window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mengenal Cara Kerja Combi Brake System, Teknologi Buat Bikers Pemula?

Harry · 10 Sep, 2021 09:30

Sebelum rem berteknologi ABS (Anti-lock Braking System) marak digunakan pada motor skutik di Indonesia, rem Combi Brake System (CBS) lebih dulu dikenal, terutama pada skutik keluaran Honda.

Namun banyak juga yang beranggapan, kalau CBS merupakan teknologi rem yang diciptakan untuk rider pemula. Tapi apa memang begitu?

Mengenal Cara Kerja Combi Brake System, Teknologi Buat Bikers Pemula? 01

Combi Brake System tersedia disemua skutik Honda.

Teknologi ini masuk ke Indonesia lewat Honda PCX 125 yang kala itu pertama kali didatangkan oleh importir umum. Teknologi ini pun masih dianggap sangat canggih, dan baru dipasangkan pada skutik premium.

Baca juga : Tips Mudah Supaya Tak Emosi Saat Ketemu Bikers Pengawal Ambulans

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Perlahan tapi pasti, kini rem CBS sudah menjadi standar untuk seluruh skutik keluaran Honda. Bahkan kini semua tipe dari berbagai model skutik Honda telah menggunakannya, kecuali tipe ABS pastinya.

Honda BeAT, Honda Vario, Honda PCX 160, Honda ADV 150, Honda Scoopy, Honda Genio sudah dilengkapi dengan rem CBS ini. Kalian pasti sudah tak asing bahkan menggunakan teknologi tersebut setiap hari pada motor kalian.

Tapi sudah pada paham belum apa sebenarnya CBS ini?

CBS sendiri merupakan sistem pengereman yang menggabungkan rem depan dan rem belakang. Hanya dengan menarik tuas rem belakang (kiri) saja, maka rem depan akan ikut aktif menahan laju roda.

Pembagian porsi kekuatan rem pun sudah otomatis, sehingga kinerja rem akan lebih efektif mengurangi laju motor. Meski tak secanggih ABS, namun CBS ini lebih dari cukup untuk membuat pengereman lebih efisien.

Baca juga : Pemotor Wajib Tahu, Ini 5 Pelanggaran Lalu Lintas Yang Besaran Dendanya Rp 500 Ribu!

Cara Kerja CBS

Mengenal Cara Kerja Combi Brake System, Teknologi Buat Bikers Pemula? 01

Rem depan otomatis bekerja saat tuas rem belakang ditarik.

Pada pangkal tuas rem belakang, terdapat komponen equalizer yang bertugas membagi tekanan menjadi 2 saat tuas rem belakang di tarik. Tekanan itu pun menuju rem roda belakang dan satunya lagi menuju tuas ungkit.

Gerakan tersebut akan menekan knocker yang selanjutnya menekan piston hidrolik, untuk kemudian bereaksi mengaktifkan kaliper rem depan. Maka proses pembagian kekuatan pengereman terbagi secara otomatis pada roda depan dan belakang.

Baca juga : Turunan Cangar Kerap Bikin Rem Skutik Blong, Ternyata Ini Sebabnya

Lantas kenapa CBS kerap disebut sebagai rem yang disiapkan untuk pengendara pemula? Ini lantaran mereka dianggap masih belum bisa mengoperasikan rem secara manual sepenuhnya, dipermudah saat melakukan pengereman.

Mengenal Cara Kerja Combi Brake System, Teknologi Buat Bikers Pemula? 02

Komponen rem CBS pada skutik Honda.

Saat mencoba Honda BeAT 2022 tipe CBS-ISS, kami merasakan kinerja CBS ini sangat baik. Melakukan pengereman mendadak dan kuat bisa dilakukan hanya dengan menarik tuas rem belakang saja.

Meski sampai tedengar ban berdecit, kedua roda skutik yang kami tes tidak sampai terkunci. Skutik pun masih bisa dikendalikan dengan aman, dan jarak pengereman jadi lebih pendek. Ini membuktikan CBS membuat rem motor bekerja lebih efisien.

Menurut kami tak hanya bikers pemula, mereka yang sudah berpengalaman pun pasti terbantu dengan adanya teknologisatu ini.

Baca juga : Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini!

Perawatan CBS

Mengenal Cara Kerja Combi Brake System, Teknologi Buat Bikers Pemula? 03

Lakukan penyetelan rem belakang, jika jarak main tuas rem sudah terlalu dalam.

Pasti ada yang bertanya-tanya, bagaimana cara merawat CBS ini supaya tetap berfungsi normal. Sejatinya PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan jika CBS bebas perawatan, lantaran masih menggunakan sistem mekanis.

Hanya saja yang kami rasakan, jika jarak main tuas rem belakang sudah terlalu dalam, saat mengoperasikan rem jadi tidak terlalu nyaman. Setel kembali jarak main rem belakang dan ganti kampas rem jika memang sudah waktunya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });