window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

KTM Duke 200 2021 bakal Masuk Indonesia, Yakin Tetap Kepincut Yamaha MT-15?

Ary · 1 Apr, 2021 17:00

Buat motoris muda penggemar naked bike, Yamaha MT-15 memang menggoda lantaran menyuguhkan tampang nan nyentrik. Namun, penawaran desain serta harga darinya juga selevel dengan KTM Duke 200. Ya, sebuah situasi yang 'memaksa' Anda untuk menimbang lebih dalam untuk menentukan pilihan. 

Termasuk halnya Anda yang terlanjur kepincut dengan Yamaha MT-15 2021. Penyajian dari KTM Duke 200 2021 ini pantas ditilik lebih jauh. Terlebih sudah tersiar kabar, versi teranyarnya itu bakal masuk ke Indonesia tahun ini. 

KTM Duke 200 2021

Belum lama ini KTM Duke 200 2021 hadir di Malaysia.

Desain Baru KTM Duke 200 2021

Tentu saja giat tersebut bakal dilakukan PT Penta Jaya Laju Motor, selaku pemegang merek. Sorotan utama jelas tertuju kepada desain barunya. KTM Duke 200 2021. Desain lampu utama tunggal tetap dipertahankan, termasuk penggunaan jenis lampu halogan. Namun, bagian ini dikawal daytime running light (DRL) LED dengan pola seperti bumerang. 

Ubahan mencolok pada KTM Duke 200 2021 begitu terasa pada area shroud. Panel bodi yang sekaligus membungkus tangki bensin, memiliki tarikan garis lebih tajam. Yup, tak ubahnya dengan penyajian pada KTM Duke 250 atau KTM Duke 390 2021. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Desain KTM Duke 200 2021

Unik, DRL LED kepunyaan KTM Duke 200 2021 berbentuk seperti bumerang.

Baca juga: Daftar Harga Sepeda Motor KTM

Lantas lampu belakang. Tidak seperti unit eksis di Indonesia, lampu rem Duke 200 2021 tampak terpisah menjadi dua bagian. Sekilas mengingatkan kami dengan bentukan milik Bajaj Pulsar 180. Kesamaan itu wajar, mengingat KTM Duke 200 memang diproduksi oleh Bajaj di India sana.  

Perbedaan Impresi Berkendara

Secara dimensi mestinya tak berbeda jauh dengan model pendahulu. Rancang bangun KTM Duke 200 2021 tetap menunjang pemiliknya untuk berkendara gagah layaknya street fighter. Akan tetapi, perbedaan impresi tetap terasa. Selain desain shroud baru, tangki bensin KTM Duke 200 2021 memiliki kapasitas 13 liter. Bertambah 3 liter dari KTM Duke 200 (10 liter).

Selain itu pula, ada perubahan pada ketinggian jok. KTM Duke 200 model baru disetel 823 mm, sementara model lama adalah 800 mm. Begitu juga dengan ground clearance. Jarak kolong pada Duke 200 2021 lebih rendah (155 mm) dibanding sebelumnya (170 mm).

Posisi berkendara KTM Duke 200 2021

Bagian tangki KTM Duke 200 2021 lebih gemuk dengan bertambahnya daya tampung bensin.

Baca juga: Harga Aprilia RS 660 2021 cuma Rp200 Jutaan, Ancaman Serius buat Big Bike Jepang

Dikatakan pula terdapat pengembangan pada panel meter. Kemungkinan besar pabrikan hanya mengganti LCD-nya saja, mengingat informasi digital yang terdapat di dalamnya masih sama seperti Duke 200 sebelumnya. Sebut saja penampang untuk spidometer, takometer, trip meter, odometer, jam hingga kapasitas tangki bensin. 

KTM Duke 200 2021 makin Berat

Penambahan tangki bensin tadi pun nyatanya berpengaruh terhadap penambahan bobot KTM Duke 200 2021. Namun, cukup mengejutkan karena kenaikannya sangat signifikan. KTM Duke 200 sekarang hanya 129,5 kg. Tapi, versi berat tubuh versi terbaru ini bisa mencapai 150,3 kg (dry weight)!

Selain dari tangki bensin, sepertinya ada material baru yang digunakan KTM pada Duke 200 terbaru ini. Sayang, tak ada penjelasan soal sumber pasti dari penambahan beratnya ini. 

Spesifikasi KTM Duke 200 2021

Meski lebih berat, dimensi KTM Duke 200 2021 tetap kompak.

Baca juga: Muncul Yamaha R9 Berbasis MT-09? Bakal jadi Opsi Murah di Segmen Big Bike

Mesin KTM Duke 200 2021 sudah Euro 5

Secara logika, performa KTM Duke 200 2021 akan terkoreksi dengan mesin tetap mengusung mesin yang sama seperti Duke 200 2020. Jantung mekanis KTM Duke 200 2021 tetap satu silinder, berkapasitas 199,5 cc. 

Termasuk pula perancangan bore x stroke yang dipatok 72 x 49 mm seperti KTM Duke 200 versi 2020. Artinya, bakal sama pula output yang dihasilkan, di mana Duke 200 2021 punya capaian daya 25,3 PS @10.000 rpm dan torsi 19,2 Nm @8.000 rpm. Performa tersebut terlarus ke roda belakang melalui transmisi enam percepatan. 

Mesin KTM Duke 200 2021

Walau tak ada perubahan data, mesin KTM Duke 200 2021 sudah Euro 5.

Satu perbedaan yang terdapat di mesin baru ini adalah terdapatnya catalytic converter demi menyesuaikan emisi gas buangnya menjadi Euro 5. Sementara Duke 200 yang ada saat ini ada di Indonesia, masih Euro 4.

Kaki-kaki Mumpuni daripada Yamaha MT-15 2021

Selain penambahan itu, tak ada lagi perubahan pada KTM Duke 200 2021. Sebut saja kaki-kaki. Penggunaan fork up-side down (USD) 43 mm dan monoshock keluaran WP Suspension tetap dijadikan pilihan utama. 

Usungan tersebut kemudian dipadu dengan penggunaan ban 110/70-17 dan 150/60-17 (depan-belakang). Untuk pengereman pun demikian. KTM Duke 200 2021 masih mengandalkan cakram berukuran 300 mm dan 230 mm di kedua roda, berpelengkap anti-lock braking system (ABS). 

Baca juga: Ungkap Lima Hal Paling Menarik dari Yamaha MT-15 2021

KTM Duke 200 2021 ABS

Pengereman KTM Duke 200 2021 sudah dilengkapi ABS dua kanal.

Coba sandingkan dengan kepunyaan Yamaha MT-15 2021. Ukuran ban, terutama belakang sedikit lebih kecil dari Duke 200. Lalu pengereman yang belum dilengkapi ABS. Desain kaki-kaki Duke 200 bahkan agak antimainstream. Tengok saja bagian lengan ayun bak terbalik itu. Menambah kesan kekar pada motor ini. 

Kesimpulan

Satu-satunya kelemahan KTM Duke 200 2021 dibanding Yamaha MT-15 adalah soal bobot. Seperti kami sebutkan tadi, Duke 200 terbaru mengalami penambahan bobot. Sementara MT-15 hanya memiliki berat total 133 kg saja. 

Namun jangan lupa, KTM Duke 200 punya kubikasi mesin lebih besar dari rival asal Yamaha. Meski begitu, baik KTM Duke 200 maupun Yamaha MT-15 sudah dilengkapi dengan Assist And Slipper Clutch. Dengan begitu, pengoperasian kopling menjadi enteng. Dan, pengendaranya bisa terhindar dari gejala roda belakang terkunci saat melakukan downshift secara cepat. 

Impresi Berkendara KTM Duke 200 2021

Meski tembah berat, akselerasi KTM Duke 200 2021 tetap baik dengan mesin satu silindernya.

Pada akhirnya, tinggal melihat saja, berapa harga KTM Duke 200 2021 ini dipasarkan pemegang merek KTM di Indonesia nantinya. Untuk diketahui, harga KTM Duke 200 saat ini dipatok Rp38 juta. Tentu akan menarik jika banderolnya nanti tak jauh dari itu. Dengan begitu, tetap berdampingan dengan Yamaha MT-15 yang dijual Rp37,1 juta. 

Spesifikasi KTM Duke 200 2021
Jarak roda 1.357 mm
Dimensi  2.002 x 873 x 1.274 mm
Tinggi jok 823 mm
Kapasitas bahan bakar 13 liter
Dry weight 150,3 kg
Tipe Single Cylinder, Liquid Cooled
Pemindahan 199.5 cc
Bore x stroke 72 x 49 mm
Tenaga maksimal 25,3 PS @10.000 rpm
Torsi maksimum 19,2 @ 8.000 rpm
Fuel System  Injection
Cooling Systrem  Liquid Cooling System, Continuous Circulation of Cooling Liquid with Water Pump
Transmission 6-speed
Kopling Assist and Slipper Clutch
Final drive Chain
Frame Trellis
Suspensi depan USD 43 mm WP Suspension
Suspensi belakang Monoshock WP Suspension
Roda depan 110/70-R17
Roda belakang 150/60-R17
Rem depan 300mm Single Disc, ABS
Rem belakang 230mm Single Disc, ABS

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });