window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Menerka Motor Listrik Honda Buatan AHM Tahun Depan

Ary · 4 Nov, 2022 11:00

Motor Listrik Honda

PT Astra Honda Motor (AHM) akan menjual motor listrik di Indonesia.
  • AHM mengumumkan langkah nyata mendukung giat elektrifikasi di Indonesia.
  • Dua motor listrik Honda akan hadir dan diproduksi oleh AHM.

Turut andil di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022, PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan seluruh line up terbaiknya untuk dinikmati para pengunjung. Termasuk pula memajang beberapa motor listrik yang mejeng, lengkap dengan stasiun baterai swap.

Bukan tanpa alasan. Keberadaan motor listrik Honda berikut tempat tukar baterai tersebut, tak lain guna memperjelas partisipasi PT AHM ihwal elektrifikasi di Indonesia. Bahkan pada pembukaan IMOS 2022 lalu (2/11/2022), mereka pun mengumumkan langkah nyata untuk meramaikan pasar kendaraan listrik Tanah Air.

Keiichi Yasuda, Presiden Director PT AHM mengatakan pihaknya akan meluncurkan sebanyak tujuh kendaraan listrik di Indonesia berupa moped dan motor listrik hingga 2030 mendatang. Secara spesifik disebutkan pula, dua motor listrik Honda akan rilis 2023 nanti.

Sedikit bocoran pun ditampilkan pemegang merek Honda ini saat konferensi pers kali itu. Meski berupa siluet, dapat dipastikan bukan Honda PCX Electric. Tampak jelas jika dimensi keduanya lebih ramping dan kompak. Maka dari itu, tak ada salahnya kami menerka motor listrik Honda apa yang akan dijual PT AHM tahun depan.

Honda U-GO

Menilik dari tarikan desain, rujukan pun tertuju kepada Honda U-GO. Produknya sendiri sudah eksis lantaran dipasarkan oleh Wuyang Honda selaku produsen sepeda motor di Cina. Motor listrik Honda ini memiliki rancang bangun simpel dengan spesifikasi P x L x T: 1.790 x 680 x 1.080 mm dan ground clearance 130 mm. Tak beda jauh dari Honda BeAT.

Menerka Motor Listrik Honda Buatan AHM Tahun Depan 02

Baca juga: Mulai Jual Motor Listrik Tahun Depan, AHM Targetkan 1 Juta Unit Terjual di 2030

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Soal penghasil daya, Honda U-GO menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 30,6 Ah 48 V (single battery) yang diklaim dapat menempuh perjalanan sekitar 50 km. Namun, Wuyang Honda menyediakan juga paketan dua baterai dengan daya jelajah 100 km. Cukup untuk mobilitas dalam kota.

Selain itu, sang motor niremisi disebut punya torehan torsi 18 Nm dan top speed hingga 53 km/jam. Berkaca dari siluet tadi pula, boleh jadi PT AHM akan menawarkan Honda U-GO dalam dua model. Dengan begitu, masyarakat mendapatkan pilihan terkait perlengkapan baterai sesuai kebutuhan.

AHM Produksi Motor Listrik di Indonesia

Walau begitu, harga jualnya tentu lumayan mahal bilamana berstatus CBU. Menjawab pemandangan ini, PT AHM menginformasikan bahwa motor listrik Honda tersebut bakal diproduksi di Indonesia. "Kami ingin tetap memberikan kesenangan berkendara bagi konsumen Honda, melalui motor listrik. Sejalan dengan komitmen ini, kami juga akan melengkapinya dengan menanamkan investasi baru untuk menyiapkan line produksi di Indonesia sekaligus secara bertahap meningkatkan kandungan lokal komponen pada sepeda motor listrik kami, termasuk di dalamnya infrastruktur pertukaran baterai," terang Yasuda.

Senada dengannya, Johannes Loman selaku Executive Vice President Director PT AHM mengatakan, tren kendaraan ramah lingkungan berbasis listrik di Indonesia membuat perusahaan semakin memperkuat strategi terbaik untuk konsumen setia di Indonesia. Oleh karena itu, PT AHM memperkuat putra putri bangsa yang akan memproduksi sepeda motor listrik Honda dengan kompetensi mumpuni, serta berkolaborasi kuat dengan pemasok komponen lokal dan UMKM manufaktur.

AHM Produksi Motor Listrik

AHM pastikan kualitas motor listrik buatannya.

Baca juga: Pajang 27 Unit di IMOS 2022, Honda Pamer Tunggangan Marc Marquez hingga Motor Listrik!

"Dengan pengalaman berpuluh-puluh tahun memproduksi sepeda motor berkualitas global, kami akan memastikan sepeda motor listrik Honda yang diproduksi AHM berkualitas, nyaman dan aman digunakan konsumen. Kami juga akan menyiapkan jaringan penjualan dan purna jual terbaik serta ekosistem kendaraan listrik yang mendukung konsumen beraktivitas dan meraih impiannya," pungkas Loman.

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });