window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mana Lebih Irit, Honda Vario 125 Atau TVS Ntorq 125 Race XP?

Harry · 10 Feb, 2023 14:00

Mana Lebih Irit, Honda Vario 125 Atau TVS Ntorq 125 Race XP? 01

Sama-sama bermesin 125 cc.
  • Keduanya beda spesifikasi mesin.
  • Top speed terpaut tipis.
  • Konsumsi bensin mirip-mirip.

Konsumsi bensin jadi salah satu faktor krusial dalam menentukan sepeda motor. Apalagi motor yang dipilih adalah matic untuk sehari-hari macam Honda Vario 125 atau TVS Ntorq 125 Race XP.

Meski kapasitas mesinnya agak sedikit lebih besar dari motor matic entry level macam Honda BeAT, tapi keiritan bahan bakar kelas 125 cc ini tetap menjadi pertimbangan konsumen.

Mana Lebih Irit, Honda Vario 125 Atau TVS Ntorq 125 Race XP? 02

Masih favorit kelas matic 125 cc.

Lantas mana yang lebih irit diantara keduanya, Honda Vario 125 dengan eSP atau TVS Ntorq Race XP yang punya riding mode?

Baca juga : Pilihan Matic 125 Cc, Honda Vario 125 2023 atau TVS Ntorq Race XP?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Mesin Honda Vario 125 2023 dan TVS Ntorq Race XP

Sebelumnya kita kupas dulu spesifikasi jantung pacu yang dipakai. Matic 125 cc Honda ini berteknologi eSP, 4-tak, SOHC 2 katup, 125 cc berpendingin cair. 

Mana Lebih Irit, Honda Vario 125 Atau TVS Ntorq 125 Race XP? 01

Mesin TVS pakai 3 katup.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,1 PS di 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm per 5.000 rpm. Mesin ini diusung oleh seluruh model Vario 125, baik tipe CBS, CBS-ISS dan CBS-ISS SP.

Sementara TVS Ntorq Race XP punya mesin 4-tak, SOHC 3 katup, 125 cc berpendingin udara. Tenaganya 10,2 PS di 7.000 rpm dengan mode Racing dan torsi 10,8 Nm per 5.500 rpm. 

Jika diadu pada akselerasi, secara keseluruhan tetap matic Honda itu unggul untuk semua parameter nih, walau pun masih terhitung tipis bedanya. Misal akselerasi 0-100 meter cuma selisih 0,02 detik saja.

Mana Lebih Irit, Honda Vario 125 Atau TVS Ntorq 125 Race XP? 02

Mesin eSP sudah banyak dikenal.

Tapi berbeda dengan top speed, pada Racebox yang biasa kami pakai sebagai alat ukur, kecepatan tertinggi matic Honda itu mencapai 102,2 km/jam. Sedangkan TVS Ntorq Race XP bisa 104 km/jam.

Baca juga : Selisih Harga TVS Ntorq dan Honda Vario 125 Sampai Rp 4 Jutaan, Mending yang Mana?

Siapa Paling Irit?

Masuk pada bahasan intinya nih, kira-kira siapa paling irit dari keduanya ya? Karena meski sama-sama 125 cc, tapi teknologi mesin yang dipakai berbeda banget tuh!

Nah, ternyata hasilnya masih beda tipis, namun tetap lebih irit Honda Vario 125. Perbandingannya 45,7 km/liter dengan 45,4 km/liter. Tuh, cuma selisih 0,3 km/liter tuh!

Mana Lebih Irit, Honda Vario 125 Atau TVS Ntorq 125 Race XP? 03

TVS Ntorq Race XP punya riding mode.

Tapi yang patut diingat juga, bobot dari TVS Ntorq Race XP ini lebih berat 6 kg ya, 118 kg : 112 kg. Jika lebih ringan, bukan tak mungkin motor matic India ini bisa mengungguli Honda Vario 125 tadi.

Kesimpulan

Meski kalah akselerasi, namun dalam konsumsi bahan bakar, keduanya terpaut tak terlalu jauh. Jangan lupakan juga harga keduanya yang ternyata beda signifikan, TVS menawarkan motornya itu dengan banderol Rp 19,9 juta sedangkan Honda melabeli harga Rp 24,4 juta (CBS-ISS SP).


 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });