window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya

Fariz · 9 Mar, 2023 09:00

Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya 01

Jejeran motor yang sudah dikonversi ke listrik.
  • Target konversi motor listrik tahun 2023 mencapai 50 ribu unit
  • Elders Garage dan BRT jadi bengkel tersertifikasi untuk konversi

Belum lama ini pemerintah baru saja mengumumkan perihal subsidi untuk motor listrik, yakni Rp 7 juta baik untuk pembelian motor listrik maupun untuk konversi motor bensin menjadi listrik.

Subsidi yang sudah disahkan oleh pemerintah ini cukup disambut positif oleh para masyarakat juga para pelaku bengkel konversi motor listrik. Karena dengan ini peralihan kendaraan bensin menjadi listrik akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Program yang akan dimulai pada 20 Maret 2023 ini akan memberikan bantuan Rp 7 juta untuk 200.000 unit kendaraan motor listrik baru di 2023 dan bantuan konversi Rp 7 juta sebanyak 50.000 unit di 2023.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Program ini cukup bagus, karena untuk mempercepat kendaraan konversi memang diperlukan subsidi, sehingga penyerapan di masyarakat juga tidak berat ketika ingin mengkonversi kendaraannya.  Secara nilai Rp 7 juta itu sudah cukup,” sebut Heret Frasthio punggawa Elders Garage.

Baca juga: Mesin Lebih Halus, Honda Vario 150 Bekas Jadi Incaran, Segini Harganya

Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya 01

Vespa yang dikonversi menjadi listrik garapan Elders Garage.

Agar proses konversi bisa berjalan dengan aman, pemerintah pun memberikan sertifikasi terhadap bengkel konversi dengan persyaratan-persyaratan tertentu. Tujuannya tentu agar konsumen merasa aman saat konversi karena dilakukan oleh para tenaga ahli dan alat yang mumpuni.

Per bulan Februari 2023 tercatat sudah ada 22 bengkel konversi motor listrik di Indonesia dan akan terus bertambah. Beberapa bengkel konversi motor listrik yang sudah bersertifikasi adalah Elders Garage dan Bintang Racing Team (BRT).

Elders Garage

Bengkel yang berpusat di Smesco Indonesia, Pancoran, Jakarta Selatan ini jadi bengkel konversi motor listri yang berfokus pada konversi Vespa. Karena ternyata permintaan untuk konversi Vespa listrik cukup banyak.

“Saat ini permintaan paling besar di kami itu Vespa dan Honda C70. Produk terakhir kami yang sudah R&D dan sudah jadi unitnya KLX 150. Ada juga konversi motor roda 3, kemarin sudah kami kerjakan dengan basic TVS Cargo,” sambung Heret.

Baca juga: Penawaran Maret Ini, Vespa Batik Diganjar Diskon Belasan Juta!

Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya 02

Perangkat yang digunakan Elders Garage utuk konversi Vespa listrik

Elders Garage sendiri memiliki paket konversi listrik yang beragam, terutama untuk Vespa. Ada paket Duro, Speedster, dan Speedster+ yang mana punya range harga mulai Rp 18,5 juta hingga Rp 31,2 juta.

“Lama pengerjaan konversi ini cuma 3 jam ya. Sekali pengecasan baterai sampai penuh butuh daya 250 watt, kurang lebih Rp 2.500 untuk jarak tempuh sekitar 60 km,” jelas pria yang juga merupakan fotografer profesional ini.

Untuk melebarkan sayapnya di bidang konversi motor listrik, Elders Garage pun membuka kemitraan untuk para bengkel yang berminat dalam peralihan mesin bensin ke mesin listrik ini.

Bintang Racing Team (BRT)

Berikutnya ada pabrikan yang sudah lama berkecimpung di bidang aftermarket sepeda motor Indonesia, sebagian besar komponen yang dibuatnya difokuskan untuk menaikan performa mesin.

Baca juga: Cek Plus-Minus Honda Spacy Bekas, Motor Nyaman yang Kalah Pamor

Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya 03

Supra X 125 jadi salah satu motor yang bisa dikonversi BRT.

Bermarkas di Jl. Raya Sirkuit Sentul, Bogor bisa dikatakan kalau BRT cukup gencar menggaungkan konversi motor listrik. Bahkan BRT tidak hanya mengubah motor bermesin bensin menjadi listrik, tapi juga memproduksi perangkat elektroniknya.

Seperti ECU atau controller yang diberi nama Juken 10, kemudian ada mesin listrik mid drive dengan kekuatan 2 kW dan 3 kW. Berikutnya mereka juga membuat paket untuk banyak tipe motor mulai dari matic, bebek, hingga sport 150 cc.

“Saat ini sudah ada 27 tipe motor yang bisa kami konversi, kebanyakan bebek dan matic.  Seperti Honda BeAT, Yamaha Jupiter Z1, Jupiter Z, XSR150, Honda Tiger, dan masih banyak lagi.”

“Target saya sampai 100 tipe, karena memang tipe motor di Indonesia ini kan banyak banget, sedangkan konversi ini gak bisa universal. Jadi bracketnya kan beda-beda, begitu juga kabel bodi yang berbeda,” ujar Tomy Huang owner BRT.

Baca juga: Yamaha Kenalkan Performance Damper Untuk XMax, Cegah Godek Harga Rp 3 Juta!

Konversi Motor Bensin ke Listrik Disubsidi Rp 7 Juta, Ini Bengkel Rekomendasinya 04

Tangki bensin dan bagasi digunakan untuk menyimpan komponen kelistrikan juga baterai

Karena tiap tipe motor sudah dibuatkan terlebih dulu paketan konversi motor listriknya, maka pengerjaan dalam mengubah mesin bensin ke elektrik ini jadi lebih singkat

Tomy menjelaskan kalau proses konversi dari motor utuh, trondol, hingga menjadi elektrik dan bisa jalan hanya memakan waktu maksimal 1 jam. Konversinya sudah bisa dilakukan di bengkel binaan konversi BRT Electric yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Saat ini bengkel rekanan konversi BRT sudah ada 240 bengkel di seluruh Indonesia. Paket konversi menggunakan mesin listrik 2 kW Rp 7,5 juta diluar baterai dan yang 3 kW Rp 10,5 juta diluar baterai. Baterainya itu sekitar Rp 8,5 juta,” rincinya.

Tertarik?

Elders Garage: 0812-8174-7460

BRT: 0822-8109-5233 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });