Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai!

Adit · 12 Jan, 2022 09:00

Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai! 01

Motor listrik Kymco Like EV 2022.
  • Motor listrik Kymco Like EV meluncur, harga Rp19 jutaan
  • Baterainya sanggup menjanjikan daya tempuh 199 kilometer!
  • Ngecas satu baterainya cuma sejam

Perusahaan motor asal Taiwan, Kymco akhirnya meluncurkan motor listrik terbaru. Produknya adalah Kymco Like EV yang dipasarkan di Eropa. Model ini menjadi jawaban atas penetrasi pabrikan di segmen motor ramah lingkungan tanpa emisi gas buang. 

Secara bentuk, hampir sama seperti model kembarannya yang menggunakan mesin pembakaran internal biasa. Paling mencolok paling laburan warnanya guna menegaskan posisi produknya di segmen electric vehicle atau EV. Yakni lewat aksen biru di housing lampu, panel meter, hand grip, dan buritan motor. 

Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai! 02

Bentuk motor listrik Kymco Like EV mirip seperti Kymco Like 125 maupun 150.

Baca Juga: Hampir tak Dilirik, Padahal Kymco Like 150i lebih Canggih dari Yamaha NMax

Harga motor listrik Kymco Like EV dibanderol 1.200 Euro atau sekitar Rp19,4 jutaan bila dikonversi ke rupiah. Harga ini tentunya nyerempet dikit Honda Genio, tapi lebih murah dibandingkan Honda Scoopy yang sudah mencapai di atas Rp20 juta.

Janjikan Daya Tempuh Jauh

Tapi bukan itu yang jadi daya tarik. Fokus perhatian produk ini ada pada jantung mekanisnya yang menjanjikan daya tempuh amat jauh dalam sekali pengisian baterai, melampaui produk motor listrik yang telah ada. 

Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai! 03

Ruang penyimpanan Kymco EV 2022 sanggup menyimpan 5 baterai sekaligus.

Mengutip laporan Rideapart, Kymco Like EV mengemas motor listrik yang menjanjikan daya hingga 3.200 Watt atau setara 4,3 PS dan torsi 124 Nm. Ruang bagasi motor listrik ini juga sanggup menggendong lima buah baterai lithium ion, sehingga catatan daya jelajahnya mencapai 199 kilometer. 

Apabila di Indonesia, jarak tersebut bisa digambarkan seperti menempuh jarak dari Jakarta hingga Cirebon dalam keadaan semua baterainya penuh. Kymco mengklaim, baterainya yang diisi menggunakan teknologi Ionex yang memungkinkan waktu pengecasan satu baterainya selama sejam. 

Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai! 04

Kymco punya inovasi swap baterai lewat Ionex.

Ionex merupakan inovasi yang dilahirkan Kymco untuk mendukung metode swap baterai. Ionex memiliki banyak slot baterai agar pengisian dayanya lebih efektif, ini yang akhirnya membuat operasional Kymco Like EV bakal lebih efisien. Tak perlu tunggu waktu ngecas, tinggal swap baterai yang telah terisi, perjalanan bisa dilanjutkan. 

Baca Juga: Vespa S 125 Kemahalan, Coba Benelli Panarea atau Kymco Like buat Alternatif

Setiap baterai memiliki umur pengecasan hingga seribu kali, setelah itu akan mengalami degradasi alias penurunan kualitas baterai. Bisa jadi pengisiannya yang tidak maksimal, dayanya cepat drop, sehingga daya tempuhnya jadi lebih pendek. 

Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai! 05

Motor listrik Kymco Like EV 2022 dipasangkan lampu LED.

Kymco Like EV hadir dengan segala peranti pintar yang hemat energi. Semua lampu sudah menggunakan LED. Kemudian dari segi fitur sudah dilengkapi fitur koneksi Noodoe. 

Peluang Meluncur di Indonesia?

Kehadiran motor listrik ini sejatinya telah dinantikan di Indonesia. Bahkan model ini telah terdaftar di lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 40 Tahun 2021. Di sana terpampang motor Kymco yang memiiki nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Rp11,2 juta. Sehingga tidak menutup kemungkinan juga akan diluncurkan di sini. 

Motor Listrik Kymco Like EV 2022 Meluncur, Jakarta ke Cirebon Gak Perlu Ngecas Baterai! 06

Tampilan Kymco Like EV 2022 memadukan gaya retro-modern serupa Vespa.

Tapi ingat, banderol tersebut belum termasuk pajak hingga bisa legal di jalanan Indonesia. Sebelumnya perwakilan PT Smart Motor Indonesia (SMI) telah membocorkan akan merilis motor listrik di Indonesia. Modelnya sebenarnya sudah dipakai oleh Grab, tapi sayangnya bukan Kymco Like EV. Mari nantikan bersama. 

Baca Juga: Kymco Like 150 S 2022 Dirilis, Lebih Sporty dari Model Sebelumnya

Komentar