Perhatikan Komponen Ini Pasca Motor Terkena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru

Ilham · 6 Des, 2021 13:00

Kabar sedih hadir dari kawasan timur Pulau Jawa. Di mana gunung tertinggi di Pulau Jawa, yakni Semeru (3.676 mdpl) memuntahkan isinya pada akhir pekan lalu. Sontak sederet wilayah di Jawa Timur terkena dampak semburan abu vulkanik Gunung Semeru.

Perhatikan Komponen Ini Pasca Motor Terkena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru 01

Motor juga digunakan untuk sarana evakuasi

Banyak yang berdampak dari bencana alam ini. Tak terkecuali sepeda motor yang turut terkena bahkan tertimbun material erupsi. Karena selain mengandalkan motor untuk menyelamatkan diri, banyak juga pemilik motor yang tidak sempat mengevakuasi tunggangannya saat erupsi berlangsung.

Dan ternyata butuh perlakuan khusus untuk merawat motor pasca terkena abu erupsi tersebut. Karena ada beberapa komponen yang perlu diperiksa bahkan diganti setelah bencana alam tersebut. Apa saja?

Ganti Filter Udara

Komponen pertama yang perlu diperiksa dan langsung diganti adalah filter udara. Pasalnya debu vulkanik bisa menghambat asupan udara ke ruang bakar jika kotoran tersebut sudah menumpuk di filter udara. Hal ini berefek buruk karena membuat performa mesin menjadi berkurang.

Perhatikan Komponen Ini Pasca Motor Terkena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru 01

Ganti filter udara pasca terkena erupsi

Jika dibiarkan tanpa melakukan pergantian filter udara, efek selanjutnya lebih seram. Yakni mesin bisa jebol. Karena partikel abu vulkanik yang kecil bisa terisap ke ruang bakar jika didiamkan dalam kondisi menumpuk. Sehingga kondisi ini terbilang berbahaya.

Solusinya, setelah masa erupsi selesai atau kondisi sudah kondusif, bawa motor untuk melakukan pergantian filter udara. Bersihkan juga box filter udara hingga ke sudutnya. Pastikan partikel abu vulkanik sudah bersih dari komponen tersebut. Sehingga performa dan kondisi motor bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Jangan Pakai Jas Hujan Ponco! Ini Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Cek Peranti Pengereman

Komponen lain yang perlu diperiksa adalah bagian pengereman. Baik peranti yang bersistem cakram atau tromol. Karena selain kecil dan mudah menyusup ke filter udara, abu vulkanik juga bersifat tajam pada permukaan rem cakram serta rumah tromol.

Sehingga jika didiamkan menumpuk di komponen-komponen pengereman tersebut akan membuat permukaan sistem pengereman seperti cakram dan tromol tergores. Selain itu, kampas rem pun menjadi lebih cepat aus. Bukan hanya itu, performa pengereman juga menjadi berkurang karena menumpuknya kotoran tersebut.

Perhatikan Komponen Ini Pasca Motor Terkena Abu Vulkanik Erupsi Gunung Semeru 02

Cek pengeremannya

Untuk itu, setelah melakukan perjalanan menembus area erupsi, bersihkan seluruh komponen pengereman. Bisa dengan mencuci cakram terlebih dulu. Kemudian bagian kalipernya juga dibersihkan.

Untuk rem tromol, bisa dengan mencopotnya terlebih dulu. Baru kemudian dibersihkan dengan angin kompresor. Jika bagian kampas rem sudah terkena partikel abu vulkanik, sebaiknya diganti dengan yang baru.

Baca Juga: Mengendarai Sepeda Motor Aman dan Nyaman Saat Hujan, Tak Cukup Modal Jas Hujan Saja

Membersihkan Bodi Tak Bisa Asal

Selain komponen-komponen tersebut, kebersihan motor juga perlu diperhatikan. Bukan sekadar dari sisi estetika, abu vulkanik terbilang rawan merusak cat dan berpotensi mengundang karat.

Sehingga untuk membersihkan bodi motornya bisa dengan mencuci lewat air yang mengalir. Jangan langsung menyemprot dengan alat steam yang bertekanan tinggi. Baru di bagian kaki-kaki, semburan air dapat ditingkatkan.

Jika abu vulkanik sudah rontok, baru kemudian cuci motor memakai sampo khusus kendaraan yang kadar PH sesuai dengan kebutuhan cat motor. Setelah dibilas, baru lap motor dengan kain bersih.

Kami segenap tim Autofun.co.id turut berduka atas bencana di Gunung Semeru. Semoga para korban diberi ketabahan dalam menghadapi musibah tersebut.

Komentar