window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya?

Harry · 11 Okt, 2022 10:30

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 01

Yamaha WR 155 R punya banyak keunggulan.
  • Mesin paling bertenaga dikelasnya.
  • Harga terhitung paling tinggi.
  • Berat jadi tantangan sendiri saat mengendarainya.

Diantara pemain trail kelas 150 cc, model yang paling baru adalah Yamaha WR 155 R 2023. Motor ini dikenalkan akhir 2019 lalu untuk bersaing dengan pemain lama, Kawasaki KLX 150 dan juga Honda CRF150L.

Hadir belakangan, tunggangan berlogo garpu tala ini menawarkan sensasi berkendara yang berbeda. Ada banyak bagian yang membuatnya lebih unggul dari kompetitor.

Baca juga : Yamaha WR 155 R 2023 Modifikasi Laris Manis, Nambah Rp 5 Jutaan Ada Opsi Supermoto & Trabasan!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi ada pula bagian yang membuatnya tak lebih baik dari pemain sekelas. Kami pun mendapat kesempatan menjajal Yamaha WR 155 R disela Yamaha Enduro Challenge beberapa waktu lalu.

Seperti apa impresinya?

Daya Tarik Yamaha WR 155 R 2023

Secara bentuk, motor ini menawarkan desain khas YZ Series, model special engine Yamaha yang fokus untuk off road. Coba tengok bentuk shroud tangki, bodi belakang hingga joknya.

Yang unik letak knalpotnya berada di sisi kiri, bukan kanan seperti lawan-lawannya. Kemudian modelnya juga jadi yang paling modern dan nampak lebih gagah berisi.

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 01

Tampilan gagah ala Yamaha YZ Series.

Maklum saja, suspensi depan walau belum upside down, tapi tabung suspensinya berukuran 41 mm. Kemudian jarak mainnya pun jauh, mencapai 899,1 mm. Alhasil redamannya terasa empuk dan halus.

Baca juga : Yamaha WR 155 R 2023 Dapat Penyegaran, Rangka Dilabur Warna Cyan!

Suspensi belakang pun tak kalah menariknya, bertipe monosok dengan link serta memiliki setelan preload. Namun setelan standarnya untuk rider berbobot 73 kg terasa pas. Redaman kedua suspensi membuat betah dan nyaman melibas jalan rusak.

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 02

Suspensi dengan travel panjang jadi andalan.

Untuk di jalanan aspal pun motor masih terasa stabil untuk menikung, minim gejala limbung dan mengayun selama cara berkendaranya tak agresif. Ban bawaan pun masih cukupan untuk penggunaan harian.

Hal menarik lainnya adalah panel meter digital dengan layar LCD, jadi yang paling canggih saat ini. Informasinya pun lengkap, spidometer, takometer, jam digital, odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar, indikator gigi dan VVA.

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 03

Mesin 155 cc dengan VVA, paling kuat.

Dan daya tarik lainnya ada pada dapur pacunya. Sokongan mesin 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan VVA (Variable Valve Actuation) serta transmisi 6 speed, membuat performanya paling unggul. Bahkan untuk jalanan aspal, nafas mesin terasa panjang. 

Tenaga sebesar 16,7 PS di 10.000 rpm serta torsi 14,3 Nm di 6.500 rpm terasa mantap. Karakternya kuat merata, karena punya 2 durasi noken as untuk putaran bawah sampai tengah dan tengah sampai atas.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha WR 155 R 2021, Motor Trail 150 Paling Modern Saat Ini

Kelemahan Yamaha WR 155 R 2023

Ada keunggulan tentu ada kelemahan juga, hal yang paling dirasakan pada sosok Yamaha WR 155 R ini adalah bobotnya. Berat motor yang mencapai 134 kg jadi yang paling berat diantara kompetitornya.

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 04

Bobot paling berat, agak effort saat trabasan.

Hal ini tentu mempengaruhi pengendalian motor, terutama ketika melintasi jalur lumpur licin. Kemudian untuk bermanuver tak bisa selincah kompetitornya. Paling repot saat terjatuh, butuh tenaga ekstra mendirikan motor ini.

Kemudian motor ini jadi satu-satunya yang pakai pendingin cairan, dan posisi radiator ada di sisi kanan shroud dengan letak vertikal. Posisinya dianggap rawan terbentur batru saat crash yang bisa membuat radiator bocor.

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 05

Posisi radiator terbuka, rawan benturan.

Belum lagi radiator yang mudah tertutup kotoran sehingga membuat pendinginan mesin terganggu. Jadi baiknya beri pelindung radiator dan sering-sering cek kondisi radiator saat dipakai trabasan ya!

Kesimpulan

Dengan segala keunggulannya tadi, Yamaha WR 155 R dibanderol Rp 38,06 juta on the road Jakarta. Paling mahal dari kompetitor sekelasnya. Tapi wajar karena jadi yang paling canggih.

Menjajal Yamaha WR 155 R 2023, Motor Trail Paling Memuaskan Dikelasnya? 06

Yamaha WR 155 R saat ini dijual Rp 38,06 juta OTR Jakarta.

Apalagi ada dealer yang sudah menyediakan versi modifikasi supermoto atau trabasan, dengan menambah sejumlah biaya tertentu, motor sudah siap pakai. Part bawaan pun tetap diberikan. Berminat?

Spesifikasi Yamaha WR 155 R 2023
Dimensi
P x L x T 2.145 x 840 x 1.200 mm
Sumbu Roda 1.430 mm
Jarak Terendah 245 mm
Tinggi Tempat Duduk 880 mm
Berat Isi 134 kg
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 58  x 58,7 mm
Kapasitas Mesin 155 cc
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Transmisi manual 6 speed
Tenaga Maksimal 16,7 PS @ 10.000 rpm
Torsi Maksimal 14,3 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Semi double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 2.75-21
Ban Belakang 4.10-18
Rem Depan Cakram 240 mm
Rem Belakang Cakram 220 mm

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });