window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Konsumsi Bensin Honda Forza 250 2023 Tembus Segini, Irit atau Boros?

Harry · 23 Sep, 2022 15:30

Konsumsi Bensin Honda Forza 250 2023 Tembus Segini, Irit atau Boros? 01

Honda Forza 250 2023.
  • Mesin eSP+ berdampak pada efisiensi bahan bakar.
  • Menyentuh 30 km/liter.
  • Bahan bakar pakai oktan 92.

Seiring semakin mahalnya harga bahan bakar minyak, tentu berpengaruh pula pada pilihan motor yang akan dibeli. Tentunya jika menginginkan efisiensi bahan bakar, pilihannya adalah motor bebek atau motor matic entry level.

Tapi bagaimana jika ada niat untuk membeli motor matic 250 cc, apakah perlu memikirkan efisiensi bahan bakar juga? Tentu saja, meski menyasar kalangan menengah-atas, efisiensi masih jadi salah satu penilaian sebelum membeli.

Honda Forza 250 2023 sebagai salah satu pemain matic 250 cc bisa jadi pilihan nih, pasalnya efisiensinya masih terhitung wajar. Ini berdasarkan hasil pengetesan internal kami ya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Honda Forza 250 2022, Matic 250 yang Seharusnya Lebih Laris dari Yamaha Xmax 250!

Pakai Metode Full to Full

Pengetesan yang dilakukan yakni melintasi jalanan kota yang padat, termasuk saat jam sibuk. Beberapa kali juga motor dipakai berboncengan dan bermacet-macetan.

Konsumsi Bensin Honda Forza 250 2023 Tembus Segini, Irit atau Boros? 01

Kapasitas tangki 11,7 liter.

Namun juga dipakai sekali untuk melintasi jalan luar kota menuju Bogor dari Depok. Namanya motor matic gambot, tentunya harus dirasakan juga kenyamanannya untuk dipakai touring bukan?

Nah, hasilnya rata-rata bisa menempuh jarak 29,6 km/liter sampai 30 km/liter. Dengan catatan, bobot rider 75 kg berpostur 172 cm dan bahan bakar yang dipakai adalah oktan 92.

Konsumsi Bensin Honda Forza 250 2023 Tembus Segini, Irit atau Boros? 02

Konsumsi bahan bakar tembus 30 km/liter.

Spesifikasi Mesin Honda Forza 250 2023

Honda Forza 250 kini menggunakan mesin baru berteknologi eSP+ sama seperti Honda PCX 160 2021. Mesin ini menggunakan tensioner rantai keteng hidrolis, ada piston oil jet, terdapat balancer juga untuk membuat kinerjanya halus.

Karakter mesinnya juga berubah, dibuat over stroke dengan konfigurasi piston 67 mm dan langkah piston 70,7 mm. Beda jauh dari mesin model sebelumnya yang andalkan piston 68 mm dan langkah 68,5 mm.

Baca juga : Kepoin Tombol Saklar di Honda Forza 2022, Bisa Atur Windshield Sampai Kontrol Traksi

Konsumsi Bensin Honda Forza 250 2023 Tembus Segini, Irit atau Boros? 03

Mesin eSP+ lebih efisien nih!

Pendinginan mesin juga diklaim lebih baik karena posisi radiator yang tadinya berada tepat di depan mesin, kini dipindah di belakang roda depan. Pastinya supaya lebih mudah menangkap udara.

Spesifikasi mesinnya sendiri 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dan berkapasitas 249 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 23,1 PS di 7.750 rpm dan torsi 24 Nm di 6.250 rpm.

Irit gak?

Spesifikasi Honda Forza 250 2023
Dimensi
P x L x T 2.142 x 750 x 1.360 mm
Sumbu Roda 1.510 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 186 kg
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 249 cc
Diameter x Langkah 67 x 70,7 mm
Rasio Kompresi 10,2 : 1
Starter Elektrik
Tenaga Maksimal 23,1 PS @ 7.750 rpm
Torsi Maksimal 24 Nm @ 6.250 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });