Lagi-lagi Ada Motor Cina Mirip Honda ADV 150, Ini Dia Sanye 150 ADV

Ary · 28 Sep, 2021 13:10

Desain Honda ADV 150 sukses menginspirasi pabrikan lain, utamanya asal Tiongkok. Terbukti, produk dengan desain identik motor Honda bermunculan dan ramai diperbincangkan. Tak berhenti di situ. Nyatanya, masih ada lagi motor Cina yang dibuat mirip seperti Honda ADV 150. 

Adalah Sanye 150 ADV yang kali ini kedapatan menirukan gaya tualang Honda ADV 150. Meski demikian, wajah motor Cina ini justru cenderung mengikuti fasad Honda X-ADV. Tentu dengan beberapa perbedaan, misalnya saja pada sektor penerangan utama.

Tiruan Honda ADV 150 Sanye 150 ADV

Meski terkesan meniru desain Honda ADV 150, motor matic Cina bernama Sanye 150 ADV justru memiliki wajah mirip Honda X-ADV. Foto: Greatbiker.

Baca juga: Bikin Heboh, 10 Motor Kopian asal Cina ini Sudah Beredar di Jalanan!

Walau tak ada keterangan detail, terlihat jelas bahwa lampu utama Sanye 150 ADV sudah LED dan berpelengkap daytime running light (DRL) jenis serupa. Dirinya juga sudah memiliki windscreen berukuran lumayan besar. 

Kesamaannya dengan Honda ADV 150 baru terasa saat perhatian bergeser ke area kemudi. Setang Sanye 150 ADV juga didesain telanjang. Lantas panel bodi samping, sekilas memiliki gaya desain yang selaras dengan Honda ADV 150. 

Desain Tiruan Honda ADV 150

Sanye 150 ADV menggunakan suspensi belakang model subtank seperti Honda ADV 150.

Baca juga: Daftar Motor Cina Yang Sempat Eksis di Indonesia, Ada Sanex, Jialing Sampai Zhongshen

Menggunakan Suspensi Subtank Seperti Honda ADV 150

Demikian pula pada kaki-kaki. Bentuk knalpot menjulang pada Sanye 150 ADV juga setali tiga uang. Terlebih lagi suspensi belakang subtank yang lagi-lagi sama persis dengan penawaran Honda ADV 150. Masih kurang? Ban dual purpose berukuran belang pun dipilih menjadi sepatu motor buatan Cina ini.

Bukan semata desain dan tampilan. Sanye 150 ADV juga mestinya selevel dalam hal performa. Sayang, tak ada keterangan resmi meski kuat dugaan motor dirinya turut pula menggendong mesin satu silinder 150 cc. Teruntuk penyalur output ke roda belakangnya pun sama-sama menggunakan CVT. 

Sanye 150 ADV

Kabarnya Sanye 150 ADV hanya tersedia untuk pasar domestik Cina saja.

Baca juga: Tiruan Honda ADV150 Asal Cina masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia juga?

Jika pun berkaca kepada kemampuan, Honda ADV 150 mampu memuntahkan tenaga 14,5 PS pada putaran 8.500 rpm, dengan torsi mencapai 13,8 Nm pada 6.500 rpm. Meski begitu, kecil kemungkinan Sanye 150 ADV bertarung dengan Honda ADV 150. 

Menukil keterangan beberapa sumber, Sanye 150 ADV hanya dijual untuk pasar domestik Cina saja. Pasalnya, sampai saat ini Honda ADV 150 belum tersedia di pasar domestik Tiongkok.  

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

Komentar