window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit?

Harry · 12 Mei, 2023 15:30

Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit? 01

Honda Supra GTR 150 dan Yamaha MX King 150.
  • Tenaga dan torsi unggul Honda Supra GTR 150.
  • Yamaha MX King 150 punya top speed lebih tinggi.

Persaingan antara Yamaha MX King 150 dan Honda Supra GTR 150 bisa dikatakan tak pernah surut. Keduanya tetap berkompetisi, meski segmen motor bebek semakin menciut.

Keduanya tetap punya pangsa pasar sendiri, yakni kaum hobi yang suka mengendarai motor bebek dengan kopling manual. Kemudian motor ini juga kerap dijadikan kuda pacu untuk trackday di sirkuit.

Tak heran memang, keduanya ditunjang performa mesin yang mumpuni. Kapasitasnya 150 cc, yang sama-sama diambil dari motor tipe sport, dari masing-masing merek.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi kalau boleh diadu, siapa sih paling gesit dalam berakselerasi?

Spesifikasi Mesin Honda Supra GTR 150 Lebih Unggul

Bicara dapur pacu yang diusungnya, keduanya beda spesifikasi. Tapi banyak yang menyebut dalam hal ini, mesin dari Honda Supra GTR 150 lebih unggul dari lawannya tadi.

Baca juga : Menjajal Honda Supra GTR 150, Si Bebek Super Yang Responsif!

Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit? 01

Mesin 150 cc DOHC jadi andalan Honda.

Ini karena output yang dihasilkan ternyata memang lebih besar, yakni 16,3 PS di 9.000 rpm juga torsi maksimal mencapai 14,2 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Spesifikasi mesinnya sendiri 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan, 149,16 cc dengan ukuran piston 57,3 mm dan langkah piston 57,8 mm, dengan transmisi manual 6 percepatan.

Berbeda dengan Yamaha MX King 150 yang output maksimalnya 15,3 PS di 8.500 rpm serta torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm. Artinya ada selisih tenaga 1 PS dan torsi 0,4 Nm diantara keduanya nih!

Baca juga : Punya Warna Baru, Harga Yamaha MX King 150 2023 Kini Rp 25,86 Juta

Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit? 02

Mesin MX King 150.

Yamaha MX King 150 mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57 mm dengan langkah piston 58,7 mm, transmisinya manual namun masih 5 percepatan.

Akselerasi Nyaris Seimbang

Nah, saat keduanya diambil data akselerasi menggunakan alat ukur berbasis satelit, yakni Racebox, hasilnya terpaut tipis saja untuk keunggulan Honda Supra GTR 150. Misal akselerasi 0-60 km/jam beda 0,04 detik.

Kulik Akselerasi Yamaha MX King 150 VS Honda Supra GTR 150, Siapa Lebih Gesit? 03

Motor bebek super masih banyak penggemarnya.

Lalu untuk 0-100 meter beda 0,24 detik. Tapi uniknya, soal top speed pada Racebox, Yamaha MX King 150 justru unggul tipis dengan 123,4 km/jam berbanding 122,3 km/jam.

Karena secara performa beda tipis, maka hal lain seperti fitur, kenyamanan dan harga bisa jadi pengaruh lain saat menentukan pilihan diantara keduanya.

Nah, untuk data selengkapnya bisa lihat tabel di bawah ini.

Baca juga : Pilihan Bebek Super, Antara Yamaha MX King 150 2023 atau Honda Supra GTR 150 2023?

Data Akselerasi
  Honda Supra GTR 150 Yamaha MX King 150
0-60 km/jam 4,03 detik 4,17 detik
0-80 km/jam 6,96 detik 7,04 detik
0-100 km/jam 12,45 detik 12,21 detik
0-100 meter 6,82 detik @78,6 km/jam 7,03 detik @79,9 km/jam
0-201 meter 10,92 detik @95,5 km/jam 11,07 detik @96,8 km/jam
0-402 meter 17,88 detik @109,1 km/jam 17,97 detik @112,9 km/jam
Top speed
Spidometer 133 km/jam 134 km/jam
Racebox 122,3 km/jam 123,4 km/jam

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });