window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022?

Harry · 31 Mei, 2022 13:00

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022? 01

Mana paling irit diantara keduanya?
  • Honda PCX 160 2022 pakai mesin baru berteknologi eSP+.
  • Yamaha NMax 155 2022 andalakan jantung pacu Blue Core.
  • Keduanya diuji menggunakan BBM ron 92.

Seiring semakin mahalnya harga bahan bakar, terutama jenis non subsidi RON 92 ke atas, banyak masyarakat yang menginginkan motor dengan konsumsi bahan bakar yang hemat. Pabrikan pun sudah banyak berbenah agar kinerja mesin racikannya lebih efisien.

Selain segmen motor matic entry level yang memang difokuskan untuk efisiensi penggunaan harian, ada pula segmen premium yang disukai masyarakat. Tentu konsumsi bahan bakar juga jadi pertimbangan meski bukan yang utama.

Saat ini matic segmen premium yang bersaing sengit ada Honda PCX 160 2022 dan Yamaha NMax 155 2022. Keduanya menawarkan kenyamanan berkendara baik untuk dalam kota atau jarak jauh, bagi para penghobi touring.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi bagaimana dengan efisiensi bahan bakarnya? Yuk kita cari tahu bersama-sama.

Penggunaan Harian Rute Kombinasi

Keduanya pernah kami uji untuk penggunaan harian di dalam kota, yang bisa menjadi gambaran jika motor ini akan seirit apa jika dipakai sehari-hari. O iya, karakter pengendaranya normal.

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022? 01

Honda PCX 160 2022 andalkan mesin baru.

Dalam artian, jika bertemu jalan kosong motor akan dipacu dengan kecepatan agak tinggi, dan kerap bertemu dengan jalanan padat juga pastinya. Ya seperti penggunaan wajar sehari-hari.

Bahan bakar yang dipakai RON 92. Bobot rider sendiri saat pengetesan dikisaran 96 kg, dengan tinggi badan 172 cm. Metode pengukuran yang digunakan full to full. Hasilnya?

Baca juga : Lawan Semakin Tangguh, Ini Ragam Jurus Sakti Yamaha Nmax 155 2021 Untuk Hadapi Honda PCX 160 2021

Iritnya Beda Tipis

Honda PCX 160 2022 yang mengusung mesin baru mampu mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 42 km/liter. Sementara pada layar panel meter, tertulis angka 39,3 km/liter.

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022? 02

Yamaha NMax 155 2022 beda karakter mesin dari generasi lama.

Sementara itu Yamaha NMax 155 2022 agak sedikit lebih boros dengan raihan 37 km/liter, namun angka pada layar panel meter tertulis 42 km/liter. Artinya ada selisih 5 km lebih irit Honda PCX 160 2022.

Mesin eSP+ dipadu kapasitas mesin yang membesar jadi 157 cc, ternyata mampu menjaga efisiensi mesin, tanpa mengorbankan performa. Mesin tersebut memiliki spesifikasi 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan.

Baca juga : Test Ride Lengkap Honda PCX 160 2022, Ketahui Plus-Minusnya Sebelum Beli

Karakter mesinnya over bore, dengan diameter piston 60 mm dan langkah piston 55,5 mm. Ini untuk memberi ruang untuk empat buah katup tadi, sehingga ukuran mesin bisa tetap ringkas.

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022? 03

Mesin eSP+.

Sistem tensioner rantai keteng juga sudah tipe hidrolis, dan pelumasan piston langsung yang disebut oil jet piston. Tenaga yang mampu dihasilkan 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Sementara itu Yamaha NMax 155 2022 masih memiliki spesifikasi mesin yang relatif mirip dengan generasi sebelumnya, yakni 4-TAK, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan sokongan teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

Jeroan mesinnya pun banyak berubah, misal diameter klep masuk diperbesar dari sebelumnya 19,5 mm sekarang menjadi 20,5 mm. Lalu piston pun comot milik Yamaha YZF-R15 V3 yang kepala pistonnya lebih rata.

Baca juga : Test Ride Yamaha Nmax 155 2021, Sukses Menjawab Kritikan Konsumen?

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022? 04

Mesin Blue Core Yamaha NMax 155 2022.

Output yang dihasilkan 15,3 PS di 8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm. Tenaganya naik 0,3 PS meski torsi sedikit turun sebesar 0,5 Nm dari generasi sebelumnya.

Kesimpulan

Soal efisiensi bahan bakar, keduanya masih relatif irit dengan selisih tipis, hanya 5 km/liter saja. Begitu pula soal kinerja mesin yang rasanya pun masih mirip-mirip, meski berbeda karakternya.

Mana Lebih Irit, Honda PCX 160 2022 atau Yamaha NMax 155 2022? 05

Kedua merupakan kompetitor sengit.

Yang jelas keduanya mampu menyuguhkan efisiensi bahan bakar, meski memiliki kubikasi mesin besar serta bobot yang berat. Jadi yang mana pilihan kalian?

Data Spesifikasi Yamaha Nmax 155 VS Honda PCX 160 2021
  Yamaha Nmax Honda PCX
P x L x T 1.935 x 740 x 1.160 mm 1.936 x 742 x 1.108 mm
Sumbu Roda 1.340 mm 1.313 mm
Tinggi Jok 765 mm 764 mm
Jarak Terendah 124 mm 135 mm
Kapasitas Tangki 7,1 liter 8,1 liter
Berat

130 (STD & Connectd)

132 (Connected/ABS)

131 kg (CBS)

132 kg (ABS)

     
Tipe Mesin 4-tak, SOHC 4 katup VVA, Blue Core 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 155 cc 156,9 cc
Diameter x Langkah 58 x 58,7 mm 60 x 55,5 mm
Rasio Kompresi 11,6 : 1 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,3 PS @ 8.000 rpm 16 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,9 Nm @ 6.500 rpm 14,7 Nm 6.500 rpm
Transmisi Otomatis CVT Otomatis CVT
     
Tipe Rangka Underbone Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda, dengan tabung Ganda
Ban Depan 110/70-13 110/70-14
Ban Belakang 130/70-13 130/70-13
Rem Depan Cakram Cakram
Rem Belakang Cakram Cakram

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });