window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Pengguna Makin Ramai, Ini Daftar Penyedia Layanan Ganti Baterai Motor Listrik di Indonesia

Ilham · 2 Des, 2021 13:30

Elektrifikasi di sektor kendaraan roda dua sudah dimulai di Indonesia sejak dua tahun terakhir. Hal ini didukung oleh pemerintah lewat PP 55 Tahun 2019 mengenai percepatan program kendaraan listrik berbasis baterai. Dan kini industri motor listrik tersebut makin berkembang.

Salah satu usaha pendukung yang mulai berjalan dengan maraknya motor listrik adalah layanan SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum).

Pengguna Makin Ramai, Ini Daftar Penyedia Layanan Ganti Baterai Motor Listrik di Indonesia 01

SPBKLU Gogoro di Taiwan

Saat ini sudah terdapat beberapa perusahaan yang menawarkan jasa penukaran baterai tersebut. Sistem stasiun pengisian baterai ini hanya berlaku pada motor listrik dengan tipe baterai removable atau bisa dicopot.

Sayangnya meski terkesan ramai, tetapi SPBKLU tersebut masih seperti jalan masing-masing. Sehingga tidak semua motor listrik tersebut bisa bertukar pakai karena spesifikasi baterai yang berbeda dan belum terstandar. Lalu apa saja SPBKLU yang sudah tersedia?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Sudah Dibuktikan Ojol, Motor Listrik Rakata S9 Bisa Disewa Ratusan Ribu Saja

SWAP Battery System

SWAP Battery System merupakan SPBKLU yang khusus diperuntukan mengisi baterai motor listrik Smoot Tempur. Di mana baterai yang sudah terpakai bisa ditukar dengan yang sudah terisi penuh di SWAPPoin, atau stasiun pengisian daya baterai. Proses pergantian baterai ini hanya memakan waktu 9 detik saja.

Pengguna Makin Ramai, Ini Daftar Penyedia Layanan Ganti Baterai Motor Listrik di Indonesia 01

SWAP Station

Di kawasan Jabodetabek, jumlah SWAPPoin sudah terdapat di 182 titik. Lokasinya beragam mulai dari minimarket hingga SPBU Shell. Lokasi SWAPPoin dan ketersediaan baterai  melalui aplikasi SWAP di smartphone.

Untuk skema ongkos penggantian daya ini tidak dilakukan secara langsung seperti mengisi bensin. Sebagai gantinya ada paket daya jelajah yang diinginkan dari rentang 100 km untuk waktu 30 hari dengan tarif Rp 20 ribu. Lalu 250 km seharga Rp 45 ribu dan 500 km berbanderol Rp 80 ribu. Kedua jarak terakhir berlaku untuk 60 hari.

Baca Juga: Mau Bawa Honda PCX Electric Buat Harian? Pahami Dulu Persyaratannya

Oyika

Perusahaan kedua yang menyediakan SPBKLU adalah Oyika. Perbedaannya, motor yang dapat memakai baterai dari Oyika lebih beragam. Mulai dari brand Viar, Rakata, Elfindo hingga Selis. Bahkan kedepannya Oyika juga tengah menjajaki kerjasama dengan Gesits dan kini sudah masuk tahap produksi penyesuaian dudukan baterainya.

Pengguna Makin Ramai, Ini Daftar Penyedia Layanan Ganti Baterai Motor Listrik di Indonesia 02

SPBKLU Oyika sudah ada 32 titik di Jabodetabek

Untuk spesifikasi baterainya, Oyika menyajikan varian 60 volt 11 Ah. Nantinya di motor akan dipasang paralel dua baterai 60 volt 22 ah. Dengan dukungan dua baterai tersebut, daya jelajahnya diprediksi mencapai 60 km.

Sementara skema yang ditawarkan adalah penyewaan unit bersama motornya sebesar Rp 265 ribu perpekan. Selama penggunaannya, konsumen bebas mengganti unit baterai yang dibutuhkan. Saat ini, Oyika memiliki SPBKLU sebanyak 32 titik di Jabodetabek dengan penambahan 25 titik hingga akhir tahun.

Honda Mobile Power Pack

Sebagai brand motor Jepang satu-satunya yang turun di segmen motor listrik, Honda menghadirkan fasilitas penukaran baterai berjuluk Honda Mobile Power Pack. SPBKLU dari Honda ini hanya cocok dipakai oleh baterai dari skuter Honda PCX Electric.

Pengguna Makin Ramai, Ini Daftar Penyedia Layanan Ganti Baterai Motor Listrik di Indonesia 03

Honda Mobile Power Pack jadi satu paket dengan penyewaan PCX Electric

Lokasi Honda Mobile Power Pack baru terdapat pada tiga titik di Jakarta. Diantaranya main dealer Honda, seperti di Gunung Sahari, Tanah Abang dan Dewi Sartika Cawang. Skema yang ditawarkan pada SPBKLU ini adalah sebagai paket pendukung penyewaan Honda PCX Electric yang sampai saat ini belum dijual umum.

Baca Juga: Ganti Baterai Cuma Sembilan Detik, Smoot Tempur Jadi Motor Listrik Andalan Kurir Pos Wanita

Gojek x Gogoro

Pemain motor listrik asal Taiwan yang tengah naik daun, yakni Gogoro juga tak mau ketinggalan bermain di Indonesia. Alih-alih hadir sendirian, Gogoro menggandeng Gojek sebagai mitra di Indonesia bulan lalu.

Pengguna Makin Ramai, Ini Daftar Penyedia Layanan Ganti Baterai Motor Listrik di Indonesia 04

Gogoro gandeng Gojek di Indonesia

Saat ini Gojek mengandalkan 250 unit Gogoro Smartscooters dengan empat unit GoStation yang berlokasi di SPBU Pertamina di Jakarta. Rencananya akan ada 5.000 unit motor listrik Gogoro yang dipesan Gojek untuk memenuhi kebutuhan mereka menuju perusahaan transportasi ramah lingkungan.

Sebagai catatan, saat ini Gogoro merupakan salah satu penyedia peranti baterai removable terbesar di dunia. Mereka merancang baterai tersebut bukan hanya untuk kebutuhan motornya semata. Melainkan bisa juga dipakai oleh motor listrik lain dengan platform baterai yang sama. Seperti keluaran Hero Motor di India, atau Suzuki eReady di Taiwan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });