window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Motor Terasa Tak Stabil, Bisa Jadi Bearing Roda Bermasalah

Harry · 26 Feb, 2023 10:30

Motor Terasa Tak Stabil, Bisa Jadi Bearing Roda Bermasalah 01

Gunakan motor secara wajar, memperpanjang umur bearing roda.
  • Hindari bawa beban berlebih.
  • Bearing rusak ganggu pengendalian motor.

Ketika motor mulai tak nyaman dipakai, tidak stabil saat jalan lurus atau dipakai menikung, bisa jadi bearing roda bermasalah. Komponen ini memang punya fungsi vital, namun kerap dilupakan pengendara.

Bearing roda berfungsi sebagai bantalan pada as roda agar roda pada sepeda motor dapat berputar dengan baik dan stabil. Jika dibiarkan terus, selain tak nyaman, keausan ban bisa tak rata dan merusak pelek.

Cara mudah untuk mengecek kondisi bearing roda bermasalah, dengan menggoyangkan roda, dorong dan tarik pada sisi atas dan bawah. Jika ada celah, artinya bearing roda sudah waktunya peremajaan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Motor Habis Terabas Banjir Jangan Dicuekin, Salah-Salah Mesin Bisa Pecah!

Tanda lainnya yakni adanya suara-suara aneh, putaran roda yang seret dan agak bergetar. Nah, jika kondisi bearing roda masih baik, ada tips dari Yamaha Thamrin Brothers untuk menjaga kondisi bearing roda. Seperti apa?

1. Jangan Ngebut di Jalan Rusak

Agar bearing roda dapat memiliki umur yang panjang dan bekerja secara optimal, disarankan para pengendara untuk selalu berhati-hati terutama pada jalan yang rusak. 

Karena apabila motor menghantam lubang dengan kecepatan tinggi, maka bearing roda akan langsung menerima benturan yang cukup keras dan hal tersebut dapat memperpendek umur bearing. 

Motor Terasa Tak Stabil, Bisa Jadi Bearing Roda Bermasalah 01

Motor kotor tak langsung dibersihkan bisa rusak bearing roda.

Oleh sebab itu selalu berhati-hati saat berkendara di jalan yang rusak atau sebisa mungkin menghindari melewati jalan berlubang.

2. Bersihkan Area Roda

Saat musim hujan dan banjir, setelah melewati genangan air bersihkan bagian roda dengan air bersih dari kotoran, lumpur dan pasir. Karena jika tidak, kotoran tadi bisa merusak seal pada as roda.

Karena jika air menerobos masuk, bisa sebabkan pelumas pada bearing roda berkurang atau hilang, akibatnya bearing jadi berkarat dan lebih cepat rusak.

3. Hindari Bawa Beban Berlebih

Motor Terasa Tak Stabil, Bisa Jadi Bearing Roda Bermasalah 02

Bearing roda punya tugas penting untuk kaki-kaki motor.

Sering dijumpai banyak pengendara yang sering membawa barang bawaan yang sangat besar dan juga berat pada motor. Padahal tanpa disadari hal tersebut juga bisa membuat umur bearing roda menjadi semakin pendek. 

Baca juga : Yamaha Grand Filano Dilengkapi Kunci Darurat, Begini Fungsi dan Cara Pakainya

Lantaran saat sepeda motor berjalan, beban yang berlebihan memberikan tekanan yang lebih berat pada bearing. Oleh sebab itu disarankan untuk membawa barang dalam batas wajar.

4. Jangan Modifikasi Ban Sembarangan

Modifikasi bisa mengakibatkan bearing roda bermasalah, seperti penggantian ban yang tidak sesuai (ban yang sangat kecil), atau biasa disebut dengan istilah ban cacing.

Hal ini bisa mengakibatkan benturan dan getaran yang lebih besar karena ukuran ban tidak mampu menahannya, sehingga akan dibebankan di bearing roda. 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });