window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Kymco Investasi di LiveWire, Bikin Motor Listrik Buatan Harley-Davidson Makin Populer di Asia

Adit · 18 Des, 2021 09:00

Kymco Investasi di LiveWire, Bikin Motor Listrik Buatan Harley-Davidson Makin Populer di Asia 01

Motor listrik LiveWire buatan Harley-Davidson.
  • Kymco memiliki saham di LiveWire
  • LiveWire didirikan Harley-Davidson untuk fokus dalam pengembangan motor listrik

Kymco Group mengumumkan bahwa telah berinvestasi di LiveWire, anak perusahaan sepeda motor Harley-Davidson yang fokus pada pengembangan motor listrik dengan nilai 100 juta dolar AS. LiveWire sudah berstatus go public melalui merger di New Yorsk Stock Exchange bersama perusahaan akuisisi AEA-Bridges Impact Group (ABIC). 

Baca Juga: Kymco Like 150 S 2022 Dirilis, Lebih Sporty dari Model Sebelumnya

Lewat kerjasama ini, maka perusahaan motor asal Taiwan itu memegang sekitar 4 persen dari ekuitas LiveWire. Nilai perusahaan yang dibentuk Harley-Davidson tersebut diperkirakan memiliki nilai 2,3 miliar dolar AS. 

Dana yang dikumpulkan perusahaan cukup untuk rencana strategis memasuki pasar kendaraan listrik, termasuk mempercepat pengembangan pasar, produk, maupun manufaktur global serta peningkatan pemasaran. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kymco Investasi di LiveWire, Bikin Motor Listrik Buatan Harley-Davidson Makin Populer di Asia 01

Kymco kini memiliki saham di LiveWire.

Ditambah kemitraan bersama Kymco, maka peluang LiveWire untuk dikenal makin luas khususnya di Asia semakin terbuka lebar. Pasalnya selama ini, popularitas LiveWire masih terbatas di Eropa maupun Amerika Serikat. 

Buah dari kerjasama ini memungkinkan LiveWire dapat memanfaatkan keahlian teknis, kapasitas produksi, jaringan distribusi, infrastruktur, supplier vendor, dan kemampuan logistik global yang dimiliki Kymco. Sehingga rencanya besarnya menjadikan LiveWire sebagai pemimpin industri motor besar bertenaga listrik. 

Kymco Investasi di LiveWire, Bikin Motor Listrik Buatan Harley-Davidson Makin Populer di Asia 02

Kolaborasi Kymco dan LiveWire supaya motor listrik buatan 'HD' populer di Asia.

CEO Kymco Group, Allen Ko menyambut baik kolaborasi ini. Yang membuat Kymco memiliki kesempatan bekerja sama dengan Harley Davidson di bidang motor besar berdaya listrik. LiveWire dikatakannya mewarisi sejarah panjang Harley sehingga tak perlu diragukan lagi soak kemampuannya di pengembangan budaya roda dua.

"Saya percaya bahwa melalui kerjasama strategis dengan Kymco, LiveWire dapat mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik dan mendorong transformasi industri pasar global. Sebagai satu-satunya mitra strategis, Kymco memiliki kemampuan teknis kendaraan listrik yang telah diakui secara internasional," katanya dalam keterangan resmi, Jumat (17/12). 

Kymco Investasi di LiveWire, Bikin Motor Listrik Buatan Harley-Davidson Makin Populer di Asia 03

Kymco investasi di LiveWire senilai 100 juta dolar AS.

Siapa dan Apakah Itu LiveWire?

Sekilah mengenai LiveWire, merupakan perusahaan yang didirikan Harley-Davidson sepuluh tahun yang lalu. Fokusnya pada pengembangan kendaraan listrik roda dua. Prototipenya dikenalkan pertama kali pada 2014 lalu, jantung pacu termasuk controller dan motor listriknya disuplai oleh perusahaan Mission Motors. 

Kymco Investasi di LiveWire, Bikin Motor Listrik Buatan Harley-Davidson Makin Populer di Asia 04

Serial Long Way Up gunakan motor listrik LiveWire.

Kemudian pada 2018, perusahaan mengumumkan bahwa motor listrik LiveWire masuk dapur produksi dan siap dipasarkan dalam waktu 18 bulan. Pemesanan unitnya pun dilakukan pada Januari 2019. Sayangnya ketika pengiriman unit telah dilakukan pada September 2019, distribusinya dihentikan sementara karena kendala teknis terkait masalah pengisian daya baterai. 

Untuk mempopulerkan motor listrik LiveWire, produk tersebut digunakan oleh duo petualang Ewan McGregor dan Charlie Boorman dalam petualangan Long Way Up, dari Amerika Selatan ke Amerika Utara sejauh 20 ribu km, melintasi 13 negara, dan selama lebih dari 100 hari. Misinya juga untuk membuktikan bahwa motor listrik juga bisa digunakan untuk menjelajah jarak jauh. 

Baca Juga: Skutik Kymco Ini bikin Minder Honda BeAT dan Yamaha Gear 125

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });