window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mengenal Kymco Free LX, Skuter Matic Komuter Buat yang Mau Beda

Ilham · 1 Mar, 2023 14:00

Mengenal Kymco Free LX, Skuter Matic Komuter Buat yang Mau Beda 01

Kymco Free LX punya tampilan timeless.
  • Harga bekasnya cuma Rp 5 jutaan.
  • Dimensi kompak cocok untuk wanita juga.

Saat ini beragam merek dan tipe skuter matic bertebaran di Indonesia. Ada yang umum seperti matic entry level, hingga kelas premium. Namun jika ingin matic entry level unik dengan harga terjangkau, Kymco Free LX bekas bisa dilirik.

Pasalnya, selain desain eksteriornya yang berbeda Kymco Free LX ini juga berbanderol terjangkau, karena bisa ditebus di angka Rp 5 jutaan saja. Namun sebelum membeli, ada baiknya mengetahui keunggulan dan kelemahan motor tersebut. Seperti apa?

Baca Juga: Bergaya Cruiser, MBP C1002V Jadi Calon Moge Italia Baru di Indonesia?

Dimensi Kymco Free LX

Secara desain, Kymco Free LX punya tampilan sporty lewat sudut bodi yang tajam. Hal ini juga yang membuatnya berkesan timeless. Namun dari bagian belakang, kesan yang didapat tetaplah gembul, karena bodi belakang besar untuk menyiasati ruang bagasi yang luas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Meski begitu, motor ini masih cocok untuk penggunaan harian di perkotaan atau komuter. Di mana panjang x lebar x tingginya hanya 1.835 x 610 x 1.100 mm. Sumbu rodanya juga pas, yakni 1.270 mm. 

Mengenal Kymco Free LX, Skuter Matic Komuter Buat yang Mau Beda 01

Banyak pilihan warna ceria

Selain itu ground clearance 135 mm dan bobot 100 kg. Ada dua versi yang beredar di Indonesia, yakni tipe lawas dengan pelek 12 inci dan facelift yang punya lingkar roda 14 inci.

Baca Juga: Gara-Gara Kasus Mario, Klub Moge Pejabat Pajak Dipaksa Bubar

Mesin Bertenaga

Beralih ke mesin, Kymco Free LX yang lahir pada 2006 memang dihadirkan untk melawan jagoan Jepang saat itu. Sebut saja Yamaha Mio, Suzuki Spin dan Honda Vario. Untuk itu, mesin yang dihadirkan wajib mumpuni.

Volumenya 112 cc SOHC berpendingin udara, kompresi mesin ini mencapai 9,8:1. Tenaganya diklaim mencapai 9,2 PS di 7.200 rpm. Serta penyaluran tenaga ke roda belakang via transmisi otomatik CVT.

Baca Juga: Makin Marak, Cek Deretan Motor Listrik Versi Patroli Polisi

Fitur Melimpah

Nah, bicara soal fitur maka hal ini yang membuat Kymco Free LX cocok dipinang. Sebab motor ini menghadirkan beragam fitur menarik yang mungkin lebih maju dari jamannya.

Mengenal Kymco Free LX, Skuter Matic Komuter Buat yang Mau Beda 02

Fiturnya cukup melimpah

Sebut saja tutup tangki di bagian kiri leg shieldnya. Mirip dengan Yamaha Freego atau Grand Filano saat ini. Hal itu memungkinkan pengendara mengisi bensin tanpa membuka joknya.

Tangki bensinnya pun besar, yakni 5 liter sehingga tak perlu bolak-balik mengisi bensin. Rata-rata pesaingnya asal Jepang cuma punya tangki 3,7 liter saja. 

Lalu ada juga bagasi di balik jok yang berukuran lega. Bagasi tersebut mampu menampung helm half face. Ada juga laci mungil di bawah rumah kunci untuk sekadar membawa barang kecil.

Sulitnya Ketersediaan Spare Parts

Jika Anda tertarik pada Kymco Free LX maka kendala yang dihadapi adalah sulitnya ketersediaan spare parts. Sebab motornya yang tak lagi diproduksi sejak sudah lebih dari satu dekade.

Sehingga Anda perlu jeli dalam memilih unit bekasnya. Selain itu, patut diingat, usia motor ini rata-rata sudah menyentuh angka 15 tahunan. Sehingga pasti ada yang perlu dilakukan peremajaan agar kembali bugar.

Jadi, selamat berburu!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });