window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal

Fariz · 2 Sep, 2022 14:30

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 01

Modifikasi Yamaha XMax 2018 berlivery bendera Italia
  • Grafis warna terinspirasi dari MV Agusta.
  • Tetap tampil menarik dengan part yang tidak terlalu branded.

Salah satu tujuan dari modifikasi adalah mengubah motor kesayangan sesuai dengan keinginan para pemiliknya. Itu karena masing-masing pemilik kendaraan pasti memiliki selera yang berbeda.

Jadi wajar kalau sebagus apapun sepeda motor pasti selalu ada celah yang dimodifikasi agar pengendaranya lebih pede dan pastinya tidak menggangu kenyamanan saat dikendarai.

Seperti Ali Zaenal Abidin yang menebus Yamaha XMax bekas dengan sedikit modifikasi. Tapi ternyata modifikasi dari pemilik pertamanya itu tidak cocok dengan selera diriinya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

“Awalnya ada rencana buat rombak sesuai keinginan saya, karena dulu itu kan beli seken dan cat awalnya kuning. Lalu ketemu om Deny yang juga customer di toko vape saya, beliau cerita kalau bisa ngecat. Pas banget tuh saya emang mau ganti warnanya kembali ke merah biar sesuai sama STNK,” cerita pemilik Unorthodox Vape Shop yang ada di bilangan Cipayung, Jaktim ini.

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 01

Comfort seat dan sandaran bikin nyaman selama perjalanan

Baca juga: Kulik Yamaha MT-15 2023, Motor Gahar yang Hemat Bahan Bakar

Terinspirasi MV Agusta 

Denny yang dimaksud ternyata Denny Hakim dari DR Motorsport yang memang biasa menggarap pengecatan dan detailing. Enggan tampil biasa aja dengan warna merah polos, disematkan sedikit grafis yang terinspirasi dari MV Agusta Superveloce 75th Anniversary.

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 02

Menggunakan warna yang terinspirasi dari MV Agusta

“Setela disodorin desain MV Agusta ternyata ownernya suka, cuma kurang sreg sama warna merahnya karena terlalu nyala. Akhirnya coba ambil warna merah dari Mazda CX-5 yang sedikit lebih kalem, lalu ada sedikit modifikasi grafis biar lebih manis,” rinci Deny.

Agar warnanya selalu terjaga, sebagai finishing sekujur bodinya dilabur dengan Ceramic Coating 10H yang punya umur pakai hingga 4 tahun. Kinclong!

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 03

Master rem RPD dipilih karena punya finishing yang rapi dan ada logo bendera Italia

Untuk menemani warna serta grafis barunya, beberapa bagian bodi dibalut dengan carbon fiber. Seperti di kupingan sepakbor depan, bodi tengah, sepakbor belakang sisi bawah, cover CVT, juga cover filter udara.

Baca juga: 10 Driver Ojol Ketiban Rezeki, Gratis Tukar Motor Lama dengan Yamaha Gear 125 Terbaru!

Upgrade Pengereman

Selesai dengan bodi barunya, ternyata project modifikasi berlanjut dengan meng-upgrade sisi pengereman. Memang pengereman orisinal XMax terasa kurang pakem, cenderung keras namun tidak langsung membuat motor berhenti.

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 04

Kaliper KTC Kytaco terpasang dengan baut Pro-Bolt rainbow

Master rem depan dan belakang jatuh kepada RPD yang dikombinasi dengan kaliper KTC Kytaco 4 piston di depan dan kaliper KTC Kytaco 2 piston di belakang. Jaminan pakem!

“Emang cari part yang gak terlalu branded juga sih. Master rem RPD lagi naik daun, apalagi ada logo bendera Italia juga, jadi masuk ke konsep bodi. Cakram pakai orisinal R25 yang udah semi-floating,” tunjuk pria yang bengkelnya ada di bilangan Jatisampurna, Bekasi.

Spion Model Kawasaki ZX-10R

Dengan desain bodi maxi scooter, sayangnya spion standar masih menempel di setang. Ini juga menjadi salah satu bagian yang kurang disukai oleh Ali, untuk itu Deny coba memberi masukan untuk mengganti spion yang menempel di bodi.

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 05

Spion model ZX-10R punya desain yang cukup sporty

Baca juga: Sekilas Sejarah Yamaha Jupiter MX, Pembuka Segmen Bebek Super Lokal di Indonesia

“Owner suka sama model Kawasaki ZX-10R ini, cuma sempat 2 kali ganti bracket. Karena yang pertama pakai pelat biasa ternyata spion cukup getar. Akhirnya ganti dari bahan aluminium, jadi lebih paten gak getar,” sambungnya.

Modifikasi Yamaha XMax Berbalut Bendera Italia, Sesuai Selera Gak Pake Mahal 06

Quad lock untuk memasang smartphone dan memantau peta selama perjalanan

Untuk menemani selama perjalanan, disematkan fog lamp di bawah lampu utama dan ada Quad Lock untuk memantau peta selama berkendara. Lalu ada suspensi belakang aftermarket dan ban Maxxis agar handling matic gambot ini tetap lincah juga nyaman.

Sesuai keinginan deh!

DR Motorsport 0812-8604-7055

Data Modifikasi Yamaha XMAX
Windshield Aftermarket Model Eropa
Spion Aftermarket + bracket CNC
Jalu setang Aluminium CNC chrome
Fog lamp Aftermarket
Bracket HP Quad Lock
Master rem RPD 
Kaliper depan KTC Kytaco 4 piston
Kaliper belakang KTC Kytaco 2 piston
Cakram depan Yamaha YZF-R25
Footrest Aftermarket aluminium
Jok Yamaha Comfort Seat
Sandaran Aftermarket 
Footstep belakang Aftermarket aluminium
Knalpot Aftermarket Thailand
Pelindung knalpot Aftermarket Thailand
Ban Maxxis 
Suspensi belakang Aftermarket
Baut Pro-Bolt stainless
Mudguard Nemo carbon
Sepatbor belakang Aftermarket tail tidy

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });