window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pahami Vitalnya Fungsi Sekring, Pengguna Honda Vario 125 2021 Wajib Tahu!

Harry · 18 Jun, 2021 12:00

Pada sistem kelistrikan sepeda motor, terdiri dari beragam komponen. Salah satunya adalah sekring, komponen kecil yang memiliki peran vital pada sebuah motor, termasuk Honda Vario 125 2021.

Meski berukuran kecil, tugasnya sangat penting dalam rangkaian kelistrikan. Sekring berfungsi memutus arus listrik berlebih jika dalam rangkaian kelistrikannya terjadi korsleting.

Baca juga : Tips Mudah Ganti Ukuran Ban Honda Vario 125 dan Vario 150 2021 Tanpa Ubah Pelek

Pahami Vitalnya Fungsi Sekring, Pengguna Honda Vario 125 2021 Wajib Tahu! 01

Sekring motor modern pakai model tancap.

Bayangkan jika tak ada sekring, maka saat terjadi korsleting, bukan tak mungkin motor akan terbakar dan menimbulkan kerusakan yang sangat parah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Jangan Asal, Ada Ritual Khusus Menggunakan Ban Motor Baru

"Terputusnya aliran listrik tersebut, akan manghilangkan atau menurunkan potensi terjadinya kerusakan yang lebih parah baik itu pada komponen kelistrikannya dan komponen lainnya," ujar Ade Rohman, Sub Dept Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM).

Bentuk Sekring Motor

Bentuk sekring yang digunakan dalam sistem kelistrikan atau komponen elektronika bentuknya bermacam-macam. Sedangkan sekring yang digunakan pada sepeda motor ada dua jenis, yaitu sekring tabung (tube fuse) dan sekring tancap (fuse blade).

Pahami Vitalnya Fungsi Sekring, Pengguna Honda Vario 125 2021 Wajib Tahu! 01

Sekring model tabung banyak dipakai pada motor tahun lama.

Sekring tabung banyak digunakan pada mobil dan motor lawas. Sekring ini memudahkan pengendara atau mekanik melihat kondisinya, putus atau tidak, karena kawat pengamannya terbungkus oleh tabung kaca bening.

"Tetapi model ini membutuhkan tempat penyimpanan yang agak besar, maka didalam kendaraan modern, jenis sekring ini sudah jarang ditemui," terang Ade pada rilis resminya.

Baca juga : Indikator Aki Menyala, Apa yang Harus Dilakukan Pemilik Honda Vario?

Maka jenis sekring tancap jadi yang lebih mudah ditemui. Dinamakan sekring tancap karena pemasangannya hanya ditancapkan saja. Sekring jenis ini memiliki berbagai warna berbeda yang menandakan kapasitasnya.

Pahami Vitalnya Fungsi Sekring, Pengguna Honda Vario 125 2021 Wajib Tahu! 02

Warna sekring tancap menandakan kapasitasnya.

Berikut ragam warna dan kapasitas sekring tancap.

  • Oranye - 5 Ampere (A)
  • Merah - 10A
  • Biru - 15A
  • Kuning - 20A
  • Bening atau ungu - 25A
  • Hijau - 30A

Periksa Kondisi Sekring

Cara memeriksa kondisi sekring ini sangat mudah, yaitu dengan cara melihat hubungan kawat didalam sekring tersebut dari samping, jika hubungan kawat bagus bisa disimpulkan kondisi sekring tersebut baik-baik saja.

Baca juga : Mumpung Libur, Yuk Periksa Kondisi Motor Kesayangan Sendiri di Rumah

Tetapi untuk memastikannya, lebih baik jika dipastikan dengan diukur kontinuitas antar kakinya menggunakan avo meter. Sementara jika hubungan kawatnya terlihat sudah terkoyak atau terputus, bisa dipastikan sekring tersebut sudah rusak.

Pahami Vitalnya Fungsi Sekring, Pengguna Honda Vario 125 2021 Wajib Tahu! 03

Korsleting kerap jadi penyebab motor terbakar.

Baca juga : MIL Menyala Setelah Honda PCX 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!

Hal yang juga perlu diperhatikan ketika mengganti sekring lama dengan sekring baru harus menggunakan ukuran sekring yang sama. "Jika mengganti sekring yang memiliki ukuran lebih tinggi, akan sangat memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan, bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran," wanti Ade.

Sudah pahamkan?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });