window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Perhatikan:Dampak Buruk Ganti Knalpot Racing pada Vespa Sprint Tanpa Setting Ulang ECU!

Nussa · 23 Des, 2020 15:00

Perhatikan:Dampak Buruk Ganti Knalpot Racing pada Vespa Sprint Tanpa Setting Ulang ECU! 01

Vespa Sprint ada yang dibekali dengan mesin 125 cc dan 150 cc. Meski demikian, masih ada sebagian pemilik skuter matik (skutik) ini yang merasa kurang puas dengan performa yang dihasilkan mesin tersebut.

Untuk itu, banyak yang mencoba untuk meningkatkan performanya. Cara paling sederhana yang banyak dilakukan adalah mengganti knalpot standar dengan knalpot racing keluaran aftermarket.

Perhatikan:Dampak Buruk Ganti Knalpot Racing pada Vespa Sprint Tanpa Setting Ulang ECU! 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dengan memakai knalpot racing pada Vespa Sprint, tampilannya memang menjadi lebih keren. Tak hanya dilihat mata, tapi didengar pun jadi lebih sangar. Knalpot racing juga punya bobot yang ringan dan jalur yang lebih lega, sehingga motor akan terasa lebih bertenaga.

Namun, perlu diketahui untuk semua pemilik Vespa Racing. Mengganti knalpot standar dengan knalpot racing saja tidak cukup untuk meningkatkan performa mesin. Diperlukan juga penyesuaian pada sektor lainnya.

Sebab, jika hanya mengganti knalpot racing semata, dapat berisiko mengalami kerusakan pada mesin Vespa Sprint. Alih-alih motor menjadi lebih kencang, justru yang dirasakan malah sebaliknya.

"Karena habis ganti knalpot motor langsung lebih enak dikendarai, banyak yang enggak mau repot dan merasa setting ulang asupan bahan bakar tidak lagi diperlukan," terang Wawan Setiawan, owner bengkel WMC Racing, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dikutip dari Gridoto.com.

Langkah tersebut banyak dilakukan terutama oleh para pengguna motor modern yang sudah dibekali dengan sistem injeksi yang canggih. Saat dites, memang ada kenaikan performa dari mesin. Tapi, hasilnya sudah pasti tidak akan maksimal dan efeknya buruk untuk jangka panjangnya.

Perhatikan:Dampak Buruk Ganti Knalpot Racing pada Vespa Sprint Tanpa Setting Ulang ECU! 01

"Karena jalur buang lebih plong bikin ruang bakar lebih kering, efeknya motor jadi gampang panas," katanya.

Jika mesin cepat panas, maka tingkat penguapan oli mesin atau cairan pendingin menjadi lebih tinggi. Sehingga, risiko motor mengalami overheat atau bahkan mesinnya jebol jadi lebih besar.

Di pasaran, cukup banyak knalpot racing yang ditawarkan untuk mendongkrak performa dari Vespa Sprint. Beberapa merek knalpot racing terkenal yang menyediakan, antara lain Akrapovic, Malossi, Polini, Remus, Termignoni, Arrow, dan lainnya. Harga yang dibanderol juga bervariasi untuk tiap knalpot. Sebab, spesifikasi yang ditawarkan juga sangat beragam.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });