window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Motor Listrik Singapura Scorpio X1 Sudah Bisa Dipesan, Bakal Ke Indonesia!

Ary · 31 Okt, 2021 12:30

Scorpio Electric memulai petualangannya di industri sepeda motor listrik. Pasca merilisnya dalam sebuah prototipe tahun lalu, Scorpio X1 yang menjadi model pertama mereka sudah bisa dipesan secara online.    

Diinformasikan situs resmi Scorpio Electric, peminat motor listrik Scorpio X1 di Singapura bisa melakukan pre-order dengan menyerahkan deposit $1.000 (sekitar Rp 14 jutaan). Nominal tersebut cukup besar untuk sebuah uang pangkal. Namun menjadi wajar mengingat harga jual Scorpio X1 yang mencapai $9,800 (setara Rp 139 jutaan).

Motor Listrik Scorpio X1

Motor Listrik Scorpio X1 sudah bisa dipesan konsumen di Singapura.

Baca juga: Motor Listrik Malaysia Masuk Indonesia, PBNU jadi Distributornya

Desain ala Motor Sport

Dilihat dari desain, motor listrik ini tampil agresif dengan bentukan panel bodi nan agresif. Hal tersebut lantas disempurnakan melalui wujud headlamp yang dibuat lumayan garang. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Di dalamnya terdapat jenis lampu LED, berhiaskan daytime running light (DRL) mengelilingi lampu utama. Uniknya, lampu sein motor listrik Scorpio X1 justru menyembul di kedua sisi panel bodi depan seperti suguhan ala motor sport. 

Desain itupun kembali terlihat pada area buritan. Sinyal belok miliknya terintegrasi dengan sepatbor yang lagi-lagi bernuansa motor sport. Akan tetapi, sorotan mengarah kepada penyajian bentuk lampu rem motor. Dengan bentuk demikian tentu sangat tidak umum bukan? 

Desain Motor Listrik Scorpion X1

Scorpio X1 memiliki desain yang tidak umum.

Baca juga: Ini 5 Alasan Kenapa Harus Segera Beralih dari Motor Biasa ke Motor Listrik

Bagian lain yang tak biasa darinya juga muncul pada area kaki-kaki. Desain pelek palang Scorpio X1 tak seperti penyematan pada motor matic kebanyakan. Terang saja membuat bagian kaki-kakinya terlihat gambot, plus profil ban yang lebar. 

Daya Jelajah Hingga 200 Km

Suspensi depannya sudah menggunakan model upside down (USD). Kendati begitu, suspensi belakang motor listrik buatan Singapura cuma terdiri dari monoshock saja. Namun, hal ini tak mengurangi kesan kokoh lantaran peredam kejut miliknya terlihat punya diameter lumayan besar. 

Terlepas dari desain agresif dengan konsep ala motor sport, kemampuan Scorpio X1 juga layak disoroti. Berbekal baterai lithium ion 4,8 kWh 72V 73 Ah, Scorpio X1 diklaim mampu menjangkau kecepatan maksimal 105 km/jam. 

Fitur Motor Listrik Scorpio X1

Scorpio X1 punya fitur komplet.

Baca juga: Catat, Mulai 2040, Indonesia hanya Jual Motor Listrik!

Berkat baterai dan motor listrik berkemampuan 10 KW, dirinya mampu berakselerasi dari 0-50 km/jam dalam waktu 4,2 detik saja. Sementara dengan baterai terisi penuh, motor listrik ini mamiliki daya jelajah hingga 200 km. Ketika pun melakukan pengisian ulang, daya baterai akan terisi 90% dalam waktu 2,5 jam saja. 

Fitur Motor Listrik Scorpio X1

Motor listrik Scorpio X1 juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara yakni Eco, Urban dan Sport. Selain itu, diterapkan pula fitur konektivitas gawai. Bahkan, Scorpio X1 dikatakan memiliki kemampuan AI-assisted Analysis sampai Reverse Mode untuk jalan mundur. 

Disebutkan pula oleh mereka, Scorpio X1 yang sudah dipesan akan dikirim pada rentang akhir 2022 sampai awal 2023 mendatang. Menariknya lagi, Scorpio Electric tidak hanya akan menjualnya untuk pasar domestik Singapura saja. 

Harga Motor Listrik Scorpio X1

Kabarnya, motor listrik Scorpio X1 akan dijual di Indonesia.

Baca juga: Menarik, Motor Balap Listrik Ducati Dikembangkan Bareng Tim MotoGP

Seperti slogan yang diusung "From Singapore to The World", Scorpio X1 juga dicanangkan merambah ke berbagai negara termasuk Asia Tenggara. Secara terang-terangan pula penyebaran motor listrik Scorpio Electric bakal lebih dulu dilakukan di Indonesia. 

Menukil pernyataan Muhammad Taureza, Head of Operation Scorpio Electric dari CNA, mereka sempat ingin meluncurkan X1 di Indonesia pada awal 2021. Namun, hal tersebut jelas tertunda akibat pandemi COVID-19. 

Sumber serupa juga menyebut Scorpio Electric akan memiliki perpanjangan tangan di Jakarta. pada akhirnya, kapan Scorpio X1 diperkenalkan di Tanah Air? 

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });