Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya

Ilham · 29 Nov, 2021 09:00

Sejak dikenalkan secara resmi di Indonesia sejak awal tahun 2019 silam, hingga saat ini skuter matik berpenggerak listrik yakni Honda PCX Electric masih belum dijual umum. PT Astra Honda Motor (AHM) masih menyimpan rapat harga jualnya, meski banyak yang menyebut bisa lebih dari Rp 100 juta.

Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya 01

Honda PCX Electric belum dijual umum

Padahal lewat Perpres 55 tahun 2019, pemerintah mencoba melakukan percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan. Salah satunya dengan meringankan pajak kendaraan listrik seperti Honda PCX Electric.

Meski demikian, Honda PCX Electric masih bisa kok digunakan untuk penggunaan harian. Tapi ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan sebelum menggunakannya. Termasuk syarat pentingnya: harus punya perusahaan. Kok begitu?

Baca Juga: Telisik Mesin Honda PCX 160 2021 VS Honda PCX 150 2020, Ternyata Banyak Bedanya

Penggunaan Honda PCX Electric Sebatas Sewa Antar Perusahaan

Skema penyewaan menjadi opsi satu-satunya dalam penggunaan Honda PCX Electric di Indonesia. Pihak AHM menyatakan jika proses penyewaan baru dapat dilakukan dalam konsep B2B atau busines to business. Sehingga penyewa individual belum dilayani.

Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya 01

Baru bisa disewa oleh perusahaan saja

Menariknya, MoU penyewaan tersebut tidak dilakukan secara langsung oleh AHM. Melainkan dialihkan ke lembaga leasing rekanan mereka seperti FIF. Urusan negosiasi dan skema pembayarannya bisa dibicarakan lebih lanjut melalui lembaga leasing tersebut.

"Biaya sewanya maksimal Rp 2 juta perbulan, sewanya lewat FIF. Rata-rata perusahaan menyewa selama 3 tahun. Tapi ada juga yang hanya 1 tahun. Kebanyakan untuk usaha," kata Dudi Subekti, Product Planning PT AHM.

Lebih lanjut, saat ini lokasi penyewaan masih berkutat di kawasan Jabodetabek. Di mana sebelumnya juga sempat diujicoba bersama sebuah perusahaan ojek online. Untuk minimal unit, perusahaan penyewa boleh menggunakan satu unit saja. Karena tak ada jumlah penyewaan minimalnya.

Baca Juga: Test Ride Lengkap Honda PCX 160 2022, Ketahui Plus-Minusnya Sebelum Beli

Fasilitas Penyewaan Honda PCX Electric Termasuk Baterai

Ditujukan untuk mobilitas perusahaan, tentu kepraktisan adalah hal yang wajib diperhatikan oleh AHM. Ini karena sistem pengisian daya yang berbeda jauh ketimbang motor bermesin bensin.

Karena itu dalam skema penyewaan tersebut, pihak Honda juga turut menyertakan program pengisian ulang baterainya. Bahkan port stasiun pengisian juga bisa turut disewa. Jadi tergantung kebutuhan dan minimal unit yang diinginkan.

Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya 02

Baterai bisa ditukar pakai

Saat ini, untuk lokasi stasiun penukaran baterai dari Honda PCX Electric memang masih terbatas. Yaitu di main dealer Honda. Seperti di Gunung Sahari, Tanah Abang dan Dewi Sartika Cawang. Sehingga, kabel port pengecasan untuk kebutuhan pengisian daya di saklar rumah atau kantor juga tersedia.

Meski tidak dijual umum, pihak penyewa tak perlu khawatir soal legalitasnya. Karena AHM menjamin jika legalitas Honda PCX Electric aman dan penyewa tetap mendapat surat-surat kelengkapan berkendara seperti STNK.

Spesifikasi Honda PCX Electric

Sekilas tak ada perbedaan dari sisi eksterior Honda PCX Electric dengan versi bensinnya  yang rilis 2018 lalu. Karena hanya ada aksen biru di sekitar headlamp yang jadi cirinya. Meski demikian, jika diperhatikan terutama pada bagian roda belakang, barulah perbedaan terlihat jelas.

Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya 03

Honda PCX Electric punya ciri aksen biru di lampu dan bodi

Di mana motor buatan Indonesia itu tidaklah memiliki peranti mesin ruang bakar seperti model bensinnya. Sebagai gantinya ada motor listrik dengan tenaga maksimum 4.2 kW yang dihasilkan di putaran rendah. Torsi maksimalnya cukup mumpuni, yaitu 18 Nm di 500 rpm. Sedangkan jarak tempuhnya mencapai 69 km per dua baterai yang ditanam paralel di balik joknya.

Untuk pengecasan standar di rumah, butuh waktu sekitar 6 jam hingga penuh. Sementara menggunakan stasiun Honda Mobile Power Pack cukup 4 jam saja.

Komentar