window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap

Sancez · 27 Mei, 2021 19:00

Di arena balap World Superbike (WSBK), nama Jonathan Rea bisa dibilang sebagai salah satu rider tersukses. Rekor 100 kali juara mampu diraihnya belum lama ini.

Bahkan di atas tunggangan Kawasaki Ninja ZX-10R, dirinya sukses mencatatkan sebagai juara enam kali beruntun sejak 2015 hingga 2020. Dan kini, motor balap versi tes musim dingin (winter test) andalan Jonathan Rea resmi dilelang.

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap 01

Kawasaki Ninja ZX-10R milik Rea yang dilelang.

Yup, motor ini bisa disebut sebagai memorabilia langsung dari enam kali juara dunia WSBK tersebut. Karena motor ini merupakan milik pribadi dari Jonathan Rea yang kerap digunakannya saat latihan, terutama di sesi tes musim dingin.

Baca juga : Sukses Hadirkan Ninja ZX-25R, Kawasaki Dikabarkan Siapkan Ninja ZX-4R

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Karena milik pribadi, bukan kepunyaan tim Kawasaki Racing Team (KRT), bahkan motor bernomor sasis JKAZT00SSA000611 itu memiliki surat-surat resmi hingga plat nomor dengan registrasi Inggris, negara asal Jonathan Rea.

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap 01

Motor dilelang lengkap dengan surat registrasi.

Tapi saat ini, motor tersimpan di markas Provec Racing di Granollers, Barcelona, Spanyol. Bukan hanya disimpan, segala kelengkapan dan peranti balap di Ninja ZX-10R ini juga dituning dan disiapkan oleh mereka. Jadi bisa dikatakan siap untuk dipakai balap.

Provec Racing sendiri merupakan tuner yang ditunjuk langsung oleh KRT sebagai rekan mereka di arena balap WSBK. Sehingga secara penggarapan, motor ini sudah sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh KRT.

Baca juga : Siap-Siap, Superbike Kawasaki Ninja ZX-10R Terbaru Bakal Hadir di Indonesia Tahun Ini!

Oiya, model yang dilelang ini bukanNinja  ZX-10R yang versi terbaru lho. Melainkan model dari tahun 2016 atau satu generasi sebelum varian yang beredar saat ini. Namun versi ini juga jadi catatan tersendiri karena menghasilkan banyak kemenangan bagi Jonathan Rea.

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap 02

Unit motor telah disegarkan kembali sebelum dilelang.

Perbedaan di model terkini bisa langsung terlihat dari sektor eksteriornya. Tengok saja tampangnya yang masih mengandalkan fairing dengan sepasang headlamp besar bersudut tajam. Bukan bergaris tegas ala Kawasaki H2 yang hadir pada Ninja ZX-10R saat ini, yang dikenalkan pada tahun lalu.

Secara tampilan, motor didominasi warna hitam dengan grafis hijau dan putih. Warna ini merupakan ciri dari motor-motor yang dipakai pada sesi tes musim dingin. Sehingga berbeda dari warna versi balapnya yang menonjolkan nuansa hijau jeruk nipis.

Baca juga : Ingin Tahu Soal Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Simak 5 Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan Terkait Motor Ini

Menariknya, meski sudah berusia lima tahun, namun sektor mesin yang digarap oleh Provec Racing ini kembali disegarkan dengan komponen baru sehingga kilometer yang tertera di Odometer motor berkelir hitam itu masih nol. Spesifikasi mesinnya pun terbilang siap untuk kegiatan balap di sirkuit, termasuk untuk ajang track day yang kini marak dilakukan penggemar motor di Tanah Air.

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap 03

Komponen eksotis seperti knalpot Akrapovic akan didapat pemenang lelang.

Di mana mesin 998 cc 4-silinder standarnya sudah dimodifikasi serta dibekali dengan peranti kompetisi. Modifikasi oleh Provec Racing tersebut membuat semburan tenaga yang dihasilkan mencapai sekira 200 PS. Memang tidak sebesar versi balap resminya. Namun cukup untuk sekadar mengikuti ajang track day atau ikut sunmori.

Sebut saja knalpot Akrapovic full system yang terdiri dari silencer, pipa dan header untuk 4-silinder, lalu ECU dan kelistrikan yang digarap Provec Racing. Catch tank dengan Kawasaki kit regulator, sistem pendinginan Taleo, pipa radiator Samco, rantai dan gir Renthal. Serta pelindung mesin dari GB Racing.

Baca juga : Simulasi Kredit Kawasaki Ninja 250 2021, Motor Sport 250 cc Yang Masih Digemari Sampai Saat Ini

Masih ada pula suspensi kompetisi dengan set Superstock dari Showa. Lalu footstep dan setang dari Provec Racing. Pengendalian motor pun makin sempurna lewat pengaplikasian selang rem J.Juan, rem Brembo dan steering damper K-Tech. Dalam paket penjualannya juga terdapat dua buah fairing tanpa lampu yang dilengkapi windshield Puig juga dua set velg.

Meski dibekali settingan siap balap oleh Provec Racing, bukan berarti status motor ini ilegal di jalan raya, atau track only. Karena motor ini memiliki lisensi dan surat-surat yang membuatnya tetap legal berjalan di jalan raya. Bukan benar-benar motor yang hanya bisa dibawa di sirkuit, seperti Kawasaki Ninja H2R misalnya.

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap 04

Kelengkapan motor sudah siap dipakai track day.

Tapi jelas, pemiliknya bisa membawanya di jalan raya, tentu dengan ubahan terlebih dahulu. Yakni dengan memasang kelengkapan legal di jalan raya. Karena dalam paket penjualannya beberapa komponen bawaan motor untuk di jalan raya, seperti plat, spion dan lampu-lampu tetap disediakan.

Namun seperti disebut di atas, komponen tersebut tidak terpasang secara langsung layaknya motor dari dealer. Tetapi dicopot untuk kebutuhan latihan balap, termasuk dengan pergantian fairing ke model tanpa lampu.

Baca juga : Tertarik Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Siapkan Dana Minimal Rp 25 Juta Untuk Memilikinya

Bukan hanya mendapat motor, pembeli ZX-10R ini juga akan mendapat fasilitas eksklusif dari KRT. Mulai dengan acara meet and greet bersama Jonathan Rea dan kru KRT. Lalu KRT VIP pass untuk satu seri balap WSBK yang menawarkan kunjungan pit, makan siang bersama dan akses paddock.

Kemudian ada, KRT official gear yang bertanda tangan Jonathan Rea. Ada pula penjelasan modifikasi motor tersebut langsung dari Jonathan Rea. Dan tentu tanda tangan di motor ZX-10R secara langsung oleh pembalap bernomor start 1 itu.

Motor Tes Kawasaki Ninja ZX-10R Milik Jonathan Rea Dilelang, Punya Surat Registrasi dan Siap Balap 05

Motor hanya dipakai menjelang musim balap baru berlangsung.

Pelelangan dilakukan secara online via situs jual beli eBay mulai Rabu (26/5). Hingga saat ini (27/5) pagi, harga yang ditawarkan sudah menembus 32.600 Euro atau setara Rp 570 juta. Tentu harga ini bisa berubah dan dipastikan terus naik.

Baca juga : Kawasaki Ninja 250 2021 Resmi Mengaspal, Tampil Baru Harga Tetap Rp 64,2 Juta

Karena untuk mengikuti lelang tersebut, Anda perlu menaikan tawaran harga di kelipatan 100 Euro atau Rp 1,7 juta. Lelang ini berlangsung hingga 5 Juni nanti dengan pembeli yang menawar di harga tertinggi. Sayangnya, pihak Provec Racing, Kawasaki Racing Team atau Jonathan Rea menyatakan tidak melakukan pengiriman, termasuk ke Indonesia. Karena metode pembeliannya dilakukan secara tunai di markas Provec Racing.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });