window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty!

Fariz · 10 Feb, 2023 12:30

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 01

Modifikasi Yamaha XMax Connected
  • Tampil lebih sporty dengan warna khas Yamaha.
  • Memperhatikan penempatan baut dan kombinasi warna antar part.

Dunia modifikasi seperti tidak ada matinya. Ini karena setiap pabrikan part aftermarket pasti akan terus membuat versi terbaru dari produknya, termasuk untuk Yamaha XMax Connected yang belum lama dirilis.

Jadi tidak heran kalau akan selalu ada part baru menyesuaikan trend yang sedang ramai digandrungi. Seperti Rifky Hidayat yang sudah memodifikasi hampir semua matic 150 cc di Indonesia dan kini mulai merambah ke matic 250 cc.

Dirinya menjadi salah satu pembeli Yamaha XMax Connected di IMOS 2022. Setelah selesai melakukan SPK, Rifky mengaku langsung hunting beragam part yang akan dipasangkan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Baru kali ini pegang matic 250 cc. Ini memang udah direncanain, pokoknya kalau XMax baru keluar mesti beli. Selesai DP di IMOS langsung hunting barang-barang deh, karena banyak juga yang mulai ghoib, Öhlins contohnya,” buka Rifky.

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 01

Pakai 3 kombinasi warna

Baca juga: Yamaha Indonesia Jual Damper Yamaha XMax, Manjur Buat Nikung?

Berkonsep Sporty

Sama seperti beberapa motor modifikasinya, XMax terbaru ini juga menganun konsep sporty. Bukan racing look seperti motor pacuan balap, tapi XMax ini dibuat seperti motor tipe sport.

Bahkan bisa dilihat dari windshield yang biasanya dibuat lebih tinggi, justru malah dilepas olehnya. “Karena gue liat walau gak pakai windshield, bentuknya udah bagus gitu di dudukan windshieldnya.”

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 02

Tidak menggunakan windshield

“Biar rapi, ini sedikit dicustom. Yang tadinya ada 3 lubang, sekarang cuma sisain 1 lubang. Tapi nantinya pun kalau emang ada windshield aftermarket yang pendek dan clear, gue akan pakai. Jadi biar bagian dudukan windshield tetap terekspos,” tunjuknya.

Berikutnya ada penggunaan grafis sporty dengan aksen speedblock khas Yamaha dan pakai kombinasi warna merah, abu-abu, dan hitam. Fakta uniknya, warna merahnya ternyata masih pakai warna merah bawaan tuh!

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 03

Semua warna merata sehingga proporsinya pas

Baca juga: Masih Dijual Rp 22,6 Juta, Begini Warna Baru Yamaha Soul GT 125 2023

“Pakai warna merah bawaan, habis itu baru ditimpa grafis. Trus bodi bawah ikut dimerahin, gak khawatir belang karena gak perlu ngoplos, udah ada yang jual warna merahnya Yamaha,” sambung Rifky yang menyerahkan pengerjaan ke Billy Custom Garage dan R3 Painting.

Kesan X shape pada lampu utamanya terlihat makin tegas karena bodi di sekitarnya dibalut warna merah senada bodi. Lalu ada sedikit detail di sudutnya yang diberikan warna hitam.

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 04

Knalpot Akrapovic aksesoris resmi Yamaha dikombinasi leher knalpot titanium Kend Moto

Untuk memperkuat aura sporty, beberapa bagian bodi dilapis dengan carbon kevlar garapan CAW (Carbon Auto Work). Rifky pun lagi-lagi menuangkan kreatifitasnya, dengan memberikan shading menyesuaikan lekuk bodi.

“Gak semua bodi kasar juga dilapis carbon fiber. Kaya panel deket spidometer ini, selain warnanya gelap karena dominasi hitam juga ini nekuk banget, jadinya nanti kurang rapi.”

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 05

Carbon fiber diberi shading agar tampilannya tidak flat

Baca juga: Yamaha Grand Filano Lebih Mahal dari Yamaha Lexi, Berapa Cicilannya?

“Makanya lis spidometer ini dikasih warna merah biar lebih keliatan. Bodi kasar tengah dicat hitam dan siripnya kasih warna merh biar detail siripnya keliatan di antara bidang hitam,” rinci pria yang tinggal di bilangan Sunter, Jakut ini.

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 06

Tutup magnet diberi cover carbon fiber

Sentuhan Detail

Rifky jadi salah satu modifikator yang selalu memikirkan hal secara detail. Ini pun terlihat pada modifikasi XMax Connected miliknya, bahkan sampai hal terkecil seperti warna baut pun diperhatikan!

“Walau pakai baut titanium, tapi paling pakai warna silver biar lebih netral. Nah penempatan baut warna silver mesti di bidang yang hitam, begitu juga bidang yang silver pakai baut hitam biar gak monotone.”

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 07

Detail baut warna merah bertuliskan XMax

“Habis itu pakai pemanis di baut. Ada yang pakai ring warna ini stock lama ya merek Posh, ada juga penutup baut yang ada logo Yamaha ini dapet dari Thailand,” urai pria yang memberi nama motornya ini Jagur.

Baca juga: Dijual Mulai Rp 22,5 Juta, Ini Deretan Warna Baru Yamaha Fazzio 2023

Di tengah terlihat ada diffuser berbahan pelat aluminium yang potongannya sangat rapi. Setelah ditelisik ternyata itu diffuser milik Yamaha XSR 155, karena buatan pabrik jadi wajar kalau hasilnya rapi dan cukup memberi kesan sporty.

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 08

Diffuser XSR menempel pada bodi XMax

Kaki-Kaki Mewah

Modifikasi berlanjut ke area kaki-kaki yang didominasi dengan warna merah dan hitam. Seperti tabung suspensi depan yang hitam dikombinasikan dengan bracket kaliper WR3 hitam dan Brembo M4 red logo yang menjepit cakram Brembo 300 mm.

Untuk pengereman belakang hampir sama. Swing arm hitamnya dipasangkan dengan bracket kaliper WR3 hitam dan Brembo 2P red logo. Terlihat ada detail baut dan bracket slang rem warna merah yang cukup kontras.

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 09

Pengereman full Brembo, dijamin pakem!

Kalau urusan suspensi belakang, Öhlins masih menjadi andalah bagi Rifky. Karena dibekali dengan tabung dan setelan yang lengkap. Seperti preload, compression, dan rebound.

Baca juga: Pilih-Pilih Motor Motocross Yamaha di Indonesia, Mulai Dari Rp 97 Juta

“Pelek aluminium forged pakai merek RPK Racing. Ini lebih lebar setengah inci dari standar, jadinya yang depan 3,5 inci dan belakang 4 inci. Efeknya fitment ban lebih narik dan gambot. Habis itu suspensi depan diturunin 3 cm,” imbuhnya.

Modifikasi Sampai Detail Kecil, Yamaha XMax Connected Tampil Makin Sporty! 10

Bidang hitam dikombinasi dengan detail warna merah, menyala!

Agar tidak terlalu polos, bak magnet diberi cover dengan bahan carbon fiber lengkap dengan penggunaan baut titanium warna silver. Terlihat juga ada penggunaan slang radiator Samco warna merah yang menyala.

Cakep!

Spesifikasi Modifikasi Yamaha XMax Connected
Kaliper depan Brembo M4 black red logo
Kaliper belakang Brembo 2P black red logo
Bracket slang rem GTR Thailand
Cakram Brembo 300 mm
Master rem depan Brembo RCS17
Master rem belakang Brembo RCS14
Bracket kaliper WR3
Slang rem KTC Kytaco
Tabung minyak rem Brembo big
Jok Custom by Black Sweet
Stabilizer shock depan KTC Kytaco
Jalu setang R&G
Tutup as roda depan R&G
Knalpot Akrapovic
Leher knalpot Kend Moto titanium
Pelek RPK Racing forged
Hand grip Domino
Ban depan Pirelli Diablo Rosso Scooter 120/70-15
Ban belakang Pirelli Diablo Rosso 150/70-14
Body kasar Full carbon kevlar by CAW (Carbon Auto Work)
Footstep belakang Spirit Beast
Suspensi belakang Öhlins
Spion Scarlet Racing
Sepatu standar samping & tengah Spirit Beast

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });