window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT?

Fariz · 12 Des, 2022 14:00

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 01

Adu posisi berkendara XMax dan SR GT.
  • XMax punya jok yang lebar dan tebal.
  • SR GT lebih ramping dan posisi kaki lebih lurus.

Sedang mencari matic medium yang bisa diajak berkendara sehari-hari maupun turing? Dengan bujet Rp 60 jutaan terdapat 2 pilihan matic, ada Yamaha XMax dan Aprilia SR GT.

Meski keduanya punya harga di rentan Rp 60 jutaan, tapi sejatinya kedua matic ini bermain di segmen yang berbeda. Aprilia SR GT bermain di segmen matic 200 cc sedangkan XMax bermain di matic 250 cc.

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 02

Keduanya bermain di segmen matic medium

Dengan adanya perbedaan segmen tersebut, kira-kira mana yang punya posisi berkendara lebih nyaman? Karena itu kami langsung membandingkan kedua matic ini dalam hal posisi berkendara.

Posisi Berkendara Yamaha XMax

Bermain di segmen matic 250 cc membuat Yamaha XMax punya dimensi yang lebih gambot, dimensi ini tentunya juga berpengaruh terhadap posisi berkendara. Duduk di atasnya terasa lebih nyaman karena posisi setang terasa tinggi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 01

Jok XMax lebar menyesuaikan bodinya

Baca juga: Perbandingan Performa Yamaha XMax dan Aprilia SR GT 200, Cuma Beda Tipis?

Efeknya posisi lengan dan pundak terasa lebih santai serta nyaman untuk berkendara jauh. Bodi yang lebar membuat jok juga lebar lengkap dengan sandaran tulang ekor, efeknya tentu saja bisa menampung bokong pengendara dengan sempurna.

Motor ini menyuguhkan dua posisi pijakan kaki yang bisa dipilih pengendaranya. Bisa memposisikan kaki secara normal dan bisa juga sedikit meluruskan kaki, walaupun untuk postur 170 cm kaki tidak bisa lurus dengan sempurna.

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 02

Kaki menekuk saat dipijakan di posisi atas

Jok yang lebar punya sedikit kelemahan, yaitu bikin sebagian pengendara jinjit akibat paha terganjal dengan sisi samping jok. Keadaan ini cukup merepotkan saat merayap di kemacetan.

Posisi Berkendara Aprilia SR GT

Beda dengan Yamaha XMax, Aprilia SR GT menyuguhkan feeling berkendara yang lebih ramping karena memang dimensinya yang lebih kecil. Ini langsung terasa ketika duduk di joknya yang lebih tirus.

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 03

Jok SR GT lebih ramping di sisi depan

Baca juga: Matic Rp 60 Jutaan, Mau Aprilia SR GT 2022 atau Yamaha XMax 2022?

Meski jok pengendara Aprilia SR GT lebih tirus, namun posisinya lebih tinggi dibanding Yamaha XMax, perbandingannya 799 mm dengan 795 mm. Karena itu pengendara berpostur 170 cm tetap dibuat sedikit jinjit oleh Aprilia SR GT.

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 04

Posisi setang tidak terlalu tinggi namun lebih menekuk ke arah pengendara

Karena joknya yang tinggi membuat setang pipanya jadi terasa sedikit rendah jika dibandingkan dengan Yamaha XMax, sehingga pundak jadi terasa tidak terlalu relax, andai saja raiser atau lekuk setang lebih tinggi pasti akan terasa makin nyaman.

Nyaman Mana Posisi Berkendara Yamaha XMax Atau Aprilia SR GT? 05

Posisi kaki bisa sedikit lebih lurus dibanding XMax

Lekuk setang Aprilia SR GT lebih menekuk ke arah pengendara membuatnya jadi lebih mudah dikontrol, tapi kalau belok secara penuh membuat pergelangan tangan agak menekuk.

Enaknya di Aprilia SR GT adalah pijakan kaki depan yang sedikit lebih landai dan maju, sehingga kaki postur 170 cm bisa memposisikan kaki hampir sempurna. Sayangnya pijakan kaki yang full berbahan plastik membuatnya terasa agak licin.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });