sebaliknya kalau ABS bermasalah, indikator tadi akan menyala terus," buka Yoga Ningrat dari Yoga Motoshop.

Baca juga : Pengguna Yamaha Nmax Wajib Tahu, Ini Batas Aman Lewati Banjir

Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu 01

Diagram kerja rem ABS Yamaha Nmax 155.

Namun seiring usia pemakaian motor, terkadang mulai timbul masalah pada rem ABS. Mulai dari masalah yang ringan sampai masalah yang cukup berat.

Pebengkel yang piawai menangani skutik Maxi Yamaha tersebut menjelaskan, masalah mulai muncul saat usia motor mencapai lima sampai enam tahun. "Kita sering menangani Yamaha Nmax ABS keluaran awal," ujarnya.

Baca juga : Konsumsi Bensin Honda Scoopy Tiba-Tiba Boros? Coba Cek Businya

Contoh masalah ringan pada ABS seperti sensor ABS yang kotor, atau rotor ABS rusak. Untuk mengatasinya, cukup bersihkan sensor dan mengganti rotor ABS dengan yang baru.

Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu 02

Harga modul ABS Yamaha Nmax 155, hampir RP 6 juta!

Tapi jika sudah dibersihkan dan diganti masih bermasalah, lalu rem kurang pakem dan bergetar, pertanda indikasi masalah yang lebih berat. Terburuk jika modul ABS divonis rusak.

"Kalau modul ABS rusak, biaya yang harus dirogoh bisa mencapai Rp 5 jutaan. Karena terlalu mahal, banyak konsumen yang akhirnya memilih untuk mengubahnya jadi non ABS," ujar pebengkel di wilayah Cibubur, Jakarta Timur itu.

Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu 03

Pantau kondisi lewat indikator ABS.

Perawatan Rem ABS

Seperti yang disebutkan di atas, rem ABS sejatinya tak perlu perawatan khusus. "Paling cek kondisi minyak rem saja, tak perlu setel-setel," sambung Ikim dari RI Matic Shop di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Baca juga : Kenali 10 Kode Kerusakan Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

Untuk mencegah masalah ringan, saat mencuci jangan lupa untuk membersihkan sensor rem ABS, yang posisinya dekat dengan piringan cakram. Kotoran yang menumpuk pada sensor juga bisa membuat indikator ABS terus menyala.

Ragam Motor Dengan ABS

Jika dulu rem ABS tersedia pada motor-motor bermesin besar, kini mulai menjangkau motor berkapasitas kecil. Contohnya Yamaha Nmax 155, Yamaha Aerox 155 Connected, Honda PCX 160, Honda CBR150R dan lain-lain.

Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu 04

Skutik Honda andalkan rem ABS Single Channel.

Hanya saja, ada perbedaan sistem rem ABS yang digunakan untuk motor kecil, yakni ABS Dual Channel dan ABS Single Channel. Keduanya memiliki perbedaan sistem kerja.

Untuk rem ABS Dual Channel, maka rem ABS berfungsi untuk kedua roda. Sementara rem ABS Single Channel, rem ABS ini hanya tersedia untuk rem depan saja.

Baca juga : Murahnya Biaya Perawatan Yamaha WR 155R di Tahun Pertama, Tak Sampai Rp 500 Ribu

Jika Anda mulai berpikir memilih motor bermesin kecil dengan rem ABS, silahkan simak daftarnya di bawah ini.

Ragam Motor 150-160 cc Dengan ABS
Merek Tipe
Honda PCX 160 2021 Single channel
Honda ADV 150 2021 Single channel
Honda CBR150R 2021 Dual channel
Yamaha Nmax 155 2021 Dual channel
Yamaha Aerox 155 Connected 2021 Single channel
Yamaha Lexi S ABS Single channel
Yamaha Freego S ABS Single channel
Suzuki GSX-R150 ABS Dual channel

Kesimpulan

Saat ini rem ABS untuk motor memang masih dianggap teknologi yang mahal, karena ada selisih harga signifikan antara varian ABS dan non ABS. Terlebih ada ketakutan modul ABS rusak, akan butuh biaya besar untuk mengganti dengan yang baru.

Namun disatu sisi, fitur tersebut berguna dalam menjaga keselamatan berkendara. Jika ada bahaya di depan, setidaknya pengendara bisa melakukan pengereman dengan lebih aman, dan motor tetap bisa dikendalikan.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });