window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Oli Sinexo Uji Kualitas di Ajang Balap, Pakai Bahan Tumbuhan dan Dilengkapi Catalyst

Fariz · 20 Des, 2022 17:30

Oli Sinexo Uji Kualitas di Ajang Balap, Pakai Bahan Tumbuhan dan Dilengkapi Catalyst 01

Cahaya Gold Jewellery Scooter Jam buktikan Sinexo di balap The Brotos Vespa Race.
  • Jadi merek dan produksi lokal yang bertarung dengan merek import.
  • Saat ini menjadi satu-satunya oli di Indonesia yang dilengkapi catalyst.

Oli mesin jadi salah satu komponen yang krusial karena tugasnya untuk melumasi beragam komponen di mesin dan menstabilkan suhu mesin. Karena dari itu, oli mesin cukup menentukan performa dan durabilitas dari sebuah mesin.

Hal ini semakin krusial ketika digunakan di mesin motor balap, yang mana performa mesin sudah ditingkatkan sehingga bekerja lebih keras dari motor harian. Apalagi mesin motor balap menghasilkan panas yang lebih tinggi dan terus bermain di putaran tinggi.

Karena itu oli motor balap bisa dikatakan tidak bisa sembarang, harus oli yang benar-benar memiliki kualitas tinggi agar bisa menghasilkan performa yang optimal dan durabilitas yang baik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Di Indonesia sendiri oli balap umumnya dikuasai oleh merek-merek luar negeri, seperti Motul asal Perancis yang terkenal dengan tipe 300V, ada juga Ipone yang juga dari Perancis dengan tipe Racing, dan masih banyak lagi.

Produk Asli Indonesia

Berangkat dari hal tersebut, PT Twin Sinergi Indonesia memproduksi oli Sinexo yang merupakan merek lokal dan produksi lokal untuk bersaing di ajang balap sebagai pembuktian kalau kualitasnya tidak kalah dengan produk import.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Jangan Pakai Oli Mesin Mobil Buat Motor Matic

Oli Sinexo Uji Kualitas di Ajang Balap, Pakai Bahan Tumbuhan dan Dilengkapi Catalyst 01

Sinexo V35 jadi oli balap andalan dari merek ini

“Produk Indonesia gak ada yang main di kelas medium ke atas sampai balap. Makanya kami ciptakan produk Indonesia untuk bisa bertarung dengan produk luar tersebut,” ujar Christhomas Oklen dari PT Maju Mulya Pratama selaku distributor Sinexo untuk area Jabodetabek dan luar pulau.

Oli yang diproduksi di Gresik, Surabaya ini memang berfokus untuk bermain di market medium ke atas hingga racing atau balap untuk menetapkan dirinya sebagai premium brand.

Langganan Podium

Beberapa tim balap sudah menggunakan Sinexo V35 full systhetic ester sebagai pelumas mesin balapnya. Hasilnya tidak mengecewakan, karena bisa dikatakan langganan podium tiap balap!

Seperti tim Cahaya Gold Jewellery Scooter Jam pada ajang balap The Brotos Vespa Race baik seri 2 maupun seri 3 mampu menyabet podium di banyak kelas. Bahkan Cahaya Gold Racing Team Sinexo baru saja menduduki podium 3 di race 1 dan podium 1 di race 2 pada balap Piala Presiden Grand Final Motoprix 2022. 

Baca juga: Uji Langsung Rekomendasi Oli Mesin dan Ban Yamaha NMax, Layak jadi Pilihan?

Oli Sinexo Uji Kualitas di Ajang Balap, Pakai Bahan Tumbuhan dan Dilengkapi Catalyst 02

Cahaya Gold Racing Team Sinexo raih double podium pada Piala Presiden Grand Final Motoprix 2022

“Jadi memang penginnya gembar-gembor belakangan, yang penting oli kami dipakai dulu dan ada kualitas dulu. Setelah itu baru bisa menyerap tim-tim lain. Saya mewakili principle dan memang disuruh juga seperti itu, karena kalau sudah coba kan bicaranya beda,” sambung Thomas panggilan akrabnya.

Mengandung 100% Nabati

Beda dengan kebanyakan oli lainnya, Sinexo justru hadir sebagai oli nabati.  Nabati di sini membuat Sinexo menjadi oli yang ramah lingkungan dalam pembuatannya karena menggunakan bahan tumbuh-tumbuhan. 

“Makanya Sinexo masuk ke green nano technology karena 100% nabati. Dari base oil, dicampur dengan nabati, jadilah green nano technology yang ramah lingkungan. Karena full nabati, oli ini arahnya ke wangi tumbuh-tumbuhan dan lebih dominan sereh. Di dalamnya emang ada kandungan minyak serehnya,” tambah pria ramah ini.

Tidak hanya menggunakan Nabati, Sinexo saat ini menjadi satu-satunya produsen oli di Indonesia yang menggunakan catalyst di semua line up produknya. Catalyst ini membantu dalam durabilitas hingga meminimalisir gesekan tiap komponen.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ini Bedanya Oli Mesin Motor Matic Lawas dan Baru

Oli Sinexo Uji Kualitas di Ajang Balap, Pakai Bahan Tumbuhan dan Dilengkapi Catalyst 03

Selain nabati ada juga catalyst pada setiap produk Sinexo

Dengan kata lain tugas catalyst di sini membantu additive yang sudah ada pada oli, dengan begitu oli bisa bekerja lebih optimal dan bisa memiliki performa yang lebih baik.

“Catalyst salah satu jempolan kami. Dari performa, catalyst ini pengaruh banget karena gesekan lebih halus, bisa dikatakan minim penggesekan. Kedua, lifetime bisa lebih panjang, di balap bisa pakai dari latihan sampai kualifikasi.”

“Saat additive habis, masih ada catalyst yang belum habis. Yang paling gak bisa dibohongin adalah catalyst juga bisa membersihkan ruang bakar. Sampai saat ini, saya lihat kompetitor belum ada yang pakai, di Indonesia baru kami yang pakai catalyst ini,” tutup pria kelahiran Jakarta ini.

Bangga produk Indonesia!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });