window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Konsep Skuter Listrik Husqvarna Dirilis, Menggoda buat Anak Muda

Ary · 10 Mei, 2021 21:00

Husqvarna kian gencar menyiapkan produk-produk berbasis niremisi. Setelah merilis teaser e-Pilen, jenama asal Swiss kembali menghadirkan konsep bernama Husqvarna Vektorr. Uniknya lagi, inilah desain skuter pertama yang dibuat jenama asal Swedia. 

Desainnya sendiri terbilang ringkas sekaligus nyentrik. Tengok saja bagian bodi berlabur kelir putih itu. Rasanya, belum ada yang menyajikan bentukan panel bodi demikian. Identitas sang pabrikan lantas dituangkan melalui penggunaan decal khas padu padan putih, biru dan kuning.

Husqvarna Vektorr

Husqvarna meluncurkan skuter pertamanya sekaligus berbasis listrik.

Baca juga: BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

Namun, beberapa sumber mempercayai jika penggarapan Husqvarna Vektorr ini tak lepas dari peran Bajaj. Sebagaimana pula diketahui, produsen asal India itu merupakan bagian dari Pierer Mobility, yang tak lain merupakan induk dari Husqvarna.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Satu yang menarik, Husqvarna Vektorr menggunakan lampu utama berbentuk bulat. Ya, sangat mirip dengan penerangan kepunyaan produk bergaya neo mereka seperti Husqvarna Vitpilen dan Husqvarna Svartpilen. Dengan tampilan demikian, Husqvarna Vektorr jelas bakal menggoda untuk anak muda. 

Suspensi Husqvarna Vektorr

Husqvarna Vektorr menggunakan suspensi depan tunggal dengan spring yang berada di luar.

Baca juga: Masa Depan Cerah Sepeda Motor Listrik Indonesia, Dari Kemudahan Investasi Sampai Keringanan Pajak

Unik dengan Suspensi Tunggal di Depan

Keunikan Husqvarna Vektorr juga menyasar ke rancang bangun. Tidak seperti skutik kebanyakan, skuter listrik Husqvarna tampak menggunakan peredam kejut tunggal di bagian depan. Bentuknya pun tak ubahnya dengan suspensi belakang - ulir pegas berada di bagian luar. Hanya saja, batang piston pada suspensi depan lebih besar ketimbang belakang. 

Berdasarkan keterangan Motorcycle.com, Husqvarna Vektorr dibekali baterai berkapasitas 48 volt. Kecepatan tertinggi yang dicapainya tak kepalang galak yakni 45 km/jam. Sementara saat baterai terisi penuh, Vektorr dapat menempuh jarak hingga 95 km. Lebih dari cukup untuk menunjang kebutuhan transportasi di perkotaan. 

Baterai Husqvarna Vektorr

Husqvarna Vektorr ramah karena output tenaganya yang tidak terlalu besar.

Baca juga: Pabrikan Jepang dan Eropa Bentuk Konsorsium Standardisasi Baterai Motor Listrik, ke Depan Bakal lebih Murah?

Husqvarna Vektorr Menggunakan Baterai Swap

Memang tak ada detail lengkap tentang jenis baterai yang dipakai Husqvarna Vektorr. Meski begitu, kami menduga skuter listrik ini sudah memakai baterai model swappable. Tampaknya pula, pemasok output miliknya tersebut merupakan bentuk nyata dari konsorsium antara KTM, Piaggio, Yamaha dan Honda. Dan kita ketahui pula, KTM jua merupakan bagian dari Pierer Mobility. Artinya, sangat lumrah jika standardisasi baterai motor listrik tersebut turut disebar ke Husqvarna. 

Lantas, kapan Husqvarna Vektorr masuk jalur produksi. Sumber serupa menyebut, skuter listrik Husqvarna ini bakal diproduksi 2022. Konsumen di Kawasan Eropa seperti Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol tampaknya bakal mendapatkannya lebih dulu. Berkat desainnya ini, besar rasanya potensi Husqvarna Vektorr berkompetisi dengan skuter listrik lain yang sudah lebih duluan eksis. Begitu pula dari sisi harga andaikata benar ia dibuat di India.  
     
 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });