window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Mumpung Libur, Yuk Periksa Kondisi Motor Kesayangan Sendiri di Rumah

Harry · 14 Mei, 2021 18:00

Momen-momen liburan seperti saat ini Anda pastinya punya banyak sekali waktu luang. Jika silahturahmi dengan keluarga dan kawan-kawan sudah dilakukan dan bingung mau melakukan apa, tak ada salahnya memeriksa kondisi motor.

Tenang tak perlu bawa motor ke bengkel, tapi cukup melakukan pemeriksaan ringan dan semuanya bisa dilakukan sendiri di rumah. Karena memeriksa kondisi motor bisa untuk mengisi waktu senggang dan pastinya Anda akan paham keadaan kuda besi andalan.

Mumpung Libur, Yuk Periksa Kondisi Motor Kesayangan Sendiri di Rumah 01

Mumpung ada waktu luang, tak ada salahnya periksa kondisi motor kesayangan.

"Kami menyarankan agar tidak lupa melakukan pengecekan sepeda motor. Ini penting dilakukan agar tidak ada problem yang terlewatkan karena bisa berdampak pada kegiatan sehari-hari," ujar M. Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Nah apa saja sih yang harus diperiksa?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Pajak Motor Habis Saat Libur Lebaran? Mari Simak Solusinya Agar Tak Kena Denda

1. Bahan Bakar

Jika motor lebih banyak terparkir di garasi selama liburan ini, pastikan volume tangki bahan bakar tetap penuh. Ini untuk mencegah terjadinya penguapan, dan sekalian deh cek apakah ada kebocoran bahan bakar dengan aroma yang tercium di sekitar motor.

Bahan bakar yang penuh juga bisa mencegah terjadinya karat pada tangki bahan bakar loh. Untuk memeriksa volume bahan bakar tentu mudah, cukup lihat pada panel meter saja.

Mumpung Libur, Yuk Periksa Kondisi Motor Kesayangan Sendiri di Rumah 01

Periksa volume bahan bakar, usahakan penuh jika motor terparkir lama.

2. Oli Mesin

Kapan terakhir kalian ganti oli mesin? Nah, jangan lupa periksa ketinggilan level oli mesin. Caranya dengan membuka tutup lubang pengisian oli, dan lihat pada batang tutup olinya.

Jika volume oli dalam batas normal, artinya masih bagus. Dan periksa juga kualitas oli mesin, dengan teteskan pada tisu. Jika sudah terlalu hitam dan tak terasa licin saat dipegang, segera ganti oli yang baru.

Baca juga : Kenali 4 Ciri-Ciri Komstir Yamaha Nmax 155 2021 Bermasalah, Bisa Bikin Handling Motor Tak Nyaman!

3. Lampu-Lampu

Alat komunikasi dengan sesama pengendara hanyalah menggunakan signal lampu, seperti lampu sein dan lampu rem. Ganti dengan yang baru jika ada lampu yang mati.

Mumpung Libur, Yuk Periksa Kondisi Motor Kesayangan Sendiri di Rumah 02

Pastikan kondisi lampu menyala, termasuk bersihkan dari embun seperti pada foto ini.

4. Kabel Gas

Pastikan dnegan memutar tuas gas dengan lembut, rasanya jika ada gejala terhambat atau tidak. Coba pula belokkan setang motor kiri-kanan, jika ada gejala putaran mesin naik, artinya kabel gas sedikit tertarik. Ini bisa berbahaya.

5. Rem

Keselamatan Anda juga tergantung pada sistem pengereman. Tekan tuas rem depan dan belakang, rasakan pergerakan tuas rem. Perhatikan juga nyala lampu rem, jika mati langsung ganti dengan bohlam rem yang baru.

Cek pula tabung minyak rem dan warnanya, jika sudah berkurang dan berbah warna jadi hitam, jangan lupa kuras dan isi minyak rem baru. Perhatikan juga sil-sil pada sistem pengereman jika terjadi kebocoran.

Baca juga : Ingin Suspensi Honda PCX 160 Awet, Ini 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan

Mumpung Libur, Yuk Periksa Kondisi Motor Kesayangan Sendiri di Rumah 03

Kondisi ban yang baik, sangat penting saat berkendara.

6. Ketebalan Ban

Pastikan alur ban dalam batas normal dengan melihat pada indikator TWI (thread wear indicator) yang berupa segitiga pada dinding ban. Perhatikan juga tekanan angin ban.

Baca juga : Lupa Rawat Radiator, Overheat Bisa Mengancam Honda PCX 160 dan Yamaha NMax Anda!

7. Bersihkan Motor

Jika semuanya sudah dilakukan dan motor dalam kondisi aman, terakhir bersihkan motor dengan mencuci sendiri. Sisi positif mencuci motor sendiri, Anda bisa lebih mengetahui seluk beluk motor, dan mengetahui ciri-ciri motor sendiri.

Setelah semuanya sudah bersih, jika memungkinkan tutup dengan sarung motor agar tetap bersih dan terlindungi dari kotoran serta hewan peliharaan. Kalau sudah begini, motor akan siap dipakai untuk beraktivitas kembali.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });