window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Lampu Check Engine Honda Vario 150 Nyala Jangan Panik, Ini Arti Kedipannya

Fariz · 4 Jun, 2023 08:00

Lampu Check Engine Honda Vario 150 Nyala Jangan Panik, Ini Arti Kedipannya 01

Ilustrasi indikator check engine Honda Vario 150 berkedip
  • Tiap kedipan memiliki indikasi kerusakan yang berbeda.
  • Segera lakukan pengecekan ke bengkel untuk meminimalisir kerusakan lainnya.

Beda dengan motor tipe karburator yang tiap komponennya tidak selalu berkaitan, motor dengan teknologi fuel injection sepeti Honda Vario 150 (Spesifikasi | Berita) punya otak yang biasa disebut ECM (Engine Control Module) atau ECU (Engine Control Unit).

Tugas dari ECU ini membaca seluruh pergerakan serta performa mesin dari sensor yang sudah disematkan di berbagai tempat.

Semakin banyak sensor yang digunakan maka kinerja mesin akan lebih optimal, namun bisa membuat harga produksi jadi lebih mahal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dari hasil pembacaan sensor tersebut, ECU akan mengatur kinerja mesin secara optimal sesuai dengan mapping yang sudah dibuat oleh para tim teknisi tiap pabrikan sepeda motor.

Karena banyak sekali sensor pada mesin, maka motor dengan sistem fuel injection lebih pintar dalam mendeteksi masalah baik pada mesin maupun kelistrikan yang ditandai dengan beberapa sinyal.

Baca juga: Harga Beda Tipis, Ini Daya Tarik Honda Scoopy Ketimbang Vario 125

Lampu Check Engine Honda Vario 150 Nyala Jangan Panik, Ini Arti Kedipannya 01

Salah satu skema sistem kerja PGM-FI pada motor Honda

Untuk motor yang dilengkapi dengan layar digital pada spidometer, biasanya kode kerusakan akan langsung ditampilkan dengan angka, tapi jika belum maka menggunakan kode kedipan pada indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp) atau check engine.

Ada 8 Kode Kedipan Honda Vario 150

Salah satu yang mengandalkan kode kedipan pada MIL adalah Honda Vario 150, kurang lebih ada 8 kode kedipan MIL pada Vario 150 yang rasanya perlu diketahui oleh para pemiliknya.

“Ada yang masih bisa jalan karena PGM-FI kita ada fitur Fail-safe demi keamanan dan ada juga yang mesinnya tidak bisa dihidupkan,” sebut Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

Seperti 7 kali kedipan indikator MIL yang berarti ada kegagalan fungsi pada rangkaian sensor ECT (Engine Coolant Temperature), gejala yang ditimbulkan adalah mesin sulit dihidupkan dalam keadaan dingin.

Baca juga: Honda CB650R 2023 Kini Bertema Black Edition, Harga Rp 291 Jutaan

Lampu Check Engine Honda Vario 150 Nyala Jangan Panik, Ini Arti Kedipannya 02

Tiap kedipan menunjukan kerusakan yang berbeda

Kemudian ada kedipan terbanyak, mencapai 91 kedipan yang menunjukan kegagalan fungsi pada Ignition Coil rangkaian primer, gejala yang ditimbulkan adalah mesin tidak dapat dihidupkan.

“Ketika indikator MIL berkedip maka perlu diperiksa untuk memastikan apakah ada kabel yang putus, konslet, atau komponen terkaitnya,” tambah Reza.

Jika mengalami kondisi hingga mesin tidak bisa dihidupkan, kabar baiknya bisa menghubungi bengkel AHASS terdekat atau manfaatkan layanan Home Service atau Servis Kunjung.

Daftar lengkap tanda kedipan pada Vario 150 bisa lihat pada tabel di bawah ini:

Arti Kedipan MIL Honda Vario 150
Kedipan Kerusakan Gejala
7 Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor ECT Gejala mesin sulit dihidupkan dalam keadaan dingin
8 Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor TP Gejala akselesari mesin kurang responsif
11 Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor kecepatan kendaraan

Gejala mesin bekerja normal namun fungsi ISS dan speedometer tidak bekerja.

12 Kegagalan fungsi pada rangkaian injektor Gejala motor tidak dapat dihidupkan
21 Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor O2 Mesin tetap bekerja normal
33 Kegagalan fungsi ECM Gejalan putaran stasioner tidak stabil
52 Kegagalan fungsi pada rangkaian sensor CKP Gejala mesin tidak dapat dihidupkan
91 Kegagalan fungsi pada Ignition Coil rangkaian primer Gejala mesin tidak dapat dihidupkan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });