window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Piaggio Group Menangkan Gugatan Hak Paten Motor Roda Tiga, Peugeot Gigit Jari!

Harry · 24 Sep, 2021 11:30

Akhirnya Piaggio Group memenangkan tuntutan atas hak paten mereka, terhadap Peugeot Motorcycles. Gugatan terhadap brand Prancis yang kini dimiliki India tersebut diputuskan di pengadilan kota Milan, Italia.

Perkara ini terkait dengan produk skutik roda tiga Peugeot Metropolis, yang disebut bersalah atas pelanggaran sebuah hak paten terkait teknologi dari Piaggio MP3. Peugeot Metropolis sendiri merupakan skutik roda tiga.

Piaggio Group Menangkan Gugatan Hak Paten Motor Roda Tiga, Peugeot Gigit Jari! 01

Peugeot MP3 500 HPE jadi produk terbaru skutik roda tiga di Indonesia.

Teknologi yang dimaksud melanggar hak paten yakni berkaitan dengan sistem kontrol, yang memungkinkan motor roda tiga bisa bergerak miring ke samping seperti motor konvensional.

Baca juga : Sepakat, Ini Standar Baterai yang Dibuat Honda, Yamaha, KTM dan Piaggio

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Peugeot Motorcycles pun gigit jari, lantaran harus membayar ganti rugi yang dihitung sebesar 1,5 juta euro, di samping hukuman lebih lanjut untuk pelanggaran dan biaya hukum seperti diputuskan pengadilan Paris.

Putusan ini juga melarang Peugeot Motorcycles di wilayah Prancis untuk memproduksi, mempromosikan, memasarkan, mengimpor, mengekspor, menggunakan dan/atau memiliki segala jenis skuter roda-tiga yang menggunakan sistem kontrol yang dipatenkan oleh Piaggio Group.

Baca juga : Harga si Imut Piaggio Zip Bekas Tembus Rp27 Juta, Layak jadi Collector Item?

Piaggio Group Menangkan Gugatan Hak Paten Motor Roda Tiga, Peugeot Gigit Jari! 01

Piaggio MP3 500 di jalanan Jakarta.

Sementara pengadilan Milan telah melarang Peugeot Motocycles di wilayah Italia untuk mengimpor, mengekspor, memasarkan dan mengiklankan (offline dan online) Peugeot Metropolis, dengan denda sebesar 6.000 EUR untuk setiap kendaraan yang terjual setelah 30 hari sejak pengumuman hukuman yang diberikan.

Semakin pelik, karena Peugeot Motocycles diwajibkan untuk menarik seluruh kendaraan tiruan yang sudah terjual di Italia dalam kurun waktu 90 hari, hukuman dalam pembayaran dengan tambahan sebesar 10.000 euro  untuk setiap hari yang tertunda dalam melaksanakan perintah.

Piaggio Group Menangkan Gugatan Hak Paten Motor Roda Tiga, Peugeot Gigit Jari! 02

Mekanisme geraknya khas.

Baca juga : Piaggio One Muncul di Beijing, Motor Listrik Imut Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam!

Investasi R&D

Piaggio Group mencatatkan, bahwa investasi penelitian dan pengembangan (R&D) yang cukup besar, telah menempatkannya sebagai teknologi kendaraan roda tiga tercanggih, dan telah menempatkan Piaggio MP3 sebagai pemimpin pasar skutik roda tiga.

Gugatan-gugatan yang dilakukan Piaggio Group merupakan aktivitas dalam melawan peniruan selama bertahun-tahun. Hal ini termasuk pemantauan terus menerus terhadap produk pesaing dan pangkalan data atau database paten internasional.

Peugeot Motorcycles di Indonesia

Piaggio Group Menangkan Gugatan Hak Paten Motor Roda Tiga, Peugeot Gigit Jari! 03

Peugeot Metropolis yang digugat meniru Piaggio MP3.

Kiprah pabrikan asal Prancis di tanah air bisa dikatakan tak berlangsung sukses. Mereka berganti-ganti keagenan, setelah sebelumnya dipegang Garansindo dan terakhir dikendalikan oleh Stockwoods. Namun kiprahnya tak berjalan mulus.

Baca juga : Sudah Punya Motor Listrik, Kenapa Piaggio Indonesia Belum Berani Jualan?

Beredar isu jika mereka terhalang kuota impor sehingga tak bisa mendatangkan produknya ke tanah air. Kini kabarnya Peugeot Motorcycles telah angkat kaki dari Indonesia sejak pertengahan tahun 2021 ini.

Kehadirannya memang diposisikan untuk melawan group Piaggio Indonesia. Mereka merilis skutik premium dan menyasar segmen hobi lewat produk seperti Peugeot Django, Peugeot Speedfight dan Peugeot Metropolis yang berhasil digugat Piaggio Group.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });