window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Motor Listrik TVS iQube Bakal Masuk Indonesia, Harga Gak Sampai Rp20 Juta

Ary · 23 Sep, 2021 17:30

TVS Motor Indonesia ikut serta meramaikan giat elektrifikasi di Tanah Air. Motor listrik, TVS iQube 2022 yang saat ini dijual di India juga bakal masuk ke Indonesia. Bukan cuma menjadi hal baru untuk pihak pemegang merek. Harga motor listrik mereka pun sepertinya bakal menarik buat masyarakat.

Informasi soal bakal hadirnya TVS iQube 2022 di Indonesia pun dituliskan secara gamblang pada lembaran Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021. Meski aturannya berkaitan dengan Perubahan Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, terdapat pula daftar motor-motor TVS yang akan dijual ke depan.

Motor Listrik TVS iQube 2022

Motor Listrik TVS iQube lebih dulu beredar di India.

Baca juga: Layak ke Indonesia, Daya Jelajah TVS iQube Listrik Ungguli Honda PCX Electric

NJKB TVS iQube 2022 tak Sampai Rp20 Juta

Satu diantara sekian banyak produk itulah nama TVS iQube 2022 muncul. Tak cuma itu. Harga dasar atau umumnya disebut Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) si motor listrik TVS pun turut pula diungkap. Tertulis bahwa NJKB TVS iQube 2022 sebesar Rp19,8 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Nominal itu memang lebih murah dari harga on the road Honda Scoopy 2021. Untuk informasi, harga Honda Scoopy saat ini saja sudah Rp20 jutaan. Harganya bahkan lebih mahal lagi apabila Anda memilih varian tertinggi (Honda Scoopy Prestige dan Stylish).

TVS iQube Motor Listrik

Pembeli kendaraan listrik mendapatkan insentif dari pemerintah. 

Baca juga: BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

Memang harga jual TVS iQube 2022 belum ditambah indikator lain. Sebut saja biaya biaya BBN, biaya PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Akan tetapi, penambahan biaya-biaya tadi tidak berlaku di semua daerah. Ini dikarenakan pemerintah melalui Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk transportasi jalan.

Di dalam pasal 19 ayat 3 dijelaskan adanya pemberian insentif pembebasan atau pengurangan pajak daerah sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 huruf c. Disebutkan jika Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) diatur lebih lanjut dalam peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam negeri.

Kendaraan Listrik di Jakarta Bebas Biaya PKB dan BBNKB

Hingga saat ini baru Jakarta saja yang menerapkan kebijakan pajak nol persen untuk kendaraan listrik. Sementara di wilayah lain semisal Jawa Barat, tetap ada kewajiban PKB dan BBNKB sebesar 10 persen. Penetapan tersebut pun berlaku di Jawa Timur dan Bali. Sedangkan untuk Jawa Timur dan Jawa Tengah menetapkan kedua komponen tadi sebesar 30 persen.

Harga TVS iQube 2022

Desain TVS iQube cukup menarik untuk pasar Tanah Air.

Baca juga: Lebih Canggih dari Yamaha Freego, Skutik TVS 125 cc ini Punya Riding Mode loh!

Anggap saja TVS iQube 2022 akan menyebar lebih dulu di wilayah Jakarta. Dengan ketentuan pajak nol persen tadi, artinya motor listrik ini akan dibanderol dengan harga yang masih cukup bersahabat.

TVS iQube Berpotensi Disukai Masyarakat Tanah Air

Tak cuma itu. Motor listrik ini juga memiliki tampang yang rasanya bakal disukai peminat di Tanah Air. Desain kompak dari motor asal India dipadukan dengan terapan modern semacam penerangan LED. Panel meternya pun sudah full digital dan sudah tersedia pula beragam fitur semacam parking assist, mode berkendara hingga koneksi Bluetooth agar bisa dihubungkan dengan smartphone. 

Sementara untuk pemasok output, TVS iQube 2022 dibekali 3 paket baterai Lithium-ion dengan paduan motor listrik berdaya 4,4 kW. Soal akselerasi, iQube dapat menempuh waktu 4,2 detik untuk menjangkau kecepatan 0-40 km/jam. 

Fitur Motor Listrik TVS iQube 2022

TVS iQube dillengkapi fitur yang modern.

Baca juga: Inovatif tapi Gagal Saing, Apa Kabarnya TVS Dazz Sekarang?

Sedang mengenai top speed, diklaim mencapai 78 km/jam. Dengan baterai tersebut, motor ini bisa diajak berkendara sejauh 75 km. Baterai dari motor listrik ini sejatinya bisa akan terisi ulang otomatis karena sudah dilengkapi dengan teknologi regenerative braking. Jikapun diisi melalui listrik rumahan, membutuhkan waktu setidaknya 7 jam agar baterai terisi penuh.     

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });